Memperbaiki STB DVBT2 Set Top Box Rusak Terkena Petir

STB DVBT2 Set Top Box Rusak Terkena Petir Apa Bisa Diperbaiki? Tidak ada yang bisa memvonis apapun sebelum melakukan pemeriksaan secara intensif STB tersebut. Sebab kerusakan Set top box akibat petir bisa lebih ringan dari yang dibayangkan, atau memang sangat parah bahkan tak mungkin diperbaiki lagi dengan berbagai pertimbangan. Nah dalam artikel ini saya ingin membahasa tentang kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi pada STB akibat petir, apa bisa diperbaiki atau tidak?.

Analisa mencari kerusakan STB akibat Terkena Dampak Petir

Alasan Petir Bisa merusak peralatan elektronika

Petir adalah listrik statis yang dapat merusak peralatan elektronika seperti TV dan temasuk STB, karena petir menghasilkan arus listrik yang sangat kuat dan cepat. Saat petir terjadi, muatan listrik yang besar terakumulasi di awan dan ketika tegangan listrik yang cukup tercapai, muatan listrik ini melepaskan diri dan menghasilkan kilat.

Kilat ini menghasilkan arus listrik yang sangat besar dan cepat, dan bisa mencapai puluhan ribu amper dalam waktu yang sangat singkat. Arus listrik yang besar dan cepat ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik dalam TV atau peralatan elektronik lainnya.

Arus listrik yang kuat dapat menyebabkan komponen elektronik dalam TV terbakar atau meleleh, sehingga menyebabkan kerusakan permanen pada TV. Selain itu, kilat juga dapat menyebabkan gangguan pada sinyal TV, yang dapat menyebabkan gambar buruk atau hilang sama sekali.

Bagaimana caranya petir bisa merusak alat elektronika?

Listrik statis petir dapat masuk ke dalam jaringan listrik rumah dan merusak peralatan elektronik karena petir dapat menyebabkan lonjakan tegangan yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat. Ketika petir menghantam tanah atau bangunan, arus listrik dari petir menyebabkan perubahan medan magnetik yang cukup kuat untuk memindahkan elektron pada kabel dan peralatan elektronik yang terhubung dengan jaringan listrik.

Ketika terjadi lonjakan tegangan, tegangan listrik yang melebihi batas aman dari peralatan elektronik seperti TV, komputer, atau peralatan elektronik lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik dalam peralatan elektronik tersebut. Misalnya, arus yang kuat dapat menyebabkan terbakarnya komponen elektronik atau melelehnya kabel dalam peralatan elektronik.

Cara antisipasi supaya peralatan listrik terhindar dari kerusakan karena petir

Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi peralatan elektronik dari lonjakan tegangan yang terjadi akibat petir. Salah satu cara untuk melindungi peralatan elektronik dari lonjakan tegangan adalah dengan menggunakan alat pelindung seperti stabilizer atau UPS. Selain itu, penting untuk mematikan peralatan elektronik dan mencabut steker pada saat hujan yang berpotensi petir untuk menghindari kerusakan pada peralatan elektronika.

Kerusakan yang bisa terjadi pada STB akibat petir

Kerusakan STB akibat terkena petir termasuk perangkat TV dll bisa bervariasi tergantung seberapa kuat dampaknya. Dampak yang paling ringan dari sambaran petir terhadap alat elektronika bahkan bisa merusaknya secara permanen, dimana sebagian besar komponen penting meleleh atau terbakar. Ya ini untung-untungan juga karena STB yang terkena sambaran petir belum tentu mengalami kerusakan yang parah.

Jika STB anda mati setelah ada petir meskipun tak melihat ada percikan listrik didalam rumah anda, itu bisa saja akibat dampak petir yang menginduksi listrik jala-jala PLN sehingga tegangan melonjak tinggi dan menyebabkan rusaknya STB anda.

Jika STB rusak akibat petir yang menyebabkan jala-jala listrik 220V melonjak naik, biasanya yang rusak adalah blok power supply pada STB karena di aliri teganga listrik yang melebih batas kemampuannya. Jika ini yang terjadi kemungkinan STB anda masih bisa diperbaiki walaupun gejalanya adalah mati total.

 Trouble shoting STB rusak karena petir

KERUSAKAN STB DVBT2 TERKENA PETIR

  • Untuk memastikan blok apa pada STB yang rusak akibat petir, pertama tentu harus membuka Casingnya lebih dulu.
  • Kedua lihat secara kasat mata terutama pada blok power supply, cek dengan teliti apakah terlihat ada komponen yang gosong, meleleh, pecah, terbakar, atau elco yang kembung. Kemungkinan akan terlihat ada komponen yang pecah jika listriknya melonjak parah akibat petir, jika sedang-sedang aja bisa saja tak terlihat ada gejala kerusakan komponen yang terlihat secara fisik.
  • Memperbaiki power supply jenis SMPS seperti yang digunakan pada STB atau jenis alat elektronika lain biasanya cukup susah, apalagi jika akibat terkena petir. Komponen yang rusak seringkali tak hanya satu tapi rombongan, sehingga selain rumit pelacakannya juga susah menemukan jenis komponen tertentu apalagi IC, dioda dan transistor dalam kemasan SMD yang kecil.
  • Untuk kerusakan power suply seperti ini, para teknisi seringkali mencari cara alternatif yang lebih mudah untuk mempersingkat waktu dan menghemat biaya. Jika kerusakan power supply yang parah pada TV biasanya para teknisi menggantikannya dengan PWM universal contohnya GACUN, atau blok power supply universal pengganti yang bisa didapatkan di toko. Tapi untuk mengganti power supply STB yang rusak parah akibat petir, paling murah adalah menggantinya dengan casan HP.
Baca Juga :  10 Tips Membeli Kulkas Baru Agar Mendapatkan yang Terbaik

Casan HP sangat cocok dan ideal untuk mengganti power supply STB yang rusak parah akibat petir karena STB membutuhkan arus tunggal yang kecil dengan tegangan hanya sebesar . Beda dengan televisi yang membutuhkan arus yang besar serta power supply yang lebih kompleks karena harus menyuplai banyak modul lainnya seperti audio, IC program, Ic vertical pada TV tabung dan backled dan converternya pada TV LED, dll.

Mengganti power supply STB dengan casan HP

stb mati terkena petir ganti dengan casan hp (1)

  • Sebelum menggani PSu STB dengan casan HP, sebaiknya dipastikan dulu apakah memang betul kerusakan hanya terjadi pada power supply.Ya tapi memang langkah awal reparasi STB mati total adalah mengecek tegangan supply dari power supplynya. Dan harus memastikan dulu power supply bekerja sebelum memeriksa modul utama STB.
  • Jika tak melihat ada komponen yang rusak pada power supply secara kasat mata, untuk memastikan power supply bekerja atau tidak harus dicek dulu bagian ouput tegangan 5VDC pada pin elco 1000uf/16V bagian ouput skunder. Sudah pasti tidak ada jika STB mati total setelah ada petir lewat.
  • Sebelum memvonis power supply STB rusak parah, ada baiknya diperiksa dulu siapa tahu hanya rusak dioda bridge, elco 100uf/400V atau cuma Resistor sekringnya saja. Caranya pakai multimeter, posisi pandom untuk tegangan DC tempelkan probe pada kaki elco 200uf/400V apakah ada tegangan sekitar 300VDC? Jika tidak ada mungkin coba diganti dulu R fuse atau sekringnya barangkali aja putus, kabelnya juga dan konektor siapa tahu putus atau ngefonk akibat petir. Jika masih baik, periksa dioda bridgenya.

Jika tegangan 300VDC hadir, tapi tegangan output bagian skunder 5VDC pada kaki elco tidak hadir maka bisa dipastikan ada kerusakan di rangkaian PWM. Jika ini yang terjadi maka masalah dianggap rumit karena IC PWM mungkin susah didapat, serta adanya kerusakan pada komponen SMD yang sangat kecil yang membuat makin susah memperbaikinya.

Langkah Menggunakan casan HP untuk menggantikan PSu STB yang rusak

Pada kondisi ini, langkah yang paling mudah, aman, dan cepat adalah mencoba mengunakan Casan HP dulu untuk menggantikan power supply STB – yang sudah bisa dipastikan rusak.

  • Sebelum menyuntikkan tegangan dari casan HP, lepas dulu dioda SMD yang terhubung ke pin trafo bagian skundernya. Juga lepaskan saja elco 1000uf/16vnya, selain ada kemungkina rusak juga tak dibutuhkan lagi karena mlah akan membebani casan HPnya.
  • Casan HP dipotong kabelnya untuk melepaskan konektornya, nanti akan nampak 2 kabel berwarna merah dan hitam dengan ukuran yang paling besar dari 2 kabel yang lain yaitu kabel data biasanya warna biru dan kuning/putih.
  • Kabel yang berwarna hitam adalah kabel negatif, solder ke lubang pin elco negatif pada PCB dan yng merah solder ke lubang bekas pin elco positif pada PCB.
  • Jika STB hanya mengalami kerusakn pada bagian power supplya saja, maka bisa dipastkan STB akan booting dan bekerja seperti biasanya. Selanjutnya tinggal atur saja supaya casan HP tersebut untuk menggantikan PSu aslinya dari STB. Casan HP bisa di tempatkan didalam box STB sekaligus, atau bisa juga casan HP berada diluar kesing dan hanya kabel USBnya saja yang terhubung ke dalam kesing STBnya. Ini sesuai selera saja.

Namun, apabila nyatanya sampai saat ini STB masih tidak mau nyala, padahal tegangan 5VDC sudah disuplay dari casan HP, maka bisa dipastikan ada kerusakan sekaligus pada blok utama STB. Jika demikian maka perbaikan STB terkena petir akan menjadi rumit lagi, karena kemungkina kerusakan bisa terjadi pada buck converter, IC program, IC memori, dan lain-lain.

Prosedur pemeriksaan lanjutan seperti ini biasanya tidak seimbang dengan harga STB, peluang fifty-fifty dan kemungkinan berhasil bisa SANGAT tipis. Jika teknisinya saya, maka saya lebih baik akan kibarkan bendera putih aja.

Jadi DILEM BIRU AJA, DAN BELI YANG BARU MUNGKIN LEBIH WORTHIT…. Tapi jika anda berkeinginan untuk memperbaikinya sampai dapat, itu juga bagus nggak apa-apa untuk mengasah skill perbaikan elektonika. Anda mungkin rugi waktu dan biaya, tapi akan dapat reward berupa ilmu dan pengalaman, itu yang LEBIH BERHARGA daripada materi…… yang akan membuat anda NAIK LEVEL!(kayak game aja).

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply