Penyebab Kerusakan Driver Power SOCL 504 Dan Gejalanya

Penyebab Kerusakan Driver Power SOCL 504 bisa bermacam-macam yang sebenarnya mudah diatasi secara sederhana sesederhana rangkaian driver ini tanpa harus punya pemahaman teknik yang hebat. Driver SOCL 504 adalah jenis driver amplifier medium Class AB yang mampu diberi tegangan sebesar 70VDC dan bisa menghasilkan daya output sekitar 800watt rms jika dirakit dengan benar. Driver ini sudah menjadi pasaran alias driver sejuta umat, karena sederhana, bisa diaplikasikan untuk outdor dan hasilnya bagus dan harganyapun terjangkau.

Penyebab Kerusakan Driver Power SOCL 504 Dan Gejalanya

kerusakan driver socl 504

Sebelum mencoba mencari kerusakan; apabila driver SOCL 504 teman-teman terdiri dari beberapa set transistor final, lepaskan dulu semuanya hanya tinggalkan 1 set saja. Pastikan transistor final yang 1 set tersebut masih bagus kondisinya.

Gejala : SOCL 504 suara serak

Cek power supply, cek elco elconya apakah elco yang baik dan pastikan tegangan terukur normal/sesuai spek yang dibutuhkan yaitu simetris – dan + sama. Jika sama, setel bias pada trimpotnya, cara cek bias baca disini Cara Menyetel Bias Dan DC Offset Pada Driver Amplifier Class A/B

Gejala : SOCL 504 Terdengar ada suara kresek kresek

Inputnya jamper ke ground, jika masih ada suara kresek kresek, ganti transistor kecil kecil n5401 jika pakai type itu.

Gejala : SOCL 504 Ada dengungan di speaker

Sementara jumper bagian input ke ground, jika terdengar dengungan pasti ada masalah pada rangkaian. Dengungan pada speaker menandakan ada tegangan DC yang masuk jalur spiker. Pastikan tidak ada trasistor yang short atau bocor pada pin E dan C , periksa dengan avometer dengan posisi selector mengukur tegangan DC.

Gejala : Transistor final SOCL 504 cepat panas

Transistor final cepat panas tapi suara normal maka penyebabnya kemungkinan besar setingan bias terlalu besar Setelan bias yang terlalu besar menyebabkan transistor final cepat panas meskipun volume masih dibuka sedikit saja. Coba setting bias seperti yang seharusnya, baca link cara seting bias yang sudah saya tambahkan diatas.

Gejala : Transistor final SOCL 504 panas sebelah

Ada kemungkinan tegangan simetris kurang seimbang, dan ada kemungkinan juga HFE transistor terpaut jauh yang bisa dikarenakan oleh kerusakan atau merk abal-abal. Disebabkan oleh Kebocoran pada transistor final juga bisa, tetapi untuk mengecek kerusakan transistor yang bocor harus menggunakan tester khusus berbasis digital. Selain itu, bisa juga ada masalah pada transistor driver atau penguat tingkat 1.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Cara Mengukur Impedansi Pada LoudSpeaker 4Ohm,8Ohm,Dst

Gejala : SOCL 504 Bass kurang nendang

Bss kurang nendang bisa disebabkan oleh elco power supply yang tidak seimbang dengan ampere trafo. berapa si jumlah elco yang sesuai? baca : Jumlah Elco Power Supply Power Amplifier Yang Sesuai

Selain itu kemungkinan penyebab lainnya adalah kualitas dari transistor final dan kompoen-komponen lainnya didalam rangkaian misalnya elco. Pastikan menggunakan elco berkualitas standar juga resistor gunakan yang 1 % toleransi.

Arus yang kurang dari power supply yang kurang juga bisa menyebabkan driver SoCL 504 kurang nendang, artinya arus tidak seimbang dengan kapasitas speaker. Contoh jika kamu menggunakan arus 5 ampere maka speaker idealnya 150Watt. Phase speaker terbalik juga bisa menjadi penyebabnya termasuk desain box speaker yang kurang cocok dengan kemampuan driver dan supply .

Gejala : SOCL 504 Hanya terdengar dengungan pada speaker

Hanya terdengan suara dengungan dan input musik tidak keluar, lepas transistor final. Gunakan trafo kecil untuk sementara untuk menghidupkan driver socl 504 nya dan gunakan speaker kecil dulu. Jika input merespon ketika disentuh ada suara druut drut berarti fiks transistor final short. Jika tetap tidak merespon dan dengung berarti transistor driver tingkat 1 salah satunya atau keduanya short.

Gejala : SOCL 504 musik suara pelan

SOCL adalah driver amplifier berdaya sedang, jika dalam kondisi normal suaranya tentu terdengar keras. Lepaskan kabel input, hanya gunakan potensio dan pemutar musik untuk inputnya. Periksa transistor yang kecil dibagian penguat sinyal input atau osilator hingga transistor bias. Dengan asumsi elco dan resistor dibagian penguat sinyal input tak mungkin terbakar atau putus kecuali cacat pabrik. Kalau perlu ganti saja transistor-transistor tersebut.

Baca juga : Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

Gejala : SOCL 504 tidak memuaskan

Menurut saya SOCL 504 adalah driver class ab yang bagus kualitas audionya dengan karakternya yang flat atau cenderung low-mid-hi(bukan sub), jika normal dan perakitannya sesuai rata-rata pengguna akan bilang bagus. Tidak memuaskan adalah subyektif, tetapi kemampuan power supply yang kurang dan speaker yang tidak cocok bisa menyebabkan suara SOCL504 terdengar tidak memuaskan. Sekali lagi penilaian tidak memuaskan adalah subyekif, yang penting pastikan setingan semua sudah oke, transistor final berkualitas , power supply oke dan speaker sesuai. Pastikan tidak menggunakan elco, dan transistor final yang abal-abal.

Kesimpulan

Demikian tentang kerusakan driver Sejuta Umat SOCL 504 dan beberapa gejala kerusakan dan penyebabnya.  Suara serak, bass kurang nendang, transistor final terlalu panas transistor final panas sebelah adalah adalah masalah umum,Untuk menghasilkan kualitas yang bagus dari driver SOCL 504, pastikan power supply bagus, kualitas transisor terutama final bagus dan speaker memadai

Tags:

Leave a Reply