Desain Skema Box Speaker Lapangan 18 Inch Sub-Bass Model RCF Bassbin

Skema yang ada dari box speaker lapangan memang bermacam-macam, bisa menggunakan driver  yaitu 12 inch, 15 inc, 18 inch, atau 21 inch. Biasanya desain tergantung dari kebutuhan, dan ada juga yang bilang bahwa desain termasuk menghitung power amplifier yang digunakan. Kebutuhan tentu macam-macam yaitu untuk mid-hi, midbass atau sub bass, tentu berbeda pula desainnya. Para desainer masih selalu bereksperimen untuk menemukan desain terbaik. Kali ini saya akan berbagi desain speaker 18 inch lapangan, yang didesain untuk sub-bass dengan model yang disebut RCF Bassbin. Desain ini mirip miniscoop, namun dengan posisi driver yang agak menunduk. Desain box speaker sub-bass ini jauh lebih sederhana daripada bentuk model yang lain terutama model horn seperti Box Speaker Hog Scoop 18inch yang sudah kami share minggu kemarin.

Skema Box Speaker Subbass Lapangan 18 inch RCF Bassbin

Bahan :

Papan harus memiliki ketebalan 20mm, bisa MDF maupun multiplex. Lem kayu, skrup, dan paku. Finishing bisa menggunakan cat tekstur, atau bisa dilapisi dengan karpet.

1. Ukuran pemotongan papan

Gambar dibawah adalah ukuran untu panel-panel yang diperlukan. Usahakan memotong lurus atau jika sudut tertentu busat dengan derajat kemiringan yang pas supaya bisa menempel rapat dan kuat. Main panel atau sisi utama ini berukuran PXL 800mm X 610mm. Ada juga ukuran diameter dan jari-jari untuk cutout/lubang speaker.

Skema box speaker 18 inch Pola dasar

2. Tataletak panel

Berikut adalah ukuran untuk letak/posisi panel-panel bagian dalam dan penahan. Ukur letak dengan pass agar pertemuan antar potongan presisi sehingga bisa rapat, kuat dan tidak bocor. 😀

Skema box speaker 18 inch lapangan RCF Basbin 2
Ukuran lebar papan sisi-sisi bisa dilihat pada contoh gambar berikut ini :
Skema box speaker lapangan 18 inch RCF Bassbin

Lihat Juga :  Urutan Jalur Distribusi Speaker Untuk Sound-System Lapangan 4-Way

3. Ukuran panel untuk penahan 1 dan 2

Skema box speaker 18 inch lapangan RCF Bassbin3

4. Ukuran lebar panel-panel dan letak panel penahan 1 dan 2

Panel penutup/panel kanan ukurannya sama dengan panel sisi kiri. Penahan 1 dan 2 posisinya tepat ditengah(lihat ukuran-ukuran gambar):

Skema box speaker 18 inch lapangan RCF Bassbin5. Finishing

Visual dari desain box speaker sub-bass lapangan 18 inch model RCF jika sudah selesai dan dicat nanti kira-kira akan menjadi seperti ini. Jika ingin ditutup pelindung dari pelat berlubang/kasa supaya tidak dimasukin tikus sangat mudah karena desain ini diberi jarak spase kedalam 25mm. Silakan ditambah asesoris lain sesuai kebutuhan. Lihat skema box speaker sub-bass lapangan lainnya : Cara Membuat Box Speaker PLANAR, Skema & kelebihannyaDesain Skema box speaker lapangan 18 inch 6

Ide Box 18 Inch 2 Speaker

Berdasarkan skema dan desain ini, Kamu juga bisa menggabungkannya menjadi dual speaker 18 inch. Ukuran tentu sama, hanya saja untuk dimensi panjang keseluruhan menjadi 1580mm atau 1,58M.

skema speaker lapangan subbass double 18 inch

Penggunaan

Box Speaker Lapangan 18 Inch Sub-Bass Model RCF Bassbin sudah sangat umum diseluruh dunia. Digunakan sebagai speaker subbass lapangan untuk mendapat respon frekwensi 40Hz – 200Hz, sepertinya cocok digabungkan dengan satelitnya yaitu speaker mid-hi 3 way yaitu 1 driver midrange 12 inch dan horn tweeter. Lihat juga skema dan cara membuat satelitnya Skema Desain Box Speaker 3 way 12 inch Untuk Mid-Hi

Gambar ilustrasi :

skema speaker sub bass lapangan 18 inchSkema box 18 inch subbass

Demikianlah artikel kali ini tentang skema box speaker 18 inch untuk keperluan subbass lapangan, model RCF Bassbin yang sudah cukup lama populer, desain sederhana mudah dibuat oleh pemula sekalipun namun memiliki kemampuan sebagai “bass generator” yang cukup handal.

Leave a Reply