Fungsi Kapasitor Pada Pompa Air Dan Cara Menggantinya

Pompa air listrik adalah salah satu jenis peralatan  yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak pompanya. Dalam pompa air listrik, jenis motor listrik yang dipakai adalah jenis 1 Fasa Kapasitor. Ciri motor listrik jenis ini ditandai dengan adanya kapasitor yang berukuran 8uf 450V – 18uf 450V tergantung tenaga/watt dari motor listrik tersebut. Fungsi kapasitor ini pada jenis motor listrik 1 fasa kapasitor sangatlah penting, karena tanpa kapasitor ini motor tidak akan bisa berputar sama sekali. Dengan demikian jika kapasitor ini sudah mengalami kerusakan akan berpengaruh terhadap motor listrik, dan kerusakan kapasitor bisa terjadi oleh berbagai sebab.

Jika suatu saat pompa air Anda tiba tiba tidak mau berputar, atau baru berputar jika dibantu dengan tangan maka kemungkinan kapasitornya mulai rusak; dan setelah diganti baru motor pompa air akan berputar dengan lancar kembali. Cara menggantinya pun tidak sulit dan saya rasa semua orang bisa termasuk Anda. Baca terus untuk mengetahuinya.

Fungsi kapasitor pada mesin pompa air listrik dan cara menggantinya.

Kapasitor pada motor listrik 1 fasa hanya berfungsi sebagai starter atau membantu motor untuk bisa memulai berputar. Didalam motor listrik 1 fasa kapasitor terdapat 2 koil/kumparan, yaitu koil utama dan koil bantu. Ketika steker listrik di tancapkan dan arus listrik masuk, maka ke 2 koil tersebut mendapatkan aliran listrik. Koil utama akan secara langsung dialiri listrik;  sementara pada koil bantu arus listrik akan melewati kapasitor lebih dahulu sebelum mengalirinya. Pada saat ini terjadi tarik menarik medan magnit yang menyebabkan rotor mulai berputar, setelah motor berputar kapasitor akan memutuskan aliran listrik sehingga koil bantu saat ini sudah tidak menerima pasokan listrik lagi.

Pada intinya kapasitor hanya berfungsi untuk start atau memutar rotor untuk pertamakali. Jadi ketika kapasitor rusak maka arus tak bisa melewati koil bantu sehingga motor listrik pompa air tidak berputar.

Ciri Gejala jika kapasitor pompa air rusak

Gejala kapasitor rusak menyebabkan motor pompa air tidak bisa berputar, atau motor baru bisa berputar setelah rotor dibantu dengan putaran manual oleh tangan.

Ciri kapasitor rusak adalah dia tidak bisa menyimpan arus listrik lagi. Cara mengetahui kerusakan kapasitor cukup mudah, bisa pakai multitester atau pakai tegangan listrik. Jika pakai multitester, setel pada posisi mengukur tahanan X1. Kedua ujung jarum multitester ditempelkan pada pin kapasitor, lihat apakah jarum menyimpang/bergerak. Jika jarum tidak bergerak, coba kedua ujung jarum multitester tersebut dibalik posisinya terhadap posisi pin kapasitor. Setelah dibalik seharusnya jarum menyimpang dengan cepat lalu kembali lagi pada possisi awal. Jika jarum tidak bergerak sama sekali meskipun jarum multitester dibolak-balik, bisa dikatakan kapasitor tersebut sudah rusak.

Baca juga :

Cara yang kedua (Lakukan dengan hati-hati). beri arus listrik 220VAC pada pin kapasitor tersebut sebentar saja kira-kira 1 -2 detik lalu lepaskan kembali. Kemudian gabungkan kedua pin kapasitor tadi sebentar saja. Jika ada percikan api, artinya kapasitor masih bagus; jika tidak ada percikan api artinya kapasitor rusak dan harus diganti. WARNING! jangan memegang pin kapasitor setelah dialiri listrik tanpa isolator karena tegangan listrik 220VAC akan disimpan kapasitor dan masih bisa nyetrum.

Lihat Juga :  Definisi Sukses

Cara mengganti kapasitor

  1. Lepaskan steker listrik
  2. Buka ruang isolasi/pembungkus kapasitor pada motor listrik.
  3. Sebelum melepas, ingat-ingat posisi sambungannya jangan sampai lupa, kalau perlu difoto dulu buat jaga-jaga kalau lupa.
  4. Lepaskan pin kapasitor dari sambungannya dengan hati-hati.
  5. Lihat berapa nilai kapasitor tersebut, bisa 8uf 450V, 10uf 450V atau lebih besar lagi. katakan Pada penjualnya berapa nilai kapasitor yang akan Anda ganti tersebut. kalau perlu dibawa kapasitor tersebut sebagai contoh. Jangan terlalu besar atau kecil karena bisa berpengaruh pada starter motor listriknya – bahkan tak bisa jalan kalau terlalu kecil.

Saya lupa posisi kapasitor, bagaimana cara merangkainya?

→ Posisi kapasitor harus berada diantara koil bantu dan catudaya listrik. Warna kabel bisa berbeda-beda setiap produk/merk jadi tidak bisa dijadikan patokan.

→ langkah pertama sebelum Anda merangkai kabel kapasitor dan motor listrik, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan mana koil bantu dan koil utama. Caranya bisa menggunakan multimeter.

memasang kapasitor pompa air

Pisahkan 2 kabel kemudian diukur menggunakan multimeter X1. Jika jarum multitester bergerak, artinya ada hambatan dan itulah salah satu koil. Sementara kedua kabel yang lain sudah jelas merupakan ujung dari koil yang satunya.

Baca juga :

Setelah diketahui pin-pin koilnya, sekarang tinggal memasangkan kapasitornya.

Cara memasang kapasitor pompa air

 

CATATAN :

Gambar diatas hanya salah satu contoh kabel koil pada pompa air simitzu, mungkin bisa berbeda dengan dengan type yang lain. Pada tipe/produk yang lain, 4 buah kabel yang keluar ada juga yang langsung sudah dipisahkan, 2 kabel untuk kapasitor dan 2 kabel untuk catu-daya; jadi tidak perlu merangkai sendiri seperti diatas. Cara mengetahuinya sama, hanya dengan multimeter.

Kenapa setelah diganti kapasitor, pompa air masih tidak berputar?

Dengan asumsi pemasangan kapasitor sudah benar, penyebab motor listrik pompa air tidak bisa berputar bisa juga dikarenakan sejumlah sebab, yaitu koil sudah hangus dan mekar, bearing/laher macet atau tidak lancar, pompa dan rotor menimbun banyak kotoran didalamnya sehingga menyebabkan motor listrik sulit untuk start karena terlalu berat untuk menggerakkan rotor saat pertamakali. Ciri koil yang pernah kepanasan dan terbakar adalah berwarna hitam, dan kemungkinan motor tidak bisa dipakai lagi kecuali digulung ulang oleh ahli dinamo.

Jadi jika masih saja tidak bisa berputar sendiri setelah ganti kapasitor, pompa air perlu untuk dicek secara menyeluruh mulai dari koil, impeler, seal hingga laher. Pastikan mesin pompa air tidak terasa berat ketika diputar pakai tangan.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *