Cara Memperbaiki Sendiri MagiCom/Rice Cooker Rusak

Apakah rice cooker/magicom Anda tiba-tiba tidak bisa untuk memasak/menghangatkan nasi, lampu indikator mati, nasi menjadi kelewat kering, atau nasi mudah basi?. Perabot rumah tangga yang satu ini memang sangat diandalkan selain mesin cuci, karena kontribusinya yang sangat besar terhadap seisi rumah. Apa jadinya jika mesin penanak dan penghangat nasi Anda ini rusak tidak panas, tidak bisa menanak nasi, atau tidak bisa menghangatkan nasi tentu akan sangat merepotkan.

Memang kita bisa langsung saja beli rice cooker magicom yang baru, tapi sebenarnya sebagian besar kerusakan yang terjadi adalah kerusakan yang sepele dan bisa Anda perbaiki sendiri dengan biaya tak lebih dari 10.000 rupiah saja. Serius? ya serius. Bagaimana caranya coba?… Baca artikel ini sampai selesai, setelah itu Anda akan mampu memperbaiki rice cooker Anda sendiri dirumah.

Berikut cara mudah memperbaiki magicom yang sudah tidak bekerja dengan baik

Kerusakan pada rice cooker/magicom

Kerusakan yang paling umum seperti:

  • Tidak bisa menanak nasi
  • Nasi cepat basi
  • Nasi cepat kering

Ketiga problem kerusakan umum magicom / rice cooker diatas, seringkali disebabkan oleh sekring termal yang putus atau sudah tidak optimal lagi kerjanya. Jika sekring termal putus, tentu magicom akan menjadi dingin sehingga tidak bisa digunakan lagi;

dan jika sekring termal sudah kacau kerjanya, maka nasi bisa terlalu panas atau kurang panas saat mode menghangatkan. Jika terlalu panas menyebabkan nasi cepat basi, jika terlalu panas menyebabkan nasi cepat kering.

Namun magicom yang tidak bisa menanak/menjaga suhu nasi sama sekali bisa disebabkan oleh penyebab lain juga, misalnya switch, konektor yang sudah rusak – atau ada kabel-kabel dan sambungan kabel yang putus.

Sekring termal yang rusak, pada banyak kasus komponen yang menjadi biang utama kerusakan magicom

Secara umum kerja sekring bekerja dengan cara memutuskan diri ketika tegangan melampaui batas aman dari peralatan, sehingga peralatan listrik Anda tidak terbakar. Namun sedikit berbeda dengan jenis sekring termal(Thermal fuse), dimana ia bisa bekerja memutus atau menyambungkan diri tergantung dari suhu kerja yang bisa dicapainya.

Pada magicom, ketika suhu sudah melampaui, maka sekring termal akan secara otomatis memutus hubungan listrik sehingga nasi tidak terbakar/kering ketika dipanaskan. Jadi kinerja sekring termal ini harus bekerja optimal sesuai dengan suhu kerja yang di programkan supaya nasi tetap terjaga dengan baik dalam jangka waktu yang diinginkan.

Nah jika suhu kerja sekring termal yang sudah diprogramkan sudah mulai kacau/tidak optimal, maka nasi bisa saja menjadi cepat kering atau cepat basi. Suatu saat sekring termal juga bisa putus atau rusak sama sekali sehingga magicom tak bisa dipakai lagi untuk menanak/menghangatkan nasi.

Sekring termal biasa digunakan untuk alat-alat pemanas yang membutuhkan panas yang stabil pada suhu tertentu dengan cara yang sederhana.

Baca juga :

Lihat Juga :  Tips Memilih VGA

Trouble shooting

Pada banyak kasus kerusakan/ketidak normalan kerja rice cooker/magicom disebabkan oleh sekring termal yang sudah rusak, namun tak menutup kemungkinan juga disebabkan oleh masalah yang lain. Jadi sebelum Anda mem-vonis sekring termalnya, ada baiknya Anda melakukan trouble shooting mencari kemungkinan penyebab lain seperti berikut supaya tidak salah vonis :

  • Periksa dan pastikan komponen lain dari magicom seperti saklar, kabel-kabel, sambungan-sambungan kabel, konektor listrik, dan magnetik temperature switch(termostat) yang ada pegasnya masih normal.
  • Bersihkan dari kemungkinan karat yang menggumpul pada baut-baut sambungan kabel dengan minyak tanah, kencangkan kembali.
  • Pastikan tuas dan pegas termostat masih bisa bekerja dengan baik. Termostat ini berfungsi supaya magicom dapat secara otomatis berpindah dari posisi cook keposisi memanaskan nasi ketika nasi sudah masak dengan cara menekan leaf switch lewat perantara tuas.
  • Cek juga elemen pemanas maupun elemen penanak nasinya dengan multimeter. Jika elemen ini putus(jarum multimeter diam pada pisisi X1), maka magicom Anda mungkin sudah tak bisa dipakai lagi, karena elemen magicom ini sepertinya tidak ada yang jual.

Jika Anda tidak menemukan masalah lain setelah melakukan trouble shooting seperti diatas, maka Anda bisa langsung saja mengganti sekring termal. Harga sekring termal ini cukup murah sekitar 6000-8000 rupiah ditempat saya.

Cara Mengganti Sekring Termal Magicom/Rice Cooker

  • Pertama bongkar magicom Anda dengan cara melepaskan baut-baut yang ada. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada yang patah atau putus.
  • Lepaskan sekring termal. Biasanya ada juga yang diletakkan secara menempel pada body drum/tabung tempat nasi pada magicom. Sekring termal ini biasanya  dibungkus dengan isolator supaya tidak nyetrum karena menyentuh body magicom.
  • Lepaskan sekering termal dari baut-baut pengikatnya, kemudian keluarkan dari dalam isolator tanpa merusak isolator dan sekringnya. Lakukan dengan hati-hati ya.
  • Bawa sekring isolator yang mau diganti tersebut ke toko elektronik. Belilah sekring termal pengganti yang nilainya sama persis misalnya (160°C). Sekring termal ini banyak sekali dijual di toko komponen elektronika dengan temperatur kerja bermacam-macam.
  • Jika Anda sudah mendapatkan sekring termal yang sesuai dengan magicom/rice cooker milik Anda, selanjutnya pasang ke posisi semula dengan benar persis seperti aslinya sebelum diganti.
  • Pastikan isolator terpasang dengan benar seperti semula supaya tidak nyetrum magicomnya. Juga pastikan sambungannya di tang dengan kuat , jangan kasih kendor agar kinerja magicom Anda bisa normal kembali.
  • Horeee, sekarang magicom Anda sudah bisa digunakan.

Letak Sekring termal serta bagian-bagian komponen magicom lain yang perlu diperiksa

Cara memperbaiki Magicom rusak

Demikian tips cara memperbaiki magicom / ice cooker yang rusak, tidak bisa menanak nasi, nasi menjadi kering atau nasi menjadi cepat basi. Memang sekring termal bukan satu-satunya, tapi pada banyak kasus merupakan jenis komponen yang seringkali rusak. Semoga bermanfaat!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *