Skema Power Supply Driver Class H, Dengan 2 Trafo

 Skema Power Supply Driver Class H ini menggunakan 2 buah trafo CT yang mendukung tengangan 42V. Ini hanyalah trik supaya trafo CY biasa dapat memiliki dual voltage yang dibutuhkan, yaitu High Voltage(HV) dan Medium Voltage (MV). Travo CT 42V ini untuk class H mini ya, bisa juga untuk driver Class H jadi-jadian (driver class AB mislnya driver SOCL504, SOCL506, dll yang ditambahkan kit Stepper.)

Catu Daya Dual Supply Untuk Driver Power Ampifier, 2 Trafo 32VCT

Sistem operasional Driver Class H

Power amplifier kelas H, pada dasarnya adalah driver class AB yang ditingkatkan efisiensinya dengan metode yang diatur sedemikian rupa. Pada saat level sinyal masukan turun, amplifier menggunakan jalur catu daya rendah untuk meningkatkan efisiensi. Jika level sinyal input naik maka jalur pindah sesara otomatis ke tegangan tinggi. Mekanisme perubahan tegangan ini dibantu oleh alat yang disebut stepper, alat ini bekerja dengan metode pensaklaran elektronik(switching).

Untuk mendukung dinamika tegangan tadi, maka power supply Class H harus menyediakan dua jalur tegangan; yaitu jalur tegangan tinggi dan jalur tegangan rendah.

Tegangan dinamis adalah kelebihan sekaligus kelemahan driver class H, karena trafo harus mendukung untuk catu tegangan ouput ganda. Tegangan tinggi untuk class H rata-rata 130V dengan tegangan rendahnya 90V, masih cukup tinggi bagi rata-rata power class AB standard. Bagaimana jika tak memiliki trafo khusus yang mendukung? tenang karena ada cara-caranya supaya trafo CT biasa dengan tegangan standard misalnya 42V CT, bisa digunakan untuk mencatu driver class H.

Baca Juga :  Pentingnya Nilai Hfe Transistor Untuk Power Amplifier

Dua jalur catu daya (Dual Supply Rails) pada class H adalah satu jalur catu daya rendah (MV) dan satu jalur catu daya tinggi(HV). Bisa beralih jalur tegangan sesuai yang dibutuhkan saat beroperasi membuat driver class H memiliki efisiensi yang lebih tinggi daripada class AB, namun kualitas audio tetap sebaik driver class AB. Selain efisiensi, keuntungan lainnya menjadikan Class H lebih handal untuk daya besar daripada rata-rata class AB.

Skema Power Supply Class H, 2 Trafo 32V CT.

skema power supply dual voltage driver power class H

CATATAN: Skema diatas adalah konsep dan belum diuji, jadi jika kamu ada bahan atau kesempatan untuk mengujinya silakan. Secara teori, skema diatas bisa menghasilkan dual supply MV dan HV yang dibutuhkan untuk mengoperasikan driver class H. Jika kamu ingin menggunakan trik power supply dual supply untuk class H Versi pertama (1), silakan lihat artikel klik disini.

Penalaran Rangkaian

Yang perlu disediakan adalah trafo 2 buah dengan masing-masing tegangan yang ada 42VCT, 2 buah dioda bridge, dan elco yang dibutuhkan. Berapa sih jumlah elco yang dibutuhkan? Supaya kamu lebih paham lihat cara menghitungnya baca disini. Tegangan keluaran dari 2  trafo CT 42V dirangkai sedemikian rupa agar bisa menyuplai 2 jalur MV 60V dan jalur HV 90V. Lalu kamu bisa gunakan untuk men-supply driver class H mini, atau class H jadi-jadian untuk miniatur. Jika membutuhkan supply yang lebih tinggi lagi, maka kamu cukup tinggal menyesuaikan berapa tegangan trafo yang digunakan saja.

Penutup

Demikian Skema Power Supply Driver Class H, 2 Trafo 42V CT V2, silakan bereksperimen dengan tanpa batas. Jika kalian sudah mencobanya,berikan testimoni kamu dikolom komentar supaya teman-teman yang lain termotivasi.

Tags:

Leave a Reply