Skema Box Speaker F1 (Funktion One) 18 inch Double, Untuk Bass Jauh

Ramai diperbincangan group-group audio di FB tentang box speaker F1 18 inch dan seorang pembaca minta desain, membuat saya penasaran ingin tahu sehingga terpaksa harus browsing untuk mencari tahu. Usut punya usut box ini ternyata sudah populer sejak 2006 semenjak desain ini dishare di sebuah forum luar. Awalnya box speaker ini diberi nama USB Bass Bin, yang merupakan type Band Pass Horn. Mendengar namanya terutama mengandung istilah horn, kita sudah bisa menilai bahwa ini adalah jenis speaker bass jauh – yang terdiri dari sub dan direct. Perancang awal adalah Mr David Trotter, menurutnya frekwensi respon dari speaker ini adalah 55Hz – 170Hz. Saat ini sudah menyebar hingga nusantara dengan bermacam pengembangan baru dan berbagai modifikasi disana-sini. Box speaker F1 18 double ini sangat mirip dengan Skema ox speaker CLA double yang sudah saya share kemarin.

Skema Box Speaker F1 18 inch

Skema yang saya share ini juga tidak lagi sama persis karena skema yang asli tidak cocok dengan driver ACR Fabolous yang terlalu panjang sehingga tidak muat, jadi harus saya rombak terutama pada bagian sub/rongga driver. Omong-omong karena ini jenis Bandpass artinya type box sealed dimana tidak ada port atau lubang untuk angin-angin. Dengan demikian speaker ini seharusnya menggunakan driver berkualitas baik dan power 2500W untuk mendapat hasil maksimal dan mantab.

1. Skema Dasar Dan Panel-panel

Posisi-posisi pertemuan panel dan sekat di gambar pada panel bawah/dasar dengan dimensi  1365.0mm x 750mm. Gunakan papan 18 mm untuk supaya sama dengan skema ini. Lihat juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Lihat Juga :  Box Speaker Mini Scoop: Skema dan Cara Membuatnya

Skema dasar box speaker f1

2. Ukuran panel dan brace

Desain box F1 ini sama dengan jenis lainnya,  ini menggunakan banyak sekat dan pemotongan yang cukup rumit yaitu dengan derajat kemiringan pemotongan tertentu. Harusnya menggunakan alat tukang yang lengkap termasuk pasrah dan gergaji jigsaw dll.

Ukuran box speaker f1

Ukuran box funktion one

3. Ukuran panel atas bawah dan belakang

  • Panel Atas dan bawah : 1365.0 mm x 750mm
  • Panel Belakang : 1365.0 mm x 534.0mm

box f1 ukuran panel dasar
4. Tata letak sekat-sekat dan brace.

Letak brace A tinggal di cari titik tengah dari tinggi panel, dan letak brace B ada 2, tinggal dibagi 3 saja.


desain box speaker f1

5. Removable Board

Bahasa yang familier dari removable board adalah papan bisa dilepas ataua tutup. Jadi dengan adanya removable board maka kita bisa melepas dan memasang driver pada box F1 ini.

Box f1 skema panel kiri kanan
5. Variasi dan Kreasi

untuk panel E, kamu bisa berkreasi dengan variasi yang kamu sukai, berikut contoh  variasai lain dari panel E yang sering digunakan orang pada box f1 mereka.

panel e f1

6. Finishing

Akhirnya selesai sudah box speaker kita, silakan difinishing dengan caranya masing-masing . Rekomendasi saya, sebelum dicat sebaiknya didempul besi untuk menutup kemungkinan diantara sambungan panel yang kurang rapat untuk mencegah kebocoran udara. Harus kombinasi lem dan skrup agar box benar-benar kuat sehingga tak mudah rusak dan suaranya utuh.

Lihat juga : Desain Skema Box Speaker Lapangan 18 Inch Sub-Bass Model RCF Bassbin

skema box speaker F1

Demikian skema dan desain beserta ukuran lengkap box speaker F1 18 inch double, dimana yang sudah cukup lama populer diantara audio enthusiast yang mungkin kamu butuhkan. Selamat bereksperimen!

Leave a Reply