Layout PCB Efek Delay Untuk Gitar Electric Maupun Akustik Simpel Tapi Joss

Gitar electric sepertinya wajib melengkapi efek dengan delay supaya terdengar lebih halus dan ada kesan empyuk. Tanpa efek delay gitar rasanya hambar meskipun sudah lengkap dengan efek lain seperti efek distorsi dll. Efek digital biasanya sudah lengkap dengan efek delay, tapi jika kamu memakai efek analog maka harus membelinya secara terpisah. Sayangnya harga efek gitar biar tampak sepele tapi cukup mahal termasuk efek delay ini.

Bagi DIY-lovers problem seperti ini mudah diatasi dengan cara merakit sendiri efek delay atau yang lainnya sehingga bisa menekan budget, masalah hasil jangan ditanya karena tidak selamanya yang namanya rakitan itu selalu buruk. Efek delay yang saya bagikan layoutnya ini sangat sederhana sekali, hanya membutuhkan beberapa komponen elektronika. Jika mau dihitung, budget tidak nyampai 80 ribu rupiah padahal harga ditoko bisa ratusan ribu.

Skema efek delay yang beredar di internet cukup banyak, namun rata-rata cukup rumit sehingga susah dirouting dan dengan melibatkan komponen utama yang susah dicari dan kalaupun ada itu harganya bisa mahal juga. Nah untuk layout efek delay yang saya bagikan dalam artikel ini hanya membutuhkan komponen utama yaitu IC PT2399 yang banyak dipasaran dan harganya sangat mahal juga yaitu 15ribuan rupiah saja. 😀

Layout PCB Efek Delay Gitar, menggunakan PCB Bolong serta PCB polos sederhana hasil memuaskan

Layout PCB yang saya bagikan ini ada 2 versi yaitu versi routing sendiri menggunakan PCB lubang atau perfboard dan PCB print untuk PCB polos yang bisa dikerjakan dengan setrika. Tinggal kamu selera yang mana, karena saya tahu apa yang kalian semua butuhkan.

PCB Efek Gitar Delay memakai PCB bolong(routing)

Berikut ketika sudah selesai dirakit, silakan dilihat juga komponen yang diperlukan gambar dibawah lengkap sekaligus nilai komponen.

Layout EFEK DELAY GITAR simpel namun hasil memuaskan

Layout Routing PCB Bolong dibawah tentu saja dibuat terbalik atau mirrornya. Kamu tinggal mengurut dengan cara menandai huruf dan angka yang ada pada PCB bolongnya untuk menentukan letak koordinat kaki komponen. Bisa menggunakan kawat tembaga untuk merouting jalurnya, dengan seksama dan teliti ya.

Bahkan membuat skema seperti ini jauh lebih lama daripada merakitnya apalagi tinggal mengurut pada gambar saya berikut ini. Makanya beruntung jika kamu menemukan website ini, 😀

Routing PCB bolong efek delay gitar listrik
GAMBAR ROUTING JALUR MIRROR

Sekali lagi silakan menandai dan menghitung sendiri komponen apa saja yang diperlukan melalui gambar-gambar layout PCB efek delay gitar diatas, dan khusus komponen yang di-PCB supaya mudah saat memasangnya. Sebagai panduan atau peta komponen-nya lihat gambar berikut:

Lihat Juga :  Tips membeli mesin Cuci

LAYOUT PCB LUBANG efek delay gitar
GAMBAR TAMPAK ATAS

Untuk D1 diatas adalah dioda biasa IN4007 1 amper, gunakan resistor metal film. lalu yang C8 47uf adalah Capasitor tantalum kalau ada, kalau tidak ada bisa pakai capasitor lainnya. Semua elco ini adalah kapasitasnya 16V. Untuk capasitor gunakan jenis mylar, sebaiknya pakai soket untuk IC.

Ohya, JUMPER yang warna merah dipasang saja dulu. Kalau nanti tidak bekerja delay-nya coba dilepas jumper tersebut. Soalnya IC PT2399 katanya yang buatan lama tidak pakai jumper untuk pin kaki 3 dan 4, sedangkan yang buatan baru harus pakai.

Layout PCB Polos Efek Delay Gitar Bisa Dikerjakan Pakai Kertas Transfer

Jika kamu lebih suka dengan PCB cetak, bisa print layout dibawah. Bisa menggunakan setrika dan transfer paper yang diprint laser atau toner cair dengan print laser juga. Jika belum tahu caranya silakan lihat artikel ini yang menggunakan autan dan print laser ==> Cara Membuat PCB Mudah Menggunakan Autan Dan Print-out Laser

Berikut layout PCBnya, ukuran 102mm x 67mm. Tak perlu dimirror jika pakai sistem setrika atau kertas transfer :

layout pcb efek delay guitar
Panduan memasang komponen
layout PCB print transfer efek delay gitar electric akustikBaca juga : Skema & Layout Efek Gitar Distorsi, Sederhana Tapi Ampuh Era 70-an

CATATAN:

  • Jangan lupa jumper pin 3 dan 4 PT2399 dipasang dulu, kalau tidak ada delay, lepas jumpernya.
  • Sebaiknya menggunakan adaptor, karena semua efek delay boros baterai.
  • D1, in4007 atau dioda penyearah 1 amper
  • 3PDT switch adalah saklar by-pass, khusus stombox atau pedal efek karena kuat tahan injak kaki terbuat dari logam. Banyak dijual di online shop.
  • Box efek bisa menggunakan box khusus efek pedal, banyak di online shop. Atau bisa juga menggunakan kotak sabun, tapperware atau kotak bekas apapun yang pantas dan kuat.
  • Potensio 1 delay 47K, jika tidak nemu bisa menggunakan potensio 50K linier(type B) atau logaritmik(type A). Kalau ada yang Linier atau A.

Gambar 3PDT Switch Pedal Stombox:

switch 3PDT pedal gitar

Demikian tentang Layout PCB efek delay gitar lengkap, pakai PCB bolong routing sendiri atau pakai PCB polos yang di cetak dengan print dan feryklorid. Sebuah rangkaian efek delay gitar yang paling sederhana mudah dibuat sendiri baik oleh pemula seperti saya namun hasilnya bagus dan memuaskan dan murah meriah.

Leave a Reply