Cara Menyambung Banyak Speaker yang Benar pada Audio Sound System

Bagaimana cara menyambung banyak loudspeaker?  Masih banyak yang mengira sebagai hal yang paling mudah, karena beranggapan bahwa merakit itulah hal yang paling sulit. Pendapat ini memang benar, tapi dalam dunia elektronika, baik itu yang mudah atau yang sulit semuanya membutuhkan perhatian khusus tertentu termasuk menyambung speaker. Bahkan, hal yang paling mudah saja bisa berakibat buruk jika terjadi kesalahan termasuk soal menyambung speaker sound system ini, apalagi nantinya kita akan menggunakan beberapa atau banyak speaker untuk 1 unit power ampli.

Nah, untuk menghindari kesalahan itu, maka kamu harus menguasai ilmu tentang daya dan beban agar sound system kamu bisa memberikan hasil yang optimal. Bukan hanya akan terhindar dari kerusakan baik itu pada power maupun amplifiernya, menyambung banyak speaker yang benar juga akan mengoptimalkan daya outputnya. Baca juga : Modifikasi Power OCL 150 Watt menjadi 400 Watt dengan tegangan 60VDC

Agar hasilnya bisa optimal dan terhindar dari kerusakan power, maka sambunglah loudspeaker audio kamu dengan cara yang benar.

Apa akibatnya jika kurang benar dalam menyambung speaker?

Yang pasti, power amplifier tak akan mampu memberikan daya yang optimal. Dan risiko selanjutnya adalah TR final power bisa kepanasan(overheat) dan akhirnya rusak terutama jika menggunakan system pendinginan yang kurang bagus.

Daya power amplifier sebagai contoh 400 watt, 1000 watt, dsb bisa terjadi karena adanya beban dan tegangan, lalu besarnya arus akan mengikuti besaran variabel tegangan terhadap beban.
Saya tak akan menunjukkan rumusnya, namun yang jelas daya keluaran sebuah power akan dipengaruhi oleh Volt, Ampere, dan beban dalam hal ini loudspeaker. Apa yang berpengaruh dari sebuah speaker?… Untuk melihat daya outputnya sebuah speaker tidak dilihat dari ukurannya(12″, 15″, dsb), tapi dilihat dari impedansinya yaitu misalnya 2 Ohm, 4 Ohm, atau 8 ohm. Pada intinya, semakin kecil impedansi speaker maka akan semakin besar daya output yang dihasilkan, tapi juga  akan semakin besar kebutuhan akan tegangan dan arus pada power amplifier dan tentu saja spek TR finalnya juga harus mengikutinya.

Karena yang paling diperhatikan dalam menyambung banyak speaker adalah impedansinya bukan inch, maka berapapun jumlah speaker total yang penting bisa memberikan impedansi yang diperlukan untuk mendapatkan daya maksimal yang diinginkan. Nah, yang dibutuhkan disini adalah soal cara merangkainya agar bisa menghasilkan impedansi yang diinginkan tersebut dari banyak speaker.

Lalu pertanyaan berikutnya adalah : ” Apakah bisa tidak terbatas jumlah speakernya, asalkan impedansi yang dibutuhkan terpenuhi berarti nggak masalah?”

Ya tentu saja masalah jika tidak seimbang dengan arus yang dikeluarkan oleh ouput power amplinya. Hal ini karena 2 buah speaker misalnya masing-masing 100 watt akan menjadi 200watt  jika di rangkai baik secara seri maupun pararel.

Rumusnya gampang yaitu satu ditambah satu sama dengan dua, jadi misalnya ada 4 speaker 100 watt maka jika dirangkai nantinya akan memiliki kekuatan dorongan daya hingga 400 watt; maka power-amplinya juga harus mampu mendorong loudspeaker sebesar daya itu(dengan perhitungan rumus). Sebagai contoh : Power dengan final sanken 2 set, tegangan 60VDC dengan arus 10 ampere akan menghasilkan daya sebesar 400 watt dengan beban speaker sebesar 4 ohm. Jadi kesimpulannya, berapapun jumlah speakernya, asalkan memiliki total daya dorong maksimal 400 watt setelah dirangkai its oke-oke wae….

Catatan : Asumsi tulisan diatas adalah jika kita tidak menggunakan trafo penyesuai impedansi(tidak kita bahas disini)

Jawaban dari pertanyaan diatas : Jumlah speaker tidak bisa asal, harus mempertimbangkan kekuatan power amplifiernya.

Mudah-mudahan bisa dipahami penjelasan yang awam ini,,, hehe

Oke, kembali kepada pokok bahasan alias to the point yaitu menyambung banyak speaker yang benar untuk sound system.

Dengan mengikuti  asumsi power ampli pada umumnya didesain untuk beban sepaker 2, 4, atau 8 ohm maka disini saya akan menggambar skema untuk kebutuhan tersebut. Dan penjelasan satu lagi : Kita bisa merangkainya secara seri, maupun pararel sesuai kebutuhan.

Cara merangkaikan 2 buah speaker :

merangkai speaker seri dan pararel untuk sound system

Keterangan : Jika masing-masing speaker 8ohm, maka jika diseri akan menjadi 16 Ohm. Dan ketika di pararel, maka akan menjadi 4ohm. Jika daya masing-masing speaker 200 watt, maka akan mampu untuk diangkat power yang memiliki kekuatan TR final hingga 200 watt.

Baca juga : Cara Membuat Box Speaker PLANAR, Skema & kelebihannya

Cara merangkaikan 4 buah loudspeaker

A : 4 LS Secara pararel

Merangkai 4 speaker untuk sound system

Keterangan gambar : Diatas adalah cara merangkai 4 buah speaker secara pararel. Jika masing-masing spekaer memiliki impedansi 8Ω, maka total hasil akan menjadi 2Ω. Namun impedansi 2Ω akan berisiko, karena TR Final akan sangat panas meskipun daya total keluaran akan menjadi lebih besar.

Cara ini bisa kamu pakai asalkan mampu menghitung kekuatan driver power yang sesuai untuk speaker 2Ω, namun speaker 2Ω umumnya digunakan untuk power class D.

B: Kombinasi seri dan pararel

Merangkai 4 speaker seri dan pararel untuk sound system

Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 buah speaker 8ohm secara kombinasi seperti gambar diatas, maka kamu akan mendapatkan  impedansi total sebesar 4ohm. Ini cukup ideal untuk power ampli pada umumnya.

Mini scoop merupakan Jenis boks salon yang cocok untuk speaker 4ohm dan power ampli berdaya besar, pelajari skema dan cara membuat boks speaker mini scoop 12″.

KHUSUS: Cara merangkai speaker double coil

Karena ada yang bertanya, maka saya update untuk speaker double coil:

Speaker double coil umumnya dibuat untuk subwoofer pada audio mobil maupun home theatre dan sebagainya. Speaker jenis ini memiliki 2 buah spul atau koil, sehingga memiliki 4 buah pin yang masing-masing bisa dirangkai sesuai dengan kebutuhan kita. Umumnya jika kita membeli jenis speaker ini, maka didalam box sudah disertakan cara merangkainya agar tidak terjadi kesalahan, namun jika kamu tidak memiliki panduan merangkainya, maka disini akan saya bagikan untuk kamu.

Biasanya sudah ada keterangan pada body speaker double coil yaitu 2/4/8 Ohm yang artinya mendukung untuk 2, 4, dan 8 Ohm, tergantung bagaimana cara kita merangkai masing-masing coilnya. Kebanyakan orang pakai 4 Ohm jika power-amplinya terbatas, karena itu yang paling optimal ketika kita berbicara tentang speaker double coil. Sekali lagi harus sesuai dengan kebutuhan, misalnya power ampli subbass kita hanya berdaya 250 watt rms dengan ketentuan impedansi speaker minimal 4 ohm, maka cukup kita gunakan hanya coil sebelah saja, dan coil yang satunya dinganggurkan atau tidak dikoneksikan/NC. Jika Power kita 500 watt dan hanya memiliki 1 speaker double coil, maka kita akan merangkai seri(gambar kedua dan ketiga pada gambar pertama) , tapi kita akan menggunakan yang 8 Ohm(gambar ke 3) apabila power ampli kita tidak mampu untuk 2 ohm.

Lihat Juga :  Desain Ukuran Boks Subwoofer Mobil 12" Dua Speaker

Namun jika power kita adalah 1000 watt rms, maka kita perlu menggunakan 2 buah speaker double coil yang setiap coilnya maksimal 250 watt.

Hanya menggunakan 1 buah speaker double coil:

Cara merangkai atau menyambung speaker double coil

Umumnya digunakan yang 4 Ohm, bisa pakai 8 Ohm jika powernya 500watt dengan asumsi percoilnya maksimal 250watt. Jangan gunakan 2 ohm jika powernya tidak mampu untuk 2 ohm.

Menggunkan 2 buah speaker double coil

cara merangkai 2 buah speaker double coil

Gambar yang pertama diatas sama dengan speaker berdaya dorong 1000 watt, jika masing-masin coil 250 watt. Untuk gambar yang kedua(1 Ohm)  tidak perlu dipakai karena mungkin masih butuh dirangkai lagi dengan beberapa double coil lagi untuk mendapatkan 4 Ohm atau 2 Ohm jika power ampli lebih dari 1000watt.

Cara merangkai jika lebih banyak speaker dan rumus-rumusnya:

Sama seperti menghitung nilai resistor jika dipararel atau seri, yaitu menggunakan rumus :

Secara seri :

Ztotal = Z1+Z2+Z3+Z4

Secara pararel

1/Ztotal = 1/Z1+1/Z2+1/Z3

Keterangan :
Ztotal = Total Impedansi speaker
Z1 = Speaker ke 1
Z2 = Speaker ke 2
Z3 = Speaker ke 3
Dalam rumus Resistor, R = Nilai hambatan sebuah resistor, namun dalam loudpeaker maka R kita ganti menjadi impedansi loudspeaker .dengan lambang Z

Misalnya 6 speaker masing-masing tertulis impedansi 8ohm100 watt, maka pertamakali kita bisa membaginya menjadi 2 blok dulu yang masing-masing berisi 3 speaker yang di seri.

Blok 1:

Ztotal = Z1+Z2+Z3

Jadi hasilnya 8ohm+8ohm +8ohm = 24ohm.

Dan 3 speaker lagi yaitu blok 2 kita rangkai secara seri sama dengan blok 1, hasilnya tentu sama yaitu menjadi 24ohm.

Blok 1 = 24ohm, blok 2 = 24ohm. Maka anggap saja sekarang kita sudah memiliki 2 loudspeaker masing-masing 24ohm. Kemudian 2 blok tadi kita rangkai menjadi seri maka :

Ztotal =  1/Z1+Z2+Z3

Jadi hasilnya dari merangkai speaker blok 1 yang masing-masing berisi 3 speaker 8ohm yang diseri : 1/24ohm+24ohm = 24ohm/2 = 12 ohm

Catatan : Dengan asumsi impedansi masing-masing loudspekaernya sama, maka impedansi 1 speaker dibagi dengan jumlah speaker.

Namun masih ada pertanyaan lagi : “Kok hasilnya 12 ohm?”, apakah itu nggak apa-apa?…. Nggak apa-apa, namun hasilnya mungkin tidak akan maksimal sesuai dengan kekuatan daya yang diinginkan. Jadi, 6 loudspeaker tersebut akan kita bagi menjadi 3 blok, masing-masing blok berisi 2 speaker yang dirangkai seri. Diketahui 1 blog memiliki total impedansi 16ohm, maka 16/3blok = sekitar 5ohm. Jadi impedansi total dari keseluruhan speaker adalah sekiar 5ohm. Nah=, kalau 5ohm artinya sudah cukup bagus untuk digunakan dan aman bagi power amplifier.

Ohya, total daya cukup dikalikan total jumlah speaker, 200wattx6 speaker = 1200 watt. Karena jumlah speakernya terbilang cukup banyak, maka wattnya pun akan menjadi banyak juga sesuai dengan watt masing-masing speaker, artinya final power ampli dan daya trafonya harus memiliki kekuatan sebesar itu agar dapat memberikan hasil yang sesuai.

Lalu bagaimana jika ternyata saya memiliki speaker  yang tiap bijinya memiliki impedansi yang berbeda?

Kita bisa menggunakan cara seri kombinasi pararel atau pararel+pararel. Kelompokkan saja spiker yang memiliki impedansi yang sama. Contoh kita memiliki 3 buah speaker, yang satu biji ternyata 4 ohm, dan yang 2 biji memiliki impedansi masing-masing 8ohm. Maka, yang 2 biji 8ohm tersebut kita pararel maka hasilnya menjadi 4 ohm, kemudian akan kita pararelkan dengan 1 biji yang 4ohm tadi, maka total kita akan memiliki impedansi 2 ohm.

Karena kita tidak memiliki power yang cukup mumpuni untuk mengangkat speaker 2 ohm, maka sebuah speaker yang 4ohm tadi kita rangkai seri dengan 2 buah speaker 8ohm yang kita pararelkan maka hasilnya akan menjadi 8ohm. Tapi ini akan menjadi kurang ideal, karena hasilnya tidak akan seimbang dengan keluaran power.

Jadi disini kita akan menarik kesimpulan sebagai jawabannya: bahwa menghitung speaker dan resistor itu tidak sama , karena disini kita juga melibatkan kekuatan dari power amplinya juga. Maka dari itu, sebaiknya menggabungkan speaker secara terukur dengan menggunakan jumlah dan impedansi speaker yang seimbang. Artinya jika menggunakan 4 buah speaker, maka semuanya harus memiliki impedansi dan watt yang sama agar lebih mudah juga dalam menghitungnya.

Lalu apa tujuan dari menggunakan loudspeaker lebih dari 1 untuk 1 unit power?…

Yang jelas, lebih banyak speaker maka akan semakin besar kemampuan dayanya. Artinya dapat dipakai untuk beban power ampli yang lebih besar demi menghasilkan sound yang lebih mantab menggelegar namun tetap aman dari kerusakan yang tidak diharapkan, baik itu kerusakan power dan speaker itu sendiri.

TIPS:

Meskipun loudspeaker akan tetap berbunyi walaupun kutubnya terbalik , namun suara yang dihasilkan tidak akan sempurna. Hal ini yang dikatakan phase kebalik, yang ditandai dengan jeduknya speaker akan menendang kedalam, normalnya keluar. Lalu cara untuk mengetahui kebalik atau tidak bagaimana?….

  • Biasanya speaker sudah ada tanda dikutubnya yaitu negatif atau positif, namun jika loudspeaker sudah berada didalam box maka cara termudahnya badalah menggunakan batu baterai 1,5 – 3 volt. Caranya, alirkan strum baterai ke kutub/pin speaker, apabila daun speaker terdorong keluar maka itu sudah betul; mengenai mengetahui mana positif negatifnya mengacu pada kutubnya baterai. Atau kamu juga bisa membeli alatnya untuk mengetahui phase loudspeaker.
  • Untuk menghindari kerusakan, gunakan impedansi 4 atau 8 ohm sesuai dengan kebutuhan daya dan power ampli. Untuk impedansi 2 ohm tidak disarankan apabila kamu belum mengerti betul tentang spesifikasi dan class power ampli yang digunakan sebagai pendorongnya. Bagaimana jika lebih dari 8 ohm?…. semakin besar impedansi, maka potensi daya yang dihasilkan power akan semakin kecil. Tak hanya itu, jika terlalu besar justru bisa menyebabkan power ampli kepanasan dan bisa merusak TR final bahkan banyak komponen yang lainnya.

Demikian cara-cara merangkai banyak speaker untuk sound system, baik seri maupun pararel. Semoga bermanfaat!

Advertisement

65 thoughts on “Cara Menyambung Banyak Speaker yang Benar pada Audio Sound System

    1. Supri Post author

      Kalau b1 power, bagi saya pakai 3 buah nanggung, mending genap kalau nggak 4 ya 2 buah saja. Supaya gampang ngebaginya.

      Kalau misalnya pakai 3 buah, ngebaginya gini: yang 12 inch x2 dipakai mid low, dan yang 1 biji 15 inch dipakai sub. Powernya tentu saja sendiri-sendiri. Hanya saran….

      Reply
  1. hombink

    slmt sore mas,saya mo tanya,,saya py power peavey ps3000 dan mixer yamaha mg16xu dan speaker ark 15” x 2bh serta speaker spider 13” x 2 bh,
    yg ingin saya tanya boleh kah saya pakai ke 4 speaker tsb? yg mana speknya tidak sama..dan apa resikonya? terimakasih banyak sebelumnya…

    Reply
    1. Supri Post author

      Bisa saja asal bisa menghitung impedansinya…apabila powernya mendukung speaker 8 Ohm, maka keempat speaker itu harusnya akan tetap sebesar 8 ohm. Jika powernya 1000 watt, maka total ke 4 speaker itu setidaknya 1000 watt… Namun ketika total speaker itu 2000watt, maka powernya tidak akan maksimal….. Mengenai aman tidaknya, tetap aman selama impedansi seaker totalnya sesuai dengan yang disarankan oleh powernya

      Reply
  2. TG'S

    saya punya power kecil’lan. saya menggunakan speker main di 2ohm. 10″x3 & 6’x4 SUB semua. saya menggunakan final sanken 4 set. trafo saya pake 10A besar. memang final cepat panas tpi suara sangat bagus lantang & glerr. saya memakai kipas pararel 3 di pendingin. smua aman” saja di pake acara takbiran,musaffar, akekahan.. acara kecil’lan lahhh….. salam gleerrrrr.. TG’S.

    Reply
  3. winanto

    slm mlm. bagaimana cara menyambung speaker double coil yg di pasang berhadapan pada polytron bigbazz active subwoofer system type PSW 500

    Reply
    1. Supri Post author

      biasanya double coil itu masing-masing coilnya 4 0hm, kalau butuh 2 ohm maka bisa dipararel, kalau perlu 8 ohm maka bisa diseri, kalau perlu 4 ohm maka hanya digunakan 1 coil saja. Kalau dua biji speaker double coil msalnya, apabila butuh 4 ohm maka kedua buah speaker di pararel kemudian diserikan. Kalau butuh 8 ohm, maka masing2 speakr hanya dipakai coil sebelahnya saja masing2 dan di serikan….

      Lihat saja speknya berapa ohm percoilnya

      Reply
  4. Wayan Suarjaya

    Gan saya mau rakit sound system Murah meriah.

    rencana:
    1. Power Mixer https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/9x6i1p-jual-amplifier-targa-bn-302-power-mixer-karaoke-bn302

    2. mau saya pasang 10 biji speaker pasif 8 ohm ukuran 5inch

    bagaimana proses perakitan speaker nya? apa bisa sperti itu? atau harus 8 biji spekaernya?

    Reply
    1. Supri Post author

      kombinasi seri dan pararel.

      10 speker msg2 dipararel akan menjadi 5 blok speker dengan 4ohm perblok. kemudian tiap blok kita pararel lagi ; hasilnya akan menjadi 2 blok speker dengan impedens 2 ohm, maka akan sisa 1 blok speker 4 ohm. Nah lalu kita pararelkan saja antara blok utama dan blopk sisa yg berisi 2 spekaer 8 ohm yg sdh dipararel jadi 4ohm; maka hasil akhirnya adalah 6 ohm.

      impedens 6 ohm sudah cukup bagus dan aman…. tinggal kita hitung saja berapa daya power amplinya?…

      Jika 1 speaker berdaya maks 50 watt maka dikalikan 10 speaker maka total daya maksimal speakr 500 wat; jadi power amplinya harus berdaya 500watt supaya bisa menghasilan audio yang baik..

      Reply
  5. DWI

    Salam. Mau tanya, saya pengin membuat studio musik minimalis. Rencana saya tidak menggunakan speaker, tapi hanya menggunakan mixer dan 7 buah headphones. Bagaimana cara membuat agar output mixer bisa dipasang dengan 7 buah headphones? Apakah perlu AMP/ Splitter? Seperti apa rangkaian nya. Mohon bisa membalas ke email saya dwisetya05@gmail.com

    Reply
    1. Supri Post author

      Ya perlu pakai headphone distribution, ada juga yg 8 channel alias bisa untuk 8 headphones yg memang biasa dipakai utk studio..

      Kalau skema rangkaian saya gak punya, tapi kalau mau merakit sendiri kayaknya bisa saja. Yg diperlukan mungkin hanya mini power amplifier 3-5 watt 12V sebagai penguat. Kalau butuh 7 channel/headphones, ya power ampli nya butuh 7 buah juga. atau kalau mau irit juga 1 power ampli mini untuk 2 headphone yg dipararel. Penataannya ya bisa dikreasikan sendiri sajalah…. bisa pakai box apa saja yg penting bisa untuk penempatan 7 jek dan 7 potensio 😀

      Reply
  6. mariatno

    Salam gan, power saya 10 ampr rakitan, lespeker saya 2 box, setiap 1 box berisi 4 buah lespeker 12″ 8ohm smua ,jd gan yg 1 box lg trdpt 12″ 500watt 2biji n 100wat 2, cara mrakitny gimana gan supaya suaranya enak,soalnya yg 1box lg udah enak suaranya,sy seri paralel gan, jd skrg rencanya sy pakek smuanya 8 lespeker 2 box, mhn pencerahanya gan,atau cantumkn nope gan yg bs di hub.

    Reply
    1. Supri Post author

      yang box sebelah : 4 buah speaker 8ohm, dipararel semua maka akan menjadi 2 ohm.
      yang box sebelah juga sama, yaitu akan mendapatkan 2 Ohm.

      Kemudian output dari 2 buah box speaker tadi di seri maka akan menjadi 4 ohm.

      Mengenai watt, tinggal dijumlahkan saja dari masing2 speaker yang ada yg sejumlah 8 biji. jika hasinya watt total 1000 watt, maka power harus mempunyai kemampuan segitu. Tapi kalau trafo sampean 10A, maka power kemungkinan besar nggak akan kuat ngangkat speaker total 1000watt.

      Saran saya: masing2 box speaker i hidupkan oleh 1 power ampli, jadi kalau 2 box sampean harus siap punya 2 buah power ampli atau stereo

      Reply
  7. Mahyan

    Salam sy mau nanya gan.. sy ada beli power baru.. apakah bisa input power yg baru kita hubungkan langsung dari out put speaker yang lama?

    Reply
    1. Supri Post author

      Maksudnya output power ke speker dimasukkan ke input power?
      Ya tidak bisa lah mas,,,, suaranya ya jadi nggak karu2an karena over input. Lagian cara seperti itu nggak efektif….. Yang bener itu, power yg lama di lepas diganti dg power yang baru…

      Atau bisda juga input dari power yang lama di digabungkan ke input power yg baru, sementara power yang lama tetap diberi loud speakr sendiri2 sehingga semua power berfungsi semua === istilahnya dibuatkan line out ke power yang baru

      Reply
  8. yados

    Bang kalo ampli dg power blazer 500w 2x apa ngangkat utk speaker 4bj masing2 300watt, dan cara pasang speakernya gimana yg 2 dobel coil yg 2lg tdk

    Reply
    1. Supri Post author

      Kurang jelas tanyanya. power blazer itu berapa set finalnya dan apa typenya dan trafonya pakai berapa Ampere?. Terus 4 biji speaker itu apakah untuk stereo kiri kanan masing2 dua buah speaker atau bagaimana?.

      Idealnya: jika powernya setreo, maka masing2 power chanel harusnya pakai final minimal 3 set sanken dan total semuanya(stereo) 6 set(itu minimal) dan trafonya 20Ampere.

      kalau double coil itu sepertinya sama saja karena masing2 coil digunakan untuk mengatur impedansi, mau 2 – 8 ohm bisa disetting. Cobalah lihat buku pedoman instalasi double coil yg disertakan, ingat jangan salah sambung…

      Reply
  9. mangdang lampungbarat

    mas. 4 speaker masing masing 8 ohm/200watt bila di seri paralelkan itu hasilnya akan tetap 8 ohm.
    hanya saja wattnya menjadi 200×4=800 watt.

    s1 + s2 = 16
    s3 + s4 = 16

    16 x 16 = 256
    16 + 16 = 32

    jadi 256 : 32 = 8 ohm.
    —————————————————————
    bukan 4 ohm…..itu sih kata rumus ohm.
    —————————————————————-

    Reply
  10. kris

    Mas slm knal, sya pnya speaker 8 ohm 3, yg 12″ ×1 dan yg 10″ ×2,dan saya pnya power 400 watt stereo, saya ksih elco 10.000uf 50volt travo 5 A CT 32 tpi saya ksih CT 25 bner ap slah, mhon infonya

    Reply
    1. Supri Post author

      Yg jadi pertanyaan speakernya total berapa watt?… misalnya 1 speaker 60 watt, jika ada 6 speaker maka 60×6 = 360 watt. Artinya butuh power ampli output 360 watt juga. Kalau trafonya 5 amper, itu masih kurang… misalnya ini akan cocok dg trafo 10 amppere dg driver class a/b final 3 set sanken

      Reply
  11. gunawan

    Salam kenal para master,saya mau tau rumus untuk speaker saya…
    Saya punya power dengan daya 2200 watt/chanel di 4 ohm untuk speaker yang saya pakai ada 4 box ,per boxnya berisi 15″x2 dan sebuah tweeter dengan kebutuhan daya 400 watt di 4 ohm ,dikarenakan output power cuma 2 chanel pertanyaannya jika 1 chanel output power di split ke dua buah box speaker berapa tahanan (ohm) yang berlaku pada keadaan tersebut ? Dan apakah hal itu bisa dibenarjan dan cukup aman bila digunakan pada pemakaian jangka waktu yang panjang ?
    Terima kasih sebelumnya
    Salam…

    Reply
    1. Supri Post author

      Bisa saja, asal total semua speaker jika dirangkai hasilnya menjadi 4 – 8 ohm relatif aman – asalkan spesifikasi daya power mencukupi untuk watt dari total speaker dalam 1 box yg dirangkai.

      Reply
  12. Kevin BK

    Salam kenal mas, Mau nanya… Boleh ga speaker aktif disambungkan ke Ampli. Klo bisa tlg ksh panduan caranya ya. Soalnya speaker aktif klo buat karaoke hasil Microsoft jelek, gada echonya. 😀

    Reply
    1. Supri Post author

      Nggak bisa dong,,,,

      Bisa sih bisa, tapi eman-eman karena harus memutus jalur spekare ke mesin speker aktif, jadi hanya mengambil jalur speaker nya saj.

      Kalau masalah echo, kan bisa ditambahkan perangkat echonya saja diluar; atau ditambahkan dari dalam(butuh keahlian ngoprek) kalau tak bisa minta tolong tukang servis aja…

      Reply
  13. Fajar

    Gan tolong bantu, saya mau pasang 4 speaker, 1 speaker 50 w 8 ohm. Kira2 agan punya rekomendasi ampli yang suport ga ? saya amatir bgt buat dipasang dirumah.

    Reply
    1. Supri Post author

      4 sepeaker x 50w = 200watt. Amplinya harus bisa ngangkat speaker 400 watt. Power OCL 150 watt + final sanken 2 set dengan trafo 5A besar 32V – 42V sudah cukup bagus.

      Reply
  14. Kasoer

    Salam Kenal Suhu2 semua,,, mau Tanya saya power peavey cs 800 600w X 2, apakah dipasang 32 speaker 8 ohm 6 ” ? kalau bias bagaimana pemasangannya apakah parallel atau seri ?

    Reply
  15. Tuama

    Saya sangat Tertarik dgn Tulisan ini.
    Maaf, jika pertanyaan saya agak Panjang. Saya ingin buat Sound System kecil dgn Spek sbb:
    1. Utk power Ampli dgn Kit Power JBL+TR Final 2500watt Stereo/2 Kit, jika speaker 2 x 18″ 1000watt & 4 x 15″ 500watt, 8ohmsemuanya, gimana rangkaian speakernya??
    2. 2 Kit Power diatas jika Travonya diganti dgn SMPS Switching Power Suply, Maksimal berapakah, Ampere Dan Voltasenya ?
    3. Terimakasih sebelumnya

    Reply
    1. Supri Post author

      1.)Kalau menurut saya :
      1 biji speaker 18″ dikombinasi dengan 2 biji speaker 15″ dipararel semua hasilnya harus 6 Ohm. Kalau ingin 4 ohm, maka yang 2 biji 15″ harus 4ohm di seri, lalu dipararel dg yg 16″ baru hasilnya bisa 8 ohm. ==> ini utk power chanel 1 yg berkekuatan 2000watt.

      Kemudian sisa speaker 1 biji 18″ dan 2 biji 15″ untuk power channel 2 , 2000watt juga

      2.) Kalau masalah supply, tegangan nurut sama kitnya saja kalau mampu 90volt ya gakpapa. Arus 30A – 40A per-channel sudah cukup baik.

      Reply
  16. Syam

    Permisi gan, sya ingin memasang banyak tweeter di dalam satu ruangan kira2 bnyk twiter 20 buah. Baiknya Rangkaian apa yg harus digunakan ?

    *tweeter yg akan di pasang audax AX61

    Terima kasih.

    Reply
    1. Supri Post author

      Pakai matching trafo supaya amplinya nggak kebakar dan pakai condensator non-polar sebagai filter freqwensi rendah supaya twitter nggak jebol

      Reply
    1. Supri Post author

      Sekarang pertanyaannya masing2 berapa Ohm?.. kalau semuanya 8 ohm lalu dipararel semua, nggak akan sesuai(asumsi ampifier class a/b bekerja baik di 4-8ohm). Kalau yang 15″ 4 ohm, dan yg 12″ 4ohm, yang 12″ diseri kemudian dipararel dengan yg 15″ hasilnya sama dengan 4ohm – ini baru bisa.

      Reply
  17. aziz newbi

    Misi gan ane mau tambah speaker satelit 2 buah dan speaker woofer, bisa gak ya gan..apakah di seri atau paralel ? ( keterangan bekas speaker aktif udah mati mau di tambahin ke speaker aktif yg baru jadi 4 satelit 2 woofer ) mohon pencerahan nya.mksh.
    ..

    Reply
    1. Supri Post author

      speaker satelit dipararel aja nggak perlu dihitung dengan woofer, soalnya itu masih harus pakai condensor nonpolar

      Reply
  18. JustBery

    Permisi Gan.. Mau tanya..
    Saya ada 2 Box speaker pasif (Home)
    Pada masing2 Box terdapat keterangan
    * 3 WAY 3 speaker system
    * Maximum Input power 60W
    * Impedance 6 ohm
    Mohon info spesifikasi power ampli yg pas untuk dipasang di DC 12V.

    Oh iya, tulisannya bagus gan, bahasanya mudah di cerna, terutama untuk orang awam seperti saya.
    Terima kasih.. 🙏

    Reply
    1. Supri Post author

      3 way 3 speaker berarti ada 3 unit speaker, 1 woofer, 1 tweeter, dan 1 mid. Nggk usah fokus disitu, fokus aja pada spesifikasi inputnya yaitu maksimal 60w power dan 6 ohm. Jadi amplifier yang cocok tentu yang support 60watt dan bisa untuk 6 ohm. Jadi berapapun voltase amplifiernya entah itu 12 volt atau 32 volt asalkan outputnya maksimal 60 watt akan bekerja dengan baik & aman. Tapi Kalau kit amplifier 12V/60watt saya kurang tahu

      Reply
  19. hendra

    Mas saya mau tanya ni, saya kan baru beli loudspeaker polytron XBR,terus kan saya punya juga loudspeaker yg gk ber amplifer, jdi saya mau sambung kan sama loudspeaker polytron tdi, bahaya gk mas buat loudspeaker polytron nya

    Reply
    1. Supri Post author

      Jangan, soalnya nanti bisa nggak cocok dengan power amplinya, bisa bahaya juga dg amplinya…

      Reply
  20. m. iqbal

    ingin memastikan yang ini pak :

    B: Kombinasi seri dan pararel

    Merangkai 4 speaker seri dan pararel untuk sound system

    Keterangan gambar : Jika memakai cara merangkai 4 buah speaker 8ohm secara kombinasi seperti gambar diatas, maka kamu akan mendapatkan impedansi total sebesar 4ohm. Ini cukup ideal untuk power ampli pada umumnya.

    apakah betul bagini
    2 speaker 8ohm diseri jadi 16ohm, terus di parallel dengan 2 speaker 8ohm parallel (=16ohm), bukanya jadi 8ohm pak?
    saya masih dalam tahap belajar, jadi bingung dengan tutorial itu

    terima kasih

    Reply
  21. gunawan

    halo pak saya ingin bertanya….
    saya punya 8 buah speaker jbl 500 watt 8 ohm , dan 4 buah twiter 300 watt 8 ohm …
    saya ingin membuat box speaker yang masing masing berisi 2×15″ + 1 twiter ….
    untuk power yg saya gunakan mampu bermain di 2 ohm 3000 watt per chanel…
    pertanyaanya apakah bisa 1 chanel power saya bisa displit ke 2 buah box speaker tsb
    jika betul 1 chanel poweramp yang saya split ke dua buah box speaker tsb adalah sebesar 2 ohm..?
    jika salah mohon petunjuknya perhitungannya yang benar

    Reply
  22. Lukman

    mau tanya pak,,
    saya punya ampli 150w trafo 5a dan sepasang tr final tip3055-2955..kalo buat spiker 6″x4 impend 8ohm terus dirangkai seri-paralel, apa saja yang masih kurang agar suaranya ideal pak?

    terima kasih sebelumnya😊

    Reply
    1. Supri Post author

      sekarang berapa watt masing2 speakernya?… kalau pakai 3055/2955 dan trafo 5a, maka asumsi output maksimal sekitar 100watt jika main di 8 ohm(4 pcs speaker 8ohm yg diseri pararel hasilnya akan 8 ohm). Maka masing-masing watt speaker jangan lebih dari 30watt agar suaranya ideal

      Reply
  23. Lukman

    mau tanya pak..
    saya punya power ampli 150watt , trafo 5a dan sepasang tr final tip3055-2955..rencananya saya akan kasih spiker 6″x4 60watt imped 8ohm rangkai seri-paralel..agar suaranya maksimal, apa saja yang masih kurang pak?(pemula)

    terima kasih sebelumnya.

    Reply
    1. Supri Post author

      4 speaker @60watt kalau dipakai semua seri pararel akan menjadi total 240 watt. Kalau menurut saya, perlu ditambah finalnya 1 set lagi dengan trafo sekurangnya 5a besar, lebih optimal 10 ampere trafonya

      Reply
  24. dyaz agung

    pak saya mau tanya..
    saya punya speaker 15″ 500 watt 8 ohm 4 biji..nah power ampli 1500 watt..
    terus gimana cara menyambung speakernya..di paralel kah atau di seri supaya aman..
    terima kasih

    Reply
    1. Supri Post author

      gabungan seri pararel. masing-masing yang 2 sp di seri, lalu dipararel hasilnya = 8 ohm juga. saya kira aman. Jangan dipararel semua atau diseri semua, bisa ba.ha.ya

      Reply
  25. ronny

    bagaimana merangkai 2buah power atau lebih

    ex : Mixer _ equaliser _ power 1 _ power 2 _ speaker 1 _ speaker 2

    Reply
    1. Supri Post author

      Audio player => equalizer => mixer => crossover 2 way => power 1 dan 2 => speaker 1 sub-bass dan 2 mid-hi

      Kalau nggak ada crossover, output mixer masuk power 1 dan 2 Tergantung peralatan yng ada dan kebutuhan

      Reply
  26. andhii mahesa

    maaf mas sya mau nanya…saya punya power 1 dgn travo 20a 45vct dg kit power 8transistor tr final sanken sbnyak 8set…untuk 18″x2 merk katel yg 650watt klo gk salh @8ohm…nahh saya merangkainya secara paralel,tp kok engga tahan lama y mas…sllu kitt power jebol dan akhirnya speker ikt gosong….mohon pencerahannya mas….mksh

    Reply
    1. Supri Post author

      Jangan bilang “kalau nggak salah”, semua harus pasti. Cek lagi speakernya. Power berdaya tinggi(ampere besar) kalau nggak bener settingnya juga rentan terbakar(misalnya setting DC 0ffset dan Bias – termasuk tegangannya), jadi belum tentu juga karena speaker. Banyak faktor

      Reply
  27. Sukardi

    Assalamualaikum suhu…

    mohon pencerahan disambung bagaimana alat2 dibawah ini. soalnya saya hanya beli tidak tau spek spek.
    Power Amplifier TEAC A-R650MKII, Spesifikasi tertulis di belakang output 4-16 ohm. Ada 4 chanel ( 2kali speaker A_R-L ) dan 2kali Speaker B_R-L juga.

    Speaker saya adalah type ceiling Speaker Bose DS-40F
    40 W ( 160 W peak )
    Impedansi Pilihan 8ohm
    Jumlah 2 set

    Bose DS-16F
    16 W (64 W Peak )
    Impedansi Pilihan 8ohm
    Jumlah 2 set

    mohon instruksi penyambungan

    Terimakasih

    Reply
    1. Supri Post author

      Berarti powernya mendukung 2 chanel stereo, atau orang2 menyebutnya double stereo. Dengan output mendukung 4-16 ohm. Dan spekaer anda 8ohm artinya masuk kedalam range, jadi tingggal disambungkan saja; jika 1 biji artinya 8ohm, jika 2 biji speaker per-chanel bisa diseri(16ohm) atau dipararel(4ohm) oke-oke saja.

      Bose DS-40F watt maksimal(peak) 160W
      Bose DF-16F watt maksimal(peak) 64W
      —————————————- Pertanyaannya berapa watt maksimal (peak) powernya?
      JIka powernya 400watt misalnya maka speakernya jika pakai Bose DS-40F harus 2 buah seri/pararel. Jika speakernya Bose DS-16F, kira-kira butuh 6 set speaker yang dirangkai seri/pararel kombinasi untuk mendapatkan total impedans di range 4-16ohm.

      Reply
  28. cocow

    Selamat malam master…. Saya may Tanya apa bisa output ampli Dr spiker aktif masuk ke input power 400watt. Dengan tr finalx 2 set sanken apa pengaruhnya sama spiker baik / buruk (2x4ohm pararel/ boxnya). Terus apa mampu hanya dengan track 5A trimakasih mohon pencerahannya

    Reply
    1. Supri Post author

      Output dari ampli? kalau output yg ke speaker ya nggak bisa. Harus dibuat jalur line out yg mengambil dari output ACC / control dari rangkaian speaker aktif(dibongkAR) biasanya diambil dari kaki tengah potensio volume trus kasih resistor 47K => jek output menuju power, jika dARI pabrik tidak dikasih line out. itu solusinya.

      2x4ohm pararel hasilnya total akan menjadi 2 ohm. Kalau powernya class a, b, atau a/b bisa buruk/panas finalnya bahkan bisa terbakar nggak ada baiknya. Sebaiknya dipararel saja untuk mendapatkan 8ohm biar aman.

      Trafo 5 amper sangat ngepres jika 2 set sanken, nggak akan dapat daya yg diinginkan alias mubazier- kalau 5A mending 1 set saja. Ideal minimal 10A menurut pengalaman saya.

      Reply
  29. maman

    mas mau nanya saya punya kit ampli streo yang input nya 18volt, dan saya pake speaker 8 inch 150 watt 1 biji, kenapa ya speaker nya ko gak kuat alias mau jebol gitu, yang saya bingungkan saya harus pake speaker berapa watt, soal nya sy jg gak tau amplinya berapa watt,,

    Reply
    1. Supri Post author

      Ini sulit njawabnya karena kurang lengkap keterangannya. Speaker mau jebol itu seperti apa ya?… hehe. Setahu saya, speaker itu kalau mau jebol ya jebol saja, nggak ada tanda-tandanya sebelumnya. Dan speaker yg “nggak kuat” yg dimaksud itu seperti apa?… Kalau suara nggembret, belum tentu speakernya yg nggak kuat – bisa jadi powernya yang nggak kuat. Kalau getaran daun sepeakernya terlalu kuat, itu kemungkinan watt powernya terlalu besar atau kualitas daun speaker yang terlalu lembek. Pertanyaanya berapa amper trafo dan berapa atau apa final yg dipakai???….harus tahu berapa watt amplinya. Lalu apa merk speakernya???…

      Reply
  30. maman

    hehe .lg belajar,
    trafo 5A trus final 4biji merk hanaya 2sc3281, speaker nya merk elsound 8inch 150watt, untuk ampli nya watt nya saya kurang tau, sy beli kit ampli tanpa tertera watt nya,
    untk daya yg masuk amlpi 18 volt,
    iya getaran daun speaker nya yg trllu kuat,
    trus sy harus pake speaker apa ya bagus nya

    Reply
    1. Supri Post author

      Saya anggap saja outputnya 150watt. Ya itu speakernya sudah cukup wattnya.
      Getaran speaker yang terlalu kuat itu biasanya pengaruh dari kualitas speaker, tapi saya nggak pernah pakai elsound. Tapi asalkan nggak ada masalah pada audio / suara amplinya terdengar oke-oke saja, nggak masalah sih…Mungkin kalau pakai 10 inch bisa lebih baik suaranya. Masalah merek, pilih yang kualitas standard (seperti helm pakai yg standard) misalnya merk A*R, sudah sangat oke… Standard lebih murah ada merk C*RVE , agak mendingan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *