Desain Skema Box Speaker Monitor Panggung 15 Inch 2 Way

Kali ini saya akan berbagi skema box speaker monitor panggung 2 way dengan speaker 15 inch dan 1 horn tweeter. Skema box ini cukup sederhana, hanya saja perlu agak teliti ketika membuat pemotongan papan dengan beberapa derajat sudut agar hasilnya benar-benar presisi karena ini bentuknya persegi 5 seperti speaker monitor panggung pada umumnya. Ingat jangan lupa kamu harus menggunakan papan setebal 18mm boleh multiplek maupun MDF . Baca juga : Bahan box speaker terbaik

Skema Desain Box Speaker Monitor Panggung 15″ 2 Way

Bahan :

  • Multiplek/MDF 18mm
  • Skrup
  • Lem putih
  • Paku
  • Bahan finishing, cat tekstur, vinil, atau karpet

Baca juga : Skema Box Speaker Mid Bass 2 Way 15 Inch Indoor dan Outdoor

1. Membuat sisi A dan menggambar pola pertemuan panel

Buat panel sisi A atau sisi dasar dengan ukuran seperti gambar dibawah. Untuk garis-garis gambar panel ABCD ketebalan papan jangan lupa diukur 18mm.

desain box speaker panggung 15 inch

Berikut merupakan kemiringan dari masing-masing panel, B,C dan D. Dibawah ini hanya contoh derajat sudut kemiringan pemotongan saja, sebaiknya diukur sendiri mengacu pada potongan sisi dasar diatas yang sudah di garis seperti gambar diatas.

Lihat Juga :  Skema Box Speaker Mid Bass 2 Way 15 Inch Indoor dan Outdoor

desain box speaker panggung 15 inch 3

3. Membuat panel depan

Panel depan adalah letak lubang speaker, lubang horn, dan 2 lubang port. Panjang kali lebar untuk panel depan adalah 714mm x 434mm.

desain box speaker monitor panggung 15 inch 3a

2. Membuat Panel ABCD dan Perakitan menjadi bentuk Box Speaker

Berdasarkan ukuran lebar pada gambar diatas, kemudian buatlah semua panel ABCD dengan panjang semuanya 714mm dan lebarnya mengikuti pada panel sisi A (dasar) saja. Buat juga panel sisi B dengan ukuran yang sama dengan panel sisi A(dasar). Silakan mulai merakit semua panel hingga membentuk box speaker monitor seperti gambar dibawah ini.

 

skema box speaker panggung 15 inch 2

 

3. Finishing

Tidak terlalu rumit akhirnya pekerjaan kamu membuat sendiri box monitor panggung selesai. Kini saatnya finishing sesuai selera, boleh dicat tekstur, dilapisi vinil maupun karpet silahkan.

skema box speaker panggung 4Boleh juga diberi penutup loudspeakernya supaya aman dari jangkauan tangan-tangan, hehe.

skema box speaker panggung 3b
Demikian pada akhirnya selesai juga kita membuat senidir box monitor panggung 15 inch 2 way versi MOGALE. Selamat bereksperimen!

Leave a Reply