Panduan Dasar Audio Mobil Untuk Pemula, Tips, dan Cara Instalasinya

Wow baru beli mobil ya? tentunya bahagia dan bangga dong, sesuatu yang diidamkan oleh banyak keluarga. Ya mobil adalah alat transportasi, tapi nyatanya jauh melampau itu bahkan banyak yang bilang mobil adalah rumah kedua. Setuju atau tak setuju ya setuju sajalah atas pendapat itu soalnya banyak yang beranggapan bahwa mobil tanpa musik tak lengkap. Omong omong, apakah Anda puas dengan sistem audio di mobil Anda? Apakah Anda ingin lebih daripada stereo car bawaan mobil Anda? Nah, jika Anda merasa belum puas, maka anda mungkin perlu untuk upgrade sistem audio mobil Anda. Tapi alangkah baiknya jika Anda sedikit memahami apa saja sih sistem audio mobil itu, dan yang bagus itu bagaimana meskipun Anda hanya tinggal pergi ke ahlinya dan terima beres.

Panduan Audio Mobil Untuk Pemula

Bagaimana sih audio mobil yang bagus itu? ini masalah persepsi dan selera, setiap orang tentu berbeda beda. Nah untuk Anda sendiri, cobalah duduk didalam mobil Anda, putar musik kesayangan Anda. Sekarang keraskan volumenya. Coba treeblenya di tambah, apakah Anda sudah mendegarkan suara treeble dengan baik? jika belum kaka Anda perlu meng-upgrade audio. Demikian pula dengan bass. Tapi sebelum Anda benar-benar mengupgrade sistem audio mobil Anda, alangkah baiknya Anda memahami kira-kira apa saja yang perlu untuk ditingkatkan.

Speaker

Tidak ada cara yang benar atau salah tentang audio mobil, dan hal terbaik untuk audio bawaan adalah mengganti komponen apa pun akan menghasilkan setidaknya peningkatan kecil.

Jika Anda bekerja memiliki dana yang terbatas, jangan khawatir karena Anda masih bisa melakukan beberapa hal meningkatkan kualitas audio Anda. Anda bahkan bisa mengganti komponen audio satu per satu, sesuai dengan ketersediaan anggaran Anda –  dan Anda pada akhirnya memiliki sound sistem mobil yang sepenuhnya custom.

Jika Anda memilih untuk mencicil penambaahn komponen, maka ide yang bagus adalah untuk merencanakan tentang apa yang Anda inginkan untuk audio Anda. Dengan perencanaan yang benar maka pada akhirnya Anda akan memiliki semuanya dan audio akan bekerja dengan sangat baik.

Satu peningkatan yang baik bagi pemula yang memperhitungkan anggaran adalah untuk memulai nya dengan mengganti speaker. Speaker pabrik biasanya cukup lemah atau kurang maksimal, sehingga Anda mungkin akan memperoleh peningkatan audio yang cukup besar hanya dengan mengganti speaker depan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengganti dengan speaker baru, hal yang baik adalah memastikan apakah speaker baru akan cocok dengan head unit yang ada . Dan jika Anda punya rencana untuk mengupgrade head unit di masa mendatang, maka Anda juga harus mempertimbangkannya.

Mengupgrade Sistem Audio

Setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang audio mobil, dan beberapa orang menyukai head unit bawaan pabrik. Jika Anda mobil Anda sudah dilengkapi dengan model head unit yang terintegrasi, sehingga sangat sulit untuk menggantinya maka ada beberapa cara untuk meningkatkan suara tanpa mengganti head unit bawaan.

  • Langkah pertama adalah mengganti speaker pabrikan Anda dengan speaker premium berkualitas. Speaker berkualitas terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, sehingga akan terdengar lebih baik dan bertahan lebih lama daripada speaker bawaan pabrik. Mengganti speaker saja biasanya akan menghasilkan peningkatan suara yang besar.
  • Kedua. Jika Anda ingin meningkatkan level sistem audio Anda, maka Anda mungkin bisa mempertimbangkan menambahkan power amplifier. Kebanyakan amplifier menggunakan line input, tetapi jika head unit bawaan tidak dilengkapi dengan line output ke amplifier, maka Anda tidak bisa menggunakan amplifier kecuali mengganti Head unit bawaan dengan head unit custom yg memiliki line output ke amplifier maupun subwoofer.
  • Ketiga. Pada saat Anda bisa menambahkan satu atau lebih amplifier, Anda juga memiliki pilihan untuk menambahkan subwoofer. Subwoofer akan memberikan suara bass yang lebih kaya, tetapi Anda juga bisa menambahkan audio prosesor untuk meningkatkan suara ke semua speaker Anda.

Head unit

Jika tidak puas dengan stereo bawaan mobil Anda, maka Anda mungkin ingin menggantinya dengan yang lebih bersih. Itu bagus, tetapi dipasaran tersedia banyak pilihan yang bisa membingungkan. Jika Anda ingin membangun sistem audio dari bawah ke atas, maka Anda bisa memulainya dengan head unit.

Anda mungkin ingin memiliki head unit yang mampu memberi daya penuh pada speaker. Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan head unit yang memiliki line output sehingga bisa menggunakan amplifier yang mampu memberikan tendangan penuh pada speaker Anda.

Ada banyak pilihan ketika Anda membangun sistem stereo mobil dari bawah ke atas, sehingga biasanya banyak pemula yang menghindari perubahan drastis semacam itu.

Jika Anda benar-benar ingin total, maka Anda mungkin bisa memulainya dengan mempertimbangkan jenis fitur yang Anda inginkan dari unit stereo mobil Anda, yang dapat membantu Anda untuk menemukan head unit yang sempurna. Anda mungkin juga ingin menggunakan speaker split/full range atau coaxial. Atau Anda ingin menambahkan sub-woofer, semua bisa dipertimbangkan dari awal.

Lihat Juga :  8 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Power Amplifier Audio Mobil

Menambahkan power amplifier dan subwoofer

Jika ingin lebih sederhana Anda bisa menambahkan Subwoofer saja, tetapi jika Anda ingin menambahkan amplifier dan subwoofer maka akan memberikan Anda lebih banyak fleksibilitas. Disisi lain menambahkan subwoofer adalah cara terbaik untuk mendapatkan tendangan bass yang lebih megah.

Menambahkan power amplifier plus speaker yang lebih besar sudah cukup untuk meningkatkan tenaga audio Anda, dan Anda bisa menambahkan subwoofer dan amplifier kemudian jika menginginkan bass yang lebih megah lagi.

Baca juga : 8 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Power Amplifier Audio Mobil

Lakukan instalasi yang benar

Mungkin suatu saat Anda ingin menjual mobil Anda kembali, namun tidak beserta sistem audio mobil Anda maka Anda harus melakukan langkah pengerjaan instalasi yang benar. Untuk itu Anda membutuhkan kabel harnes yang sudah dirancang untuk mobil Anda, sehingga Anda tidak perlu memotong kabel apapun di sistem audio bawaan mobil Anda.

Untuk keamanan kabel-kabel harus diinstal dengan rapih. Pakailah kabel yang untuk tegangan/baterai yang berukuran 4WG, kabel speaker 12-18WG, dan untuk kabel input/output tentunya harus menggunakan kabel RCA yang memiliki peredaman nois yang baik. Tips jauhkan kabel RCA ini dari kabel speaker dan kabel baterai, selanjutnya pasang gorund dengan benar.

Dasar audio mobil dan instalasinya

Komponen yang dibutuhkan untuk membangun stereo mobil lengkap

Head unit

Head unit tentu Anda sudah mengerti, adalah pemutar musik yang melekat di dashboard. Pastikan head unit mendukung untuk line out Rear L/R dan Front L/R, serta subwoofer output. Mendukung fitur tertentu terkadang juga dibutuhkan seperti mendukung ipad, USB, atau bluethoot. Head unit ada dua model yaitu single din(kecil) dan double din(lebar), sesuaikan dengan dudukan sasis pada dasboard.

Speaker

Speaker ada banyak jenis, jika untuk audio lengkap Anda mungkin membutuhkan speaker split/coaxial, dan speaker subwoofer. Penting untuk diketahui bahwa speaker yang Anda beli harus memiliki power handling yang sesuai dengan power amplifiernya.  Speaker subwoofer biasanya lebih besar(8-12inch) dan lebih berat serta memiliki power handling yang besar. Untuk subwoofer, amplifier yang disarankan adalah jenis monoblock. Baca juga : Jenis-jenis Speaker Pada Sistem Audio Mobil yang Wajib Diketahui

X-over / Crossover

Berfungsi untuk membagi suara berdasarkan range frekwensi output dari amplifer, hal ini bertujuan agar speaker yang ada yaitu woofer, mid, dan tweeter hanya memproduksi suara dari range frekwensi yang sesuai. Hal ini bertujuan agar suara yang dihasilkan lebih jernih dan detail, dan tidak mempercepat kerusakan speaker itu sendiri.

Power amplifier

Power amplifier terdiri berbagai pilihan yaitu monoblock, 2 channel dan 4 channel. Jika Anda ingin total untuk jalur speaker Rear dan Front maka Anda butuh power 4 channel. Sementara power monoblock biasanya dipakai khusus untuk speaker subwoofer sehingga dayanya lebih besar dan mahal. Baca juga : Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Fuse box

Adalah kotak untuk menempatkan sekring sistem audio Anda sebagai pengaman. Ini adalah wajib untuk menghindari dampak yang lebih parah ketika terjadi kosleting yang bisa disebabkan oleh kabel terkelupas, kerusakan power amplifier, dan sebagainya.

Capasitor Bank

Berguna untuk menyimpan listrik sementara, tujuannya agar listrik tidak los/drop ketika amplifier dan subwoofer memproduksi suara bass pada level yang besar. Capasitor bank ini sangat diperlukan jika Anda menggunakan amplifier berdaya tinggi.

Aki

Tentu saja aki diperlukan untuk sistem kelistrikan mobil termasuk sistem audio mobil. Jika Anda meningkatkan audio mobil Anda pada level kontes/maksimal maka aki perlu diupgrade ke kapasitas yang lebih besar dalam hal ini amperenya perlu ditingkatkan juga. Tentu Anda tidak ingin aki lebih cepat drop karena memiliki ampere yang terbatas. Bahkan kadang kadang pengguna juga mengupgrade alternator mobilnya dengan tujuan supaya pengisian baterai bisa lebih cepat, sehingga tidak drop saat audio diputar secara maksimal – tapi ini biasanya untuk class kontes. FYI : Ada jenis aki mobil yang dilengkapi dengan capasitor, yaitu Capasitor battery, sangat cocok jika menambahkan audio mobil lengkap yang berdaya besar.

Demikian panduan dasar audio mobil untuk pemula yang mungkin sedang berfikir untuk menemukan cara yang tepat mengupgraed sistem audio mobilnya. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, segala pertimbangan sangat penting untuk difikirkan sehingga jangan sampai menyesal karena hasil tak sesuai harapan.

2 Comments

  1. Sunarto Mei 30, 2019

Leave a Reply