Skema dan Ukuran Box Speaker 10 Inch 2-way + 1 Tweeter Rumahan

Skema dan Ukuran Box speaker 10 inch 2-way rumahan ada banyak sekali modelnya, untuk kali ini saya mencoba membuat desain yang lebih paktis. Ini saya sesuaikan terutama jika mau dipakai sebagai speaker satelit untuk audio 2.1. Audio 2.1 makin banyak digemari karena mampu memberikan detail suara yang lebih detail dan mantab karena ada subwoofer yang secara khusus yang mereproduksi bass.

Tak heran karena audio 2.1 mampu memberikan bass yang jauh lebih mantab dan serbaguna sebagai speaker multimedia. Speaker 2-way ini tidak menggunakan driver midrange sehingga kamu perlu memilih driver 10 inch jenis fullrange, bukan woofer dimana yang mencakup seluruh range frekwensi meskipun nanti akan cenderung ke mid-hi. Tapi tak apa karena ini akan tak menjadi masalah jika dikombinasi dengan sub-woofer sebagai audio 2.1. Bisa saja menggunakan 10 inch jenis woofer, jika tak ingin menggunakan subwoofer. Baca juga : Jenis-jenis Speaker yang perlu diketahui

Skema  Box Speaker 2-Way 10 Inch + 1 Tweeter Rumahan, cocok untuk audio 2.1

Box speaker 10 inch terbaik

Bahan : Kayu lapis adalah bahan yang baik, pilih kayu meranti dengan ketebalan 15.0mm. Gunakan skrup dan lem kayu/epoxy dan dempul atau resin untuk melapisi speaker agar tahan lama.

1. Skema dan ukuran panel box speaker 10 inch 2-way

Skema tampak dari depan dan samping

 

skema speaker 10 inch rumahan

2. Ukuran sekat, brace dan panel depan dan lubang speaker

  • Sekat, paling bawah berfungsi sebagai port udara/ventilasi ukuran 100.7mm x 135.0mm dengan kemiringan pemotongan sisi 45°.
  • Brace, berada ditengah 200.0mmx100.0mm berfungsi sebagai penahan agar box lebih kokoh
  • Lubang tweeter horn yang paling sesuai adalah rata-rata 18cmx14cm, jangan terpaku pada ukuran lubang tweeter corong pada skema dibawah!, lubangi hanya jika kamu yakin bisa mendapatkan ukuran yang sesuai dengan skema. Bisa saja diberi tweeter biasa/bulat.
  • Lubang speaker 10 inch pada skema rata-rata sama yaitu dengan diameter 230.0mm, atau bisa juga dsesuaikan dengan driver yang akan dipakai.
Lihat Juga :  Skema Box Speaker Hybrid MPH-46, Sub-Bass 18 Double Sederhana Namun Efektif

Ukuran box speaker 10 inch rumahan
panel box belakangLihat juga : Skema Desain Box Speaker Aktif 3 Way 12 Inch Super Bass

Letak sekat dan brace tampak dalam model tembus pandang

Brace dan sekat box speaker 10 inch

3. Perakitan dan finishing

  • Untuk merekatkan antar panel, sekat dan brace sebaiknya menggunakan skrup dan lem yang kuat misalnya lem putih atau kalau perlu lem epoxy agar box lebih kuat.
  • Tipsnya, sebelum diskrup sebaiknya dibor dulu supaya material tidak pecah; kemudian diolesi lem pada sisi yang mau direkatkan kemudian diskrup. Tiap sudut persambungan sebaiknya juga ditambahkan lem.
  • Finishing, dempul dulu sebelum dicat atau lebih bagus lagi di lapisi resin agar material tidak menyerap air sehingga box lebih berumur panjang.  Baru bisa dicat sampai selesai.

desain box speaker 10 inch 2 way

4. Cocok dipakai sebagai audio 2.1 dipadu dengan cubo subwoofer 12″

Box speaker ini bisa dipasangkan dengan subwoofer 12 inch jika untuk audio 2.1. Box subwoofer Yang paling cocok untuk rumahan adalah cubo subwoofer 12″, lihat skemanya disini. Lihat dalam ilustrasi 3D berikut :

skema box speaker untuk audio 2.1 10 inch

 

Demikian skema dan ukuran box speaker 10 inch 2-way rumahan dengan 1 tweeter corong yang praktis, cocok dipakai sebagai speaker satelite untuk audio 2.1 yang mantab. Daya amplifier yang disarankan maksimal 300W dengan driver 10 inch full-range.

Leave a Reply