Ciri-ciri Transistor Final Amplifier Yang Asli Original, KW Atau Palsu

Bagaimana mengenali ciri transistor final yang asli atau palsu? Transistor daya pada ampifier lebih tepatnya transistor final adalah ujung yang menentukan kemampuan sebuah amplifier. Transistor daya final ini bermacam type dengan kapasitas sendiri-sendiri, dari yang kecil hingga yang berkapasitas tinggi. Hal ini bisa kita ketahui dari datasheet pabrik masing-masing sebuah merk/type dimana yang sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui karakteristirknya.

Namun saat ini dipasaran tersedia jenis transistor final dengan kualitas berbeda, KW2, KW3 dan yang ori atau asli sama seperti produk-produk apapun lainnya. Menentukan kapasitas atau kemampuan sebuah transistor final itu mudah diketahui dari datasheet, tapi kalau yang KW bagaimana? apa cici-ciri transistor final KW atau palsu?

Cara Mengenali Ciri-ciri transistor Final Amplifier, yang KW atau Asli

cara membedakan thosiba 5200 yang asli dan palsu

Bentuknya sama punya persis, lekuk dan lubang baut yang ada namun transistor final yang asli dan yang palsu atau KW bisa dibedakan. Supaya kamu tidak terjebak membeli barang KW apalagi kw3 /palsu, sehingga amplifier tidak memuaskan hasilnya bahkan cepat rusak maka harus jeli. Dan ini ada tips-tisnya supaya kamu tahu seperti apa kualitas transistor final yang kamu dapatkan dari toko.

Memahami istilah Transistor Final KW Dan Asli/Original

Transistor final yang asli atau original adalah barang yang asli dari pabriknya langsung misalnya merknya dari japan ya dibuat di japan, spesifikasi transistor sudah pasti sesuai dengan datasheet yang dikeluarkannya.

Barang Kw2 kualitasnya mungkin saja berbeda, merk sama tapi dibuat di pabrik lain dengan lisensi ; contohnya thosiba kan dari JAPAN, nah yang dibilang KWnya bisa dibuat di Malaysia atau negara lain – Orang juga menyebutnya KW SUPER. Untuk yang ini saya tak tahu pasti soal kualiatsnya sih, tapi kabarnya kemampuan tegangan dibawah yang original – tapi memang harganya berbeda.

Tidak masalah beli yang KW asalkan kita menyadari dan membeli dengan harga yang lebih murah dari originalnya, dan menggunakannya sesuai dengan kapasitas driver yang kita rakit. Jika kita merakit driver yang tidak terlalu besar atau hanya untuk sekedar kepuasan hobi saja sepertinya tidak masalah menggunakan final yang produk Kw.

Barang palsu atau disebut KW3 adalah barang tiruan murni atau abal-abal, ini yang tidak jelas kemampuannya pabrik asalnyapun tak jelas. Kualitas sangat buruk tidak bisa disamakan dengan produk lisensi karena bisa sangat jauh berada dibawah itu. Biarpun pakai merk yang sama tapi itu adalah bajakan atau tanpa izin lisensi, dan ada juga yang memang berbeda merk dan type tapi bentuknya secara fisik sama. Kemampuan arus atau tegangan transistor yang palsu tidak dijetahui. Jangan sampai mendapatkan barang palsu seharga KW2 apalagi seharga ori, maka disini kamu harus berhati-hati.

Baca juga : Perbedaan jenis Transistor Final Power, Jengkolan Sanken, Toshiba, Mjl, NJW, dan TIP

Beli transistor dulu di toko terpercaya

Tak semua toko itu nakal, palsu dibilang asli atau KW dibilang asli. Untuk itu penting mencari informasi sebuah toko yang layak untuk dijadikan langganan dari teman atau siapapun yang sudah berlangganan disebuah toko. Toko yang jujur umumnya menawarkan kepada calon pembeli contohnya begini ” Yang biasa apa yang bagus?, yang biasa harganya segini yang bagus segini” . Toko tidak bilang yang asli, tapi yang bagus. Jangan salah, yang bagus belum tentu yang asli. Bisa jadi yang katanya bagus itu adalah yang KW dan yang biasa itu KW3 atau palsu 100%.

Baca juga : Mana yang terbaik Pilih Final Sanken Atau Toshiba Untuk Driver Amplifier?

Jangan membeli yang katanya kualitas yang biasa, tapi dengan tulisan yang berbeda. Misalnya Transistor Final Thosiba type yang sedang kamu cari adalah type c5200 dan pasangannya tapi toko menawarkan yang lain yang harganya lebih murah tapi tidak tertulis type c5200 tapi tertera type yang lain di bodinya misalnya c3386 walaupun bentuknya secara fisik sama. Final yang palsu atau KW3 seperti itu tidak akan diketemukan datasheetnya dicari diinternet.

Ada kasus yang lain, toko menawarkan transistor final yang biasa atau yang bagus misalnya toshiba c5200 ataupun sanken. Baik itu yang katanya biasa atau bagus bentuknya sama persis dan tulisannyapun sama persis. Lalu pilih yang mana? ya tentu saja beli saja yang bagus. Ada harga ada rupa, kecuali tokonya berbohong.

Baca Juga :  Harga Speaker ACR 15" 2019, Semua Seri, Jenis, Dan Peruntukannya

Melihat dari ciri fisik

ciri transistor final thosiba dan sanken yang asli atau palsu

Yang KW atau palsu biasanya mudah ditandai dari melihat ciri-ciri fisiknya. Baik sanken atau thosiba pun sama saja. Umumnya menurut pengalaman, yang palsu itu materialnya lebih jelek. Misalnya kaki-kakinya lebih tipis dan lebih mudah dibengkokkan, kalau yang asli itu lebih tebal.

Transistor final yang KW atau palsu biasanya bodi besinya mengkilap terlihat seperti chrome atau terbuat dari besi. Yang asli bodi besinya buram karena terbuat dari bahan tembaga yang tentu saja tembaga lebih mahal; mana mungkin yang palsu bisa jual murah tapi memakai tembaga.

Dan satu lagi, yang palsu biasanya sanken jika terjatuh bodinya yang bukan logam warna hitam biasanya lebih mudah pecah. Sablonannya juga terkadang nampak tidak rapi.

Ditempelkan magnet

Yang palsu bodinya terbuat dari besi, jadi jika ditempelkan ke manget ya tentu saja akan nempel. Sementara yang bagus atau asli bodinya terbuat dari tembaga, jadi tidak akan nempel jika didekatkan magnet. Maka jika kamu menemui transistor final baik sanken atau thosiba yang nempel dengan magnet maka bisa dipastikan itu KW3 atau palsu.

Tegangan atau disipasi tidak presisi seperti yang ada di datasheet

Yang KW3 dibuat dengan kualitas yang lebih rendah jadi mana mungkin bisa seperti yang asli bahkan dengan KW2pun bisa kalah jauh. Untuk mengetahuinya bagaimana? Yang asli thosiba misalnya ketika diberi tegangan 90V dia masih mampu, dan panasnya masih wajar-wajar saja. Sementara yang KW3 ketika diberi tegangan maksimal 90V pasti akan overheat lalu terbakar.

Disipasi tidak sesuai contohnya, thosiba yang asli mampu mengeluarkan daya RMS sebesar 150W dan panas yang dihasilkan wajar. Yang palsu tidak akan sampai 150W tapi suhunya dipendingin sudah sangat panas.

Sanken kode 5DY adalah yang asli?

Banyak yang bilang jika 5DY adalah kode sanken yang asli. Ya mungkin dulu iya, tapi para pembuat produk tiruan tidak akan susah menambahkan tuliasan 5DY ; dimana bisa saja menirunya karena membaca asumsi masyarakat tentang 5DY. Jadi kembali lagi, bedakan secara fisik dan tempelkan ke magnet.

Harga selaras dengan kualitas

Jika beli ditoko konvensional dikota anda, lebih mudah membeli yang asli karena biasanya penjual akan menawarkan pilih yang kualitas mana bagus atau biasa. Tapi kalau di toko online, maka kamu harus lebih berhati-hati jika ada yang menjual dengan harga yang jauh lebih murah.  Kamu bisa mengetesnya membeli dulu sepasang lalu diuji dirumah, jika menemukan ciri-ciri yang palsu seperti diatas yaudah stop jangan beli lagi. Atau biarpun sebuah olshop menjual dengan harga wajar dan dibilang asli, coba beli sepasang dulu untuk ditest, kalau memang asli yaudah bisa beli lagi disana.

Mengetes dulu juga perlu walaupun toko konvensional. Jadi seperti beli di olshop, beli saja sepasang dan diujicoba dulu atau kalau perlu dipasang di power amplifier dan dilihat hasilnya.

Jangan tertipu dengan harga yang lebih mahal

Memang tidak begitu mudah untuk mendapatkan barang bagus di era saat ini. Barang KW itu ada, barang palsu itu juga banyak. Jika pembeli tahu dan pedagang memberi harga berbeda itu tak jadi soal. Jika sanken hargannya yang bagus rata-rata 65 ribuan, kemudian ada yang jual yang katanya ori harganya 300 ribuan apakah itu memang ori? ya belum tentu juga, kan toko suka suka saja mengklaim barang jualannya. Jika kamu beli sanken misalnya dijual dengan harga 65 ribu, kemudian kamu pakai dan hasilnya sesuai dengan harapan. Dayanya bagus, ketahanan bagus, suara normal ya itu saja yang dipakai tak perlu menggantinya dengan yang katanya ori dengan harga yang tidak wajar misalnya 300 ribu. Ngapain juga buang-buang duit untuk sesuatu yang kita sendiri tak bisa memastikannya.

Kamu harus membeli dan mencobanya dulu

Kamu akan susah menentukan mana yang kw atau yang asli atau yang bagus sebelum pernah memiliki atau sudah mencoba semuanya. Kalau kamu sekarang belum pernah beli ya beli saja dulu, uji dan ketahui bisa dengan cara melihat ciri-ciri yang sudah saya paparkan diatas. Ingat, kuncinya beli ditoko terpercaya. Dapatkan toko terpercaya dari informasi teman yang terpercaya atau menguji sendiri barang yang dijual sebelum memutuskan menjadi toko langganan.

Demikian pembahasanan tentang transistor final mana yang KW, palsu, atau original/asli semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa berhati-hati sebelum membeli.

Tags:

Leave a Reply