Cara Memperbaiki Sendiri MagiCom/Rice Cooker Rusak

Apakah rice cooker/magicom Anda tiba-tiba tidak bisa untuk memasak/menghangatkan nasi, lampu indikator mati, nasi menjadi kelewat kering, atau nasi mudah basi?. Perabot rumah tangga yang satu ini memang sangat diandalkan selain mesin cuci, karena kontribusinya yang sangat besar terhadap seisi rumah. Apa jadinya jika mesin penanak dan penghangat nasi Anda ini rusak tidak panas, tidak bisa menanak nasi, atau tidak bisa menghangatkan nasi tentu akan sangat merepotkan.

Memang kita bisa langsung saja beli rice cooker magicom yang baru, tapi sebenarnya sebagian besar kerusakan yang terjadi adalah kerusakan yang sepele dan bisa Anda perbaiki sendiri dengan biaya tak lebih dari 2.000 rupiah saja. Serius? ya serius.

Bagaimana caranya coba?… Baca artikel ini sampai selesai, setelah itu Anda akan mampu memperbaiki rice cooker Anda sendiri dirumah.

Berikut cara mudah memperbaiki magicom yang sudah tidak bekerja dengan baik

Kerusakan pada rice cooker/magicom

Kerusakan yang paling umum seperti:

  • Tidak bisa menanak nasi
  • Nasi cepat basi
  • Nasi cepat kering

Ketiga problem kerusakan umum magicom / rice cooker diatas, seringkali disebabkan oleh sekring termal yang putus permanen atau sudah tidak optimal lagi kerjanya. Jika sekring termal putus permanen/rusak, maka magicom akan menjadi dingin sehingga tidak bisa digunakan lagi. Rusaknya sekring termal membuat arus listrik tidak mengalir ke elemen, dan harus diganti supaya magicom bisa berfungsi lagi. Harga sekring termal ini muahal banget sekitar Rp 2.000.000,00, tapi 3 nol dibelakangnya rontok menjadi Rp 2.000,00

Jika sekring termal sudah kacau kerjanya, maka nasi bisa terlalu panas atau kurang panas saat mode menghangatkan. Jika terlalu panas menyebabkan nasi cepat basi, jika terlalu panas menyebabkan nasi cepat kering.

Namun magicom yang tidak bisa menanak/menjaga suhu nasi sama sekali bisa juga disebabkan oleh faktor penyebab lain, misalnya switch, konektor yang sudah rusak – atau ada kabel-kabel dan sambungan kabel yang putus.

Kerusakan sekring termal pada banyak kasus menjadi biang utama kerusakan pada magicom

Secara umum kerja sekring bekerja dengan cara memutuskan diri ketika arus yang lewat melampaui batas aman dari peralatan sehingga peralatan listrik Anda tidak terbakar – itu namanya sekring pengaman.

Namun berbeda dengan jenis sekring termal(Thermal fuse), dimana ia bisa bekerja memutus atau menyambungkankan diri tergantung dari temperatur kerja yang diprogramkan pabriknya.

Pada magicom ketika suhu sudah melampaui temperatur kerja sekring, maka sekring termal akan secara otomatis memutus hubungan listrik – dan ketika temperatur tabung magicom turun dibawah temperatur kerja sekring termal maka arus listrik akan terhubung lagi secara otomatis. Sehingga dengan demikian nasi tidak terbakar/kering ketika dalam dipanaskan/warm – intinya menjaga suhu tabung magicom tetap konstan pada suhu  tertentu yang diharapkan.

Jadi kinerja sekring termal ini harus bekerja optimal sesuai dengan suhu kerja yang di harapkan supaya nasi tetap terjaga dengan baik tidak basi atau tidak kering. Temperatur kerja sekring termal macam-macam, mulai dari 120º – 500º atau lebih yang digunakan sesuai kebutuhan suhu optimal peralatan yang butuh dilindungi.

Nah jika temperatur kerja sekring termal yang sudah diprogramkan sudah mulai kacau/tidak optimal, maka nasi bisa saja menjadi cepat kering atau cepat basi. Suatu saat sekring termal juga bisa putus atau rusak sama sekali sehingga magicom tak bisa dipakai lagi untuk menanak/menghangatkan nasi.

Sekring termal biasa digunakan untuk alat-alat pemanas yang membutuhkan panas yang stabil pada suhu tertentu dengan cara yang sederhana. Alat lain yang menggunakan sekring termal adalah setrika listrik, dinamo kipas angin, dll. Dan jika kipas angin atau setrika anda mati, sangat besar kemungkinan sekring termalnya sudah rusak atau putus permanen. Kalau setrika, biasanya suhu kerjanya lebih tinggi dan harganya lebih mahal yaitu sekitar Rp 5.000.000,00. hehe…

Baca Juga :  Alat Pengusir Tikus Ampuh Dengan Gelombang Ultrasonic 50Khz

sekring termal magicom

Baca juga :

Langkah memeriksa kerusakan

Pada banyak kasus kerusakan/ketidak normalan kerja rice cooker/magicom disebabkan oleh sekring termal yang sudah rusak, namun tak menutup kemungkinan juga disebabkan oleh masalah yang lain.

Jadi sebelum Anda mem-vonis sekring termalnya, sehingga membongkar tabung magicom/magijar/penanak nasi listrik Anda ada baiknya periksa steker, kabel beserta soketnya dulu sebab ini juga seringkali putus kawat tembaganya atau longgar/ngefong.

Jika steker, kabel dan soket kondisi masih bagus maka kemungkinan besar sekring termalnya sudah putus maka lakukan pemeriksaan untuk memastikannya.

Cara terbaik untuk memeriksa kabel-kabel atau sekring termal adalah menggunakan Multimeter posisi selector pada Ohm X1 (multimeter analog) atau selector posisi dioda (multimeter digital).

Cara Mengganti Sekring Termal Magicom/Rice Cooker

  • Pertama bongkar magicom Anda dengan cara melepaskan baut-baut yang ada. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada yang patah atau putus.
  • Lepaskan sekring termal. Biasanya ada juga yang diletakkan secara menempel pada body drum/tabung tempat nasi pada magicom. Sekring termal ini biasanya  dibungkus dengan isolator supaya tidak nyetrum karena menyentuh body tabung magicom.
  • Lepaskan sekering termal dari baut-baut pengikatnya, kemudian keluarkan dari dalam isolator tanpa merusak isolator dan sekringnya. Lakukan dengan hati-hati ya.
  • Bawa sekring isolator yang mau diganti tersebut ke toko elektronik. Belilah sekring termal pengganti yang nilainya sama persis misalnya (160°C). Sekring termal ini banyak sekali dijual di toko komponen elektronika dengan temperatur kerja bermacam-macam.
  • Jika Anda sudah mendapatkan sekring termal yang sesuai dengan magicom/rice cooker milik Anda, selanjutnya pasang ke posisi semula dengan benar persis seperti aslinya sebelum diganti.
  • Pastikan isolator terpasang dengan benar seperti semula supaya tidak nyetrum magicomnya. Juga pastikan sambungannya di tang dengan kuat , jangan kasih kendor agar kinerja magicom Anda bisa normal kembali.
  • Horeee, sekarang magicom Anda sudah bisa digunakan.

Trouble Shooting kemungkinan Kerusakan Sebab Lain

Jika ternyata sekring termal juga masih dalam keadaan normal, maka lakukan trouble shooting seperti berikut :

  • Periksa dan pastikan komponen lain dari magicom seperti  kabel-kabel, sambungan-sambungan kabel, konektor listrik, dan magnetik temperature switch(termostat) yang ada pegasnya masih normal.
  • Bersihkan dari kemungkinan karat yang menggumpul pada baut-baut sambungan kabel dengan minyak tanah, kencangkan kembali.
  • Periksa leaf switch apakah masih bagus, caranya tekan tuas dan periksa pin leaf switch dengan multimeter dan harusnya jarum multimeter bergerak dan lampu nyala atau buzernya berbunyi .
  • Pastikan tuas dan pegas termostat masih bisa bekerja dengan baik. Termostat ini berfungsi supaya magicom dapat secara otomatis berpindah dari posisi cook keposisi memanaskan nasi ketika nasi sudah masak dengan cara menekan leaf switch lewat perantara tuas.
  • Cek juga elemen pemanas maupun elemen penanak nasinya dengan multimeter. Jika elemen penanak nasinya putus(jarum multimeter diam), maka magicom Anda mungkin sudah tak bisa dipakai lagi karena elemen ini sepertinya tidak ada yang jual. Akan tetapi jika yang putus elemen pemanasnya (yang ada ditutup dan melingkar pada tabung) masih banyak yang jual, cuma masalahnya agak susah membongkar dan menggantinya. 🙂

Letak Sekring termal serta bagian-bagian komponen magicom lain yang perlu diperiksa

Cara memperbaiki Magicom rusak

Demikian tips cara memperbaiki magicom / ice cooker yang rusak, tidak bisa menanak nasi, nasi menjadi kering atau nasi menjadi cepat basi. Memang sekring termal bukan satu-satunya, tapi pada banyak kasus merupakan jenis komponen yang seringkali rusak. Semoga bermanfaat!!

21 Comments

  1. Ahmad Oktober 25, 2021
    • Supri Oktober 26, 2021
  2. Ummu Oktober 24, 2021
  3. cosmos September 6, 2021
    • Supri September 11, 2021
  4. diksradical September 5, 2021
    • Supri September 11, 2021
  5. JOKO joker Agustus 9, 2021
    • Supri Agustus 24, 2021
  6. Sudirman Juli 17, 2021
    • Supri Juli 17, 2021
  7. Maringan Juli 1, 2021
    • Supri Juli 14, 2021
  8. Teddy Juni 30, 2021
    • Supri Juli 14, 2021
  9. Venansia April 9, 2021
    • Supri April 16, 2021
  10. Umam Februari 10, 2021
    • Supri Februari 12, 2021
  11. Zuhri Oktober 3, 2020
    • Supri Oktober 3, 2020

Leave a Reply