Ukuran Box Speaker 12 Inch Rumahan 2-Way + 1 Tweeter Corong

Ukuran Box speaker 12 Inch Rumahan bisa bermacam-macam, sesuai dengan keinginan perancangnya, namun tetap memperhatikan efektifitas, volume, dan ukuran total . Ada banyak alasan untuk desain box speaker. Nah untuk rancangan saya bertikut ini saya buat sesederhana mungkin sehingga mudah dikerjakan siapa saja, dan sekecil mungkin supaya tidak terlalu besar dan makan tempat. Jika Kamu tertarik bisa mencobanya membuat sendiri dirumah. Karakter box speaker 12 inch berikut ini tentu untuk bass besar dengan desain box speaker ported untuk meningkatkan gain bass. Ditambah tweeter corong untuk meningkatkan treeblenya dengan jalur distribusi 2-way.

Ukuran Box Speaker 12 Rumahan Sederhana  Dan Skema

box speaker 12 rumahan skema

Driver yang cocok adalah jenis woofer karena biasanya mencakup dari mulai frekwensi rendah/low 40Hz hingga frekwensi upper mids 3,8kHz, kemudian nada tinggi/hi dilakukan oleh tweeter mulai dari 8kHz – 20kHz. Driver yang cocok misalnya ACR 3060M, dengan power handling nominal 200W – 400W. Jika ingin tahu lebih banyak tentang spesifikasi speaker, baca di ==> Cara Membaca Spesifikasi Speaker Agar Tak Salah Pilih.

Spesifikasi speaker ACR 12" 3060M woofer

Sumber gambar : ACRspeaker.com

Untuk driver kompresi/tweeter silakan cari yang sesuai dengan daya power amplifier, disarankan sama dengan woofer yaitu 200W. Untuk distribusinya gunakan crossover pasif yang sesuai.

Baiklah sekarang kita mulai bagaimana ukuran box speaker 12 yang akan kita buat.

Bahan :

Material papan sebaiknya kayu lapis kualitas kayu meranti, dengan ketebalan 15mm. Gunakan skrup dan lem kayu atau kalau bisa lem epoxy yang sangat kuat supaya box tidak bergetar kena bass dan tidak cepat rusak. Baca juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Lihat Juga :  Skema Box Speaker 15 Inch 2 Way Horn, Cocok untuk Midbass atau Mid Hi

Skema dan Ukuran Box

Skema dasar

Ukuran box speaker 12 tata letak
tataletak
Ukuran panel dalam gambar 3D. Penjelasan kode H dan I yang berwarna biru Aqua adalah brace yang gunanya agar box tidak bergetar saat menerima bass besar. Ini sangat penting karena jika box bergetar maka bass yang dihasilkan tidak akan bisa maksimal.
Ukuran box speaker 12 rumahan
Ukuran panel depan lubang speaker dan tweeter corong. Ukuran tweeter corong menurut skema ini adalah 21,5cm X 17,5cm, tidak harus sama jadi jika ingin ukuran yang lain silakan diukur sendiri sesuai keperluan asalkan bisa muat pada box.
Ukuran panel depan
Pasang setiap panel dengan baik, jangan sampai ada yang bocor atau kendor, jadi pemotongan triplek harus lurus, siku, di baut dan dilem dengan baik.  Box yang sudah selesai dibuat akan tampak seperti gambar 3D berikut :
selesai dirakit box 12 inch

Finishing

Langkah finishing yang baik adalah bisa mebuat box menjadi lebih kuat lagi, kalau bisa dilapisi resin atau dempul kayu supaya air tidak meresap. Baru kemudian bisa di sesuaikan sesuai seleara, boleh dilapisi karpet, vinyl, atau dicat.

Memasang Grill

Grill biasanya berupa plat berlubang-lubang seperti kasa bisa ditambahkan untuk melindungi speaker dari benturan. Sebelumnya dipasang lis dulu sebagai tempat untuk baut. Model yang bisa dipakai seperti gambar berikut ;

Desain box speaker 12
Atau bisa yang lebih simpel lagi menggunakan grill praktis speaker 12″ yang banyak dijual ditoko, seperti berikut :
box speaker 12 rumahan skema

Demikian ukuran box speaker 12 inch rumahan, 2-way plus 1 tweeter yang bisa Kamu coba buat sendiri dirumah. Desain sederhana mudah dibuat, dan cocok untuk penyuka bass besar.

Leave a Reply