Box Subwoofer Tertutup Rapat Vs Berlubang Untuk Audio Mobil

Box Subwoofer Tertutup rapat Vs Berlubang Untuk Audio Mobil mana yang terbaik? Box subwoofer tertutup dikenal dengan istilah sealed, dan box speaker yang berlubang disebut ported atau dilengkapi dengan ventilasi udara.

Ya, cara satu-satunya untuk mendapatkan bass yang besar pada sudio mobil adalah dengan menambahkan subwoofer. Ini sudah umum dilakukan orang, dan memang hasilnya bisa merubah bass untuk audio mobil secara dramatis apapun selera musik Anda. Ada dua gaya bass audio mobil yang diminati orang, gaya bass boom dan bass keras atau asli. Gaya bass ini akhirnya kembali pada selera pribadi – bahkan bisa bervariasi tergantung gaya musik. Baca juga : Skema Dan Ukuran Box Subwoofer Audio Mobil 12 Inch Single General

Box Subwoofer Tertutup Vs Berlubang Untuk Audio Mobil

Berdasarkan selera gaya bass seperti yang sudah saya bahas diatas, maka sekarang mari kita kaitkan dengan jenis box subwoofer. Berdasarkan dari berbagai uji yang dilakukan oleh ahli tata audio, ditemukan perbedaan karakter audio dari kedua jenis box speaker ini. Sekedar untuk diketahui bahwa desain box mempengaruhi bass secara signifikan dari pada rentang suara audio mid-hi.

perbedaan box speaker lubang dan tertutup

Box subwoofer tertutup

box subwoofer mobil tertutup

Jika Anda ingin setiap pengaturan pukulan bass yang kencang akan terdengar renyah, akurat, dan tanpa dengungan setelah bass dipukul. Cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan memakai box  tertutup. Udara yang terperangkap di dalam kotak berfungsi seperti peredam kejut, memodulasi gerakan maju-mundur dari konus subwoofer dengan lancar sehingga semua nada bisa diproduksi secara merata.

Baca juga : Panduan Dasar Audio Mobil Untuk Pemula, Tips, dan Cara Instalasinya

Efek lain yang dihasilkan oleh tekanan udara di belakang konus speaker adalah dibutuhkannya lebih banyak daya untuk menghasilkan volume yang sama seperti pada box berlubang/terbuka yang sebanding. Yang jarang didapatkan dari box subwoofer tertutup adalah suara gemuruh, guntur, atau suara ledakan. Hal ini karena box tertutup memiliki respons frekuensi yang sangat datar dan cenderung menghasilkan suara bass yang penuh dan kencang yang memberikan landasan frekuensi tingkat rendah pada musik yang Anda putar. Box tertutup umumnya lebih kompak/kecil daripada terbuka, sehingga lebih cocok untuk audio mobil.

Box subwoofer berlubang/terbuka

box subwoofer mobil berlubang

Jenis Bass yang boom memiliki lebih banyak gema pada setiap ketukannya. Ini akan mudah didapat jika menggunakan box terbuka di mana konus atau daun speaker memiliki kebebasan gerak yang lebih besar. Lubang ventilasi/Port mengalihkan suara dari bagian belakang konus dan menambahkannya ke suara yang datang dari depan konus, sehingga membuat bass lebih keras. Dengan demikian efisiensi meningkat, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan ampli yang lebih kecil daripada yang Anda butuhkan jika menggunakan box tertutup yang sebanding untuk bermain pada volume yang sama. Aliran udara yang mengalir melalui port akan menambah boom.

Lihat Juga :  Skema Cara Membuat Regulator dengan Dioda Zener

Alasan lain kenapa box terbuka lebih boom dan keras, karena udara yang masuk dan keluar dari port/lubang akan menciptakan efek audio seperti pada peluit atau udara yang bertiup melintasi mulut botol, dan nada itu bertambah dan menguat seiring gerak konus. Box terbuka cenderung jauh lebih besar daripada box tertutup, sehingga Anda perlu mempertimbangkan ruangan pada mobil Anda.

Jenis musik

Apakah jenis box terbuka dan terutup juga ditentukan selera musik? Sebuah percobaan yang pernah dilakukan satu laboratorium audio menemukan :

  • Musik pop, menurut audien lebih bagus terdengar dengan box terbuka
  • Musik rock/alternatif,  menurut audien, bass lebih asli dan bisa diterima dengan baik dengan box tertutup, sementara jika menggunakan box terbuka musiknya tidak terdengar baik.
  • R&B /Rap, menurut audien lebih bagus dengan subwoofer box terbuka, bass lebih alami.
  • Music klasik, menurut audien keduanya tidak mendengar perbedaan untuk bagian berat cello
  • Electro/Dance, menurut audien box subwoofer terbuka atau berlubang terdengar lebih baik karena menonjolkan suara bass

Pendapat lain mengatakan bahwa box subwoofer tertutup lebih ketat dan lebih akurat yang beberapa orang mungkin lebih suka untuk mendengarkan musik tertentu seperti mungkin Country atau Classic Rock.

Baca juga : Jenis-jenis Speaker Pada Sistem Audio Mobil yang Wajib Diketahui

Kesimpulan

Reaksi bermacam-macam dari audien ini memperkuat ide bahwa pada dasarnya semuanya kembali ke selera musik.  Akurasi dan nada yang dihasilkan sesuai dengan musik adalah dua kualitas suara yang bisa didapat dari box tertutup yang cocok untuk mendengar karya musik klasik. Tetapi box tertutup tidak cocok dengan lagu-lagu modern seperti Rap dan Dance — tapi itu tergantung juga dari kualitas bass dari lagu itu sendiri.

Ketika Anda memilih subwoofer berdasarkan jenis box,  terbuka atau box berlubang jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitas suara apa yang Anda sukai dalam mendengarkan musik. Jadi Apakah Anda suka pop yang keras, rock atau musik melow, jazz dll, yang pada akhirnya Anda akan memilih gaya dan jenis bass yang Anda sukai.

Leave a Reply