Skema Desain Box Speaker 12 inch Double Untuk Mid-Hi

Mid-hi atau midrange high adalah jenis speaker yang diperlukan khusus untuk menghasilkan suara tengah, vokal dan nada tinggi. Jenis speaker ini menggunakan driver midrange yang bekerja pada rentang frekwensi tengah yaitu antara 400Hz – 2Khz, dan driver yang disebut tweeter yang umumnya bekerja pada rentang freqwensi suara antara 2Khz – 30Khz. Jadi mid-hi adalah sebutan untuk speaker yang secara keseluruhan untuk mereproduksi frekwensi nada 400Hz – 30Khz. Speaker jenis midrange yang bisa digunakan untuk mid-hi umumnya tersedia dipasaran antara 6 inch – 21 inch, sementara jenis tweeternya juga berbeda-beda model ada yang bulat biasanya untuk audio ruangan dan berbentuk corong untuk lapangan/outdoor.

Skema Desain Box Speaker Mid-Hi Double 12″

Speaker mid hi sket

Kali ini saya mau membagikan desain box speaker untuk keperluan mid-hi double yaitu 2 buah driver speaker midrange 12 inch dan tweeter corong/horn 1 unit. Desain ini cukup berbeda, berbentuk menyerupai corong(sisi belakang menyempit dan sisi depan melebar) ini bertujuan agar suara bisa menjangkau lebih jauh kedepan. Jadi hal ini memang khusus didesain untuk keperluan outdoor, yang umum diterapkan pada jenis speaker mid-hi renteng(line array) atau speaker gantung šŸ˜€ . Box mid-hi ini cocok digabungkan dengan desain box planar 15/18 inc,Ā  miniscoop 15 inch atau hog scoop 18 sebagai speaker sub-bassnya.

Yuk langsung saja kamu lihat-lihat berikut.

Alat dan Bahan :

  • Multiplek/MDF 15mm
  • Paku
  • Sekrup
  • Lem putih
  • Bahan finsihing, cat tekstur, vinil, karpet, dll

Alat : gergaji, palu, pasrah mesin, bor, gergaji jigsaw/pelubang papan, siku, meteran, pensil tukang, dll

Lihat Juga :  Cara Menyetel Bias Dan DC Offset Pada Driver Amplifier Class A/B

1.Ā  Memotong papan main box dan panel dasar

Yang bertanda huruf A – O adalah panel-panel yang dibutuhkan untuk membangun box speaker ini. Dan semua itu harus kamu buat persis seperti dalam skema berikut baik dimensi maupun kemiringan pemotongannya.

Panel A adalah bagian main box/dasar sebelum merakit semua panel, untuk kemudian satu-persatu yang lainnya baru bisa dirakit. Panel A, B,C,D ini adalah panel dasar yang membentuk box ini.

Untuk panel penutup bagian atas, bentuk dan ukuran sama dengan panel A.

Skema desain box speaker mid-hi 12 inch double
2. Membuat panel sebagai pendukung speaker, sekat, dan penyangga.

  • Panel F dan E bentuk/ukuran sama,Ā  sebagai pendukung driver speaker
  • Panel 1 dan J bentuk/ukuran sama, sebagai sekat dalam,
  • Panel H adalah penyangga tweeter.
    Skema speaker mid hi 12 inch 3
  • Panel O dan M, bentuk/ukuran sama sebagai penyangga
  • Panel G dan K, bentuk/ukuran sama sebagai penyangga
  • Panel L dan N, bentuk/ukuran sama sebagai penyangga
    Skema desain box speaker mid hi 12 inch 2

3. Mulai merakit

Setelah semua panel dibuat, saatnya untuk merakit masing-masing dengan benar sesuai tataletak dan posisinya untuk membangunĀ  box speaker mid-hi 12 inch 3 waySkema box speaker mid hi 12 inch 3 way

Skema box speaker mid hi 3way

4. Finishing

Untuk finishing silahkan berkreasi dengan ide sendiri, termasuk mempermanis sudut-sudut, membuat pegangan, memasang pelat berlubang sebagai pelindung speaker hingga memoles bodynya. Untuk memoles body speaker ini bisa menggunakan cat tekstur, bisa juga dilapisi karpet, vinil, dll.

Skema box speaker mid hi 12 inch 5 way
ukuran box speaker mid hi 12 inch double
Skema desain box speaker mid hi 12 inch double

Demikian skema desain box speaker mid-hi 12 double untuk keperluan audio lapangan/outdoor, yang diharapkan mampu menghasilkan suara audio yang menjangkau lebih jauh.

Leave a Reply