Menurunkan Tegangan 20V,25V30V,35V Menjadi 12Volt Untuk Modul USB Bluetooth

Menurunkan tegangan dari 20V, 25V, 30V atau maksimal 35VDC untuk menyuplai tegangan usb/mp3 bluetooth kadang diperlukan ketika merakit amplifier yang dilengkapi dengan modul mp3 tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggunaan trafo/power supply khusus untuk modul mp3 bluetooth karena amplifier kebetulan menggunakan kit dengan tegangan dari trafo CT 20V-35V. Memangnya aman? jawabannya aman karena penulis sudah mempraktekkannya berkali-kali untuk pelanggan servis.

Cara menurunkan tegangan 20-35VDC untuk menyuplai modul mp3 bluetooth dengan mudah

Khusus untuk modul mp3 bluetooth arus yang dibutuhkan agak besar hingga 1A sehingga kita tidak bisa menurunkan tegangan hanya dengan dioda zener plus resistor saja karena itu tidak akan kuat, tetapi harus dengan cara lain supaya arus yang diperlukan terpenuhi.

Gambar skema rangkaian :

CARA MENURUNKAN 25vdc UNTUK MODUL MP3 BLUETOOTH

Cara menambahkan rangkaian penurun tegangan

Jadi caranya cukup sederhana sekali, tak perlu komponen yang mahal dan aneh-aneh, hanya perlu menyediakan R100 ohm 2watt dan IC regulator LM7812 saja. Resistor 100 ohm dipilih yang 1 watt keatas karena untuk menahan arus sehingga akan menjadi agak panas dan tidak rusak. Pastikan solderan pada pin resistor yang agak tebal dan biarkan kakinya agak panjang supaya ketika panas tidak sampai melelehkan solderan. Panas ini tidak masalah karena memang bekerja untuk menahan arus dari power supply yang lebih besar dari tegangan ouput yaitu 18V- 35VC.

Baca juga : Cara Merakit Amplifier bluetooth Suara Mantab Untuk pemula

IC regulator LM7812 Untuk menurunkan tegangan

IC7812 saja sudah cukup untuk memberikan supply arus yang cukup untuk modul mp3 bluetooth, dan ini juga masih bisa di cabang untuk menyuplai tone control, equalizer, pre-amp dll.

Baca Juga :  Box Speaker Mini Scoop: Skema dan Cara Membuatnya

Jika perlu IC LM7812 diberi pin pendingin kecil saja, atau bisa juga ditempelkan di box amplifier yang terbuat dari seng/plat namun dalam prakteknya tak masalah tidak diberi pendingin meskipun panas tetapi tidak overheat jadi rata-rata aman saja.

Sebenarnya kemampuan atau kisaran input tegangan IC7812 adalah 14,5V – 27V, sehingga jika arus yang mau diturunkan adalah maksimal 27V IC itu masih bisa tanpa resistor 100 Ohm. Akan tetapi tentu IC akan menjadi panas bahkan bisa terbakar jika beban melebihi 1A. Untuk itu resistor 100 ohm sebaiknya di tambahkan secara seri(lihat gambar skema diatas) jika arus inputnya adalah 20V lebih. Akan tetapi arus output tetap jangan melebihi 1A, jika lebih wajib ditambahkan transistor daya dengan ampere yang cukup besar/sesuai dengan beban pada bagian ouputnya.

Modul mp3 bluetooth bisa disuplai 12DC langsung

Sebenarnya modul mp3 bluetooth yang beredar sudah dilengkapi IC regulator LM7805 untuk menyuplai tegangan 5volt pada modul. Jika tegangan supply amplifier maksimal 15 volt bisa langsung di umpankan ke modul mp3 bluetooth tanpa IC LM7812, tetapi tetap ditambahkan resistor 100 ohm saja sudah cukup. Tetapi jika tegangan sudah 18V keatas harus menggunakan LM7812 seperti rangkaian diatas karena sudah diluar kemampuan dari IC LM7805 yang terdapat dalam modul.

Nah  demikian cara menurunkan tegangan 18V, 20V,25V,35VDC menjadi 12v untuk menyuplai tegangan untuk modul mp3 bluetooth sehingga tak perlu menambahkan power supply khusus atau trafo tambahan.

Leave a Reply