8 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Power Amplifier Audio Mobil

Dalam artikel tentang masalah yang sering terjadi pada power audio mobil berikut hanya untuk pengguna awam, saya tak mengajari bagaimana memperbaikinya tapi memahami apa yang sebenarnya terjadi. Sebagian kasus trouble yang terjadi tidak selalu disebabkan kerusakan, misalnya hanya karena masalah pengkabelan saja orang sudah membawanya ke teknisi – sayang kan, sudah buang-buang waktu dan biaya ternyata masalahnya hanyalah kesalahan kecil yang sebenarnya bisa Anda perbaiki sendiri.

Memang pada sebagian lagi kasus power mobil, kerusakan disebabkan karena kerusakan komponen secara internal pada power itu sendiri. Untuk itu baca sampai tuntas postingan ini agar Anda jadi tahu apakah masalah power yang timbul memang harus ditangani oleh teknisi atau sebenarnya Anda bisa mengatasinya sendiri dirumah.

Masalah Paling Sering Pada Power Amplifier Audio Mobil dan Cara Mengatasinya

Kerusakan umum power audio mobil

1. Power tidak hidup, dan lampu indikator mati

Power yang mati bukan berarti ada kerusakan internal, sangat besar kemungkinannya juga dapat disebabkan beberapa hal sepele :

  1. Cek ground power Anda apakah sudah terpasang dengan betul. JIka ada karatan pada baut-baut yang menghubungkan power dengan masa/ground body mobil, bersihkan dan pastikan terhubung dengan baik.
  2. Cek kabel biru REM, apakah sudah terhubung dengan baik ke jalur yang betul antara head unit dan power. REM ini berfungsi untuk mematikan power ketika head unit di power OFF, jadi ketika kabel REM terputus maka power tak bisa hidup.
  3. Cek sekring dari aki (b+) yang menuju power amplifier

Kerusakan internal untuk sebagian besar kasus power amplifier mati :

  1. Cek apakah sekring yang biasanya terpasang di luar power ampli ada yang putus
  2. Masalah pada power supply, biasanya MOSFET yang short/koslet menyebabkan sekring putus dan power mati.

Anda bisa membuka casing power Anda, cukup dilihat-lihat saja apakah ada komponen yang gosong atau pecah di sekitar power supply. Biasanya kelihatan gogong, pecah, dan berbau gosong.

2. Power Ampli Proteksi Aktif

Power protek ditandai dengan lampu protek yang menyala dan suara audio tak keluar. Lampu tersebut adalah indikator yang berguna untuk mengetahui bahwa sistem proteksi sedang aktif karena ada masalah tertentu pada power. Perlu diketahui bahwa sistem protek ini memang disengaja dibuat oleh pabrik untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal pada komponen tertentu yang sangat penting terutama FINAL Output transistor bahkan hingga sistem speaker karena harganya yang mahal.

Jadi apa saja yang dapat menyebabkan sisytem protek aktif? Ada beberapa penyebab dan solusinya – yang mungkin bukan karena kerusakan internal:

  1. Impedansi speaker (Ω) yang tak sesuai dengan ketentuan power ampli. Misalnya power ampli Anda 2 channel yang memiliki spesifikasi 2x50w @ 4Ω dan bridge mode 1x200w @ 2Ω, maka jika Anda menggunakan 2Ω atau 16Ω pada mode normal(stereo) maka itu salah, dan jika pada bridge mode Anda menggunakan speaker 1Ω, 4Ω, atau 16Ω itu juga salah dan bisa menyebabkan ampli proteksi.
  2. Mungkin cara bridge Anda salah jika dibridge, baca ketentuan pabrik bagaimana cara bridge power audio mobil yang betul. Kesalahan ini juga bisa menyebabkan sistem protek aktif.
  3. Kemungkinan ada kabel speaker yang koslet atau speaker terbakar juga bisa. Periksa kabel speaker dan speakernya.

Kadang sistem proteksi juga bisa aktif ketika volume dibesarkan. Kerusakan internal yang mungkin terjadi adalah : Pada kebanyakan kasus, speaker protek yang menyangkut kerusakan internal adalah adanya kerusakan/short pada komponen yang ada di modul penguat akhir. Umumnya ada transistor final output yang sudah short/mati, satu atau beberapa damal 1 rangkaian. Mungkin kerusakan transistor ini tak bisa dilihat dengan mata, tapi jika Anda mengerti elektronika Anda bisa mencoba mencopot/unsoldering dan mengetesnya dengan multimeter.  Jika anda tak mengerti, silahkan dibawa ke teknisi.

3. Suara Audio Nggebrek/nggeber/pecah

  • Kesalahan impedansi speaker juga bisa menyebabkan suara cacat seperti nggebrek. Periksa apakah impedansi speaker sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Untuk itu baca : Cara menyambung banyak speaker.
  • Daya speaker tak seusai dengan daya power ampli mobil. Misalnya output power Anda 50watt pada mode normal, maka speaker juga harus 50watt. Atau jika ouput power Anda 200watt pada bridge mode, maka speaker subwoofer yang dipakai pada bridge mode juga harus 200watt.
  • Kualitas speaker yang rendah. Bagaimana mengetahui? harga tak pernah bohong dan merk speaker yang bagus biasanya lebih populer dari yang lain. Kalau masalah ini mungkin tak perlu dijelaskan lebih banyak, anda tentu sudah bisa membedakan 😀 .
  • Khusus apabila suara subwoofer pecah atau terlalu lantang, cobalah periksa pengaturan LPF, pilih  frekwensi yang lebih rendah. Meskipun faktor suara terlalu lantang atau pecah bisa disebabkan oleh head unit atau kualitas rekaman lagu.
Lihat Juga :  Cara Merakit Audio Dengan Bass Yang Besar & Menendang

4. Power Ampli mobil cepat panas, bahkan lalu mati sendiri

  • Power cepat panas kemudian mati atau proteksi aktif bisa disebabkan oleh bukaan gain yang terlalu besar. Gain yang terlalu besar akan menyebabkan kerja transistor final output menjadi berat hingga kepanasan dan akhirnya mati. Untuk itu coba periksa bukaan gain, dan kurangi kalau ternyata memang full mentok – biasanya gain diarah pukul 2 sudah cukup besar.
  • Kesalahan impedansi speaker juga bisa menyebabkan masalah ini(masalah kesalahan impedansi sudah dijelaskan diatas). Kesalahan impedansi yang dibiarkan lama-lama akan merusak power itu sendiri bahkan bisa merusak speaker juga.

Jika Anda sudah memeriksa bukaan gain dan sudah memastikan tak ada kesalahan impedansi speaker, mungkin Anda butuh untuk menambah kipas eksternal supaya power Anda tak kepanasan. Ada kipas audio yang bisa anda pakai, tentunya yang sesuai dengan aki mobil yaitu kipas elektrik 12V.

5. Suara power menurun/ tidak keras lagi seperti kemarin

Ada beberapa power yang secara otomatis akan membatasi sigal ouput ketika power panas atau suhu mencapai batas tinggi untuk melindungi power itu sendiri. Hal ini tentu apabila Anda sudah bisa memastikan tak ada masalah pada speaker, head unit, dan instalasinya.

Kerusakan pada potensio gain juga bisa menyebabkan masalah suara mengecil sendiri. Periksa apakah potensio gain masih singset/tidak longgar dengan cara memutarnya-mutarnya. Jika ada suara “kemresek” saat anda memutar gain, maka bisa jadi masalah disebabkan oleh potensiometer gain yang longgar atau karbonnya sudah hampir habis(meskipun ini kecil kemungkinannya) kecuali Anda terlalu sering memutar gain tersebut.

6. Sekring putus dan putus lagi ketika baru diganti

Ini bisa dipastikan kalau power Anda ada masalah internal, biasanya terkait komponen modul power supply ada yang short terutama FET. Secara umum ada yang koslet didalam, hingga termasuk TR final yang short. Jika power ampli anda sudah berumur, mungkin masalah kabel yang longgar dan menyentuh body bisa menjadi penyebabnya.

7. Amplifier bisa hidup lampu nyala, tapi tidak ada suara audio yang keluar:

Hal pertama pastikan kalau power Anda memang masih normal. Caranya, cobalah sentuh input power dengan obeng kecil yang tanpa isolator, bisa juga pakai kawat atau peniti/jarum. Tapi sebelumnya kecilkan dulu gain power Anda misalnya diarah jam 9. Biasanya kalau power normal akan ada suara drut-drut-drut. Kalau masih belum terdengar, tambah lagi gainnya. Kalau sudah mentok tapi tak ada suara, bisa jadi power Anda ada masalah internal. Langsung bawa saja ke teknisi. Kalau ada suara drut-drut yang semakin besar ketrika gain ditambah, maka power Anda normal, sementara problem dan cara mengatasinya mungkin salah satu dibawah ini:

  • Biasanya kabel RCA/jalur input ada yang longgar atau bahkan putus menyebabkan masalah power tak bersuara. Hal ini umum terjadi, kerusakan RCA bisa disebabkan karena guncangan, pemakaian, dan sering digeser, dan penanganan yang buruk lainnya.
  • Bisa jadi ada masalah pada head unitnya. Jadi cobalah menggunakan player musik dari luar mobil misalnya CD player atau Handphone.

Cara Mengatasi :

  • Hal pertama cobalah head unit Anda ganti dari perangkat luar untuk memutar musiknya, misalnya CD/DVD player atau Handphone.

Kalau masih belum hidup juga, kemungkinan besar jek RCA yang rusak jadi cobalah mengganti dengan jek RCA yang lain. Kalau masih belum mau bunyi juga, bisa jadi masalah ada pada head unit – anda bisa mencoba memindahkannya ke jalur line out yang lain misalnya line out rear/front L/R. Belum mau bunyi juga? Mungkin ini saatnya harus datang ke teknisi audio mobil.

8. Ada suara dengung/storing

Suara dengungan umumnya muncul ketika mobil dihidupkan. JIka sebelumnya tak ada masalah storing ini, maka penyebabnya bisa disebabkan:

  • Ground power yang tidak terpasang dengan baik. Periksa baut-bautnya.
  • Kabel RCA putus dijalur Ground, coba ganti dengan RCA yang lain.
  • Ada masalah dengan sistem pengapian mobil Anda.

Lebih lengkap baca di : Cara menghilangkan suara dengung-an power audio saat mesin mobil hidup

Demikan beberapa masalah umum yang terjadi pada power amplifier mobil. Anda bisa memeriksa sendiri untuk memastikan memang ada kerusakan internal sebelum Anda membawanya ke teknisi.

KEHATI_HATIAN: Tetap lakukan dengan hati-hati! JIka Anda benar-benar tak mengerti tentang kelistrikan, maka  jangan mencoba melakukan sendiri terutama yang berhubungan dengan kabel-kabel. Mintalah bantuan orang yang memang paham untuk itu,  karena kosleting listrik pada mobil bisa menyebabkan kebakaran mobil.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *