Cara Merakit Amplifier bluetooth Suara Mantab Untuk pemula

Sekarang ini tak perlu minder bagi pemula untuk merakit sebuah amplifier bluetooth dengan suara berkualitas yang semakin begitu mudah sekali dipraktekkan. Mengapa? karena online shop makin dibanjiri oleh produk kit / modul elektronik yang harganya sangat murah namun dengan kualitas bagus terutama di hasil audionya yang cresss cress , debdeb , detail, clarity, dan setara dengan kualitas audio dari prodk merk ternama. Hal ini tidak sesusah dan tak semahal jaman saya dulu ketika saya masih suka belajar merakit perangkat audio.

Bahan-bahan untuk merakit sendiri audio rumahan yang berkualitas suara bagus dan murah

Bahan-bahan yang saya sertakan dalam artikel ini untuk merakit sebuah audio amplifier sederhana, namun dengan kualitas suara yang baik bisa sobat semua peroleh di online shop dengan harga terjangkau. Kapasitas amplifier yang bisa dirakit cukup kalau hanya untuk ruangan 10mx15m saja, apalagi ruangan seperti kamar yang rata-rata hanya 3mx3m.

Speaker 1 pasang(stereo)

Speaker yang bisa digunakan dengan aman dan maksimal adalah 4-8 ohm, 4-8 inch . Sobat semua bisa menggunakan speaker bekas tape kompo jaman dulu yang sudah tak terpakai, atau speaker bekas speaker aktif yang sudah rusak mesinnya. Atau bisa membeli / merakit sebuah speaker baru jika diperlukan.

Modul/kit Mini Power amplifier

cara merakit kit tpa3110

Power amplifier mini sekarang sangat booming di online shop. Nah, power amplifier yang disarankan adalah class D power amplifier TPA3110. Modul kit amplifier TPA 3110 ini cukup kecil sekiar 4cmx5cm, namun kualitas audio yang dihasilkan tak perlu disangsikan lagi. Jika sobat tak percaya cobalah mencari referensi atau review di youtube. Kenapa bisa demikan? power amplifier mini ini menggunakan topologi rancangan amplifier Class D, jenis digital amplifier yang bekerja dalam mode switching yang hemat daya listrik.

Harga kit amplifier TPA3110 sekitar Rp17.000,-an

Modul Tone control

merakit modul tone control dengan midle

Tone control banyak pilihan, akan tetapi temukan tone control yang bukan menggunakan tegangan CT karena modul amplifier TPA3110 tidak menggunakan tegangan CT, tujuannya supaya tidak repot karena power supplynya akan menjadi satu nantinya. Karena TPA3110 aman untuk supply 12-20DC Volt maka tone control juga yang disupply tegangan yang sama antara 12-20DC Volt. Disarankan lagi, tone control yang dilengkapi dengan midrange selain bass dan treeble.

Harga tone control sekitar Rp30.000,-an-Rp45.000,-an

Modul bluetooth

cara merakit modul bluetooth

Modul bluetooth penerima stereo untuk audio juga banyak pilihan di online shop.

modul bluetoot mp3

Atau sobat bisa juga menggunakan yang multi fitur yaitu mp3 player + bluetooth dan radio.

Jika sobat hanya perlu untuk memutar musik dari HP via bluetooth, maka sobat hanya perlu membeli penerima bluetooth audio saja .

  • Harga modul bluetooht sekitar Rp19.000,-an
  • Harga modul Mp3+ bluetooth sekitar Rp31.000,-an

Modul Power supply SMPS 3A/12Volt

modul power supply smps 12VKhusus power supply disarankan sobat menggunakan power supply SMPS 3A-6A 12-15Volt nonCT saja. Mengapa SMPS? power supply SMPS banyak sekali kelebihannya, yaitu lebih efisien, ukurannya kecil dan bobotnya sangat ringan sehingga bisa ditepatkan dalam box amplifier yang tipis dan kecil.

Harga power supply SMPS 3A 12Volt yang cocok untuk power amplifier mini TPA3110 sekitar Rp20.000,- an.

Jika sobat menggunakan kit bluetooth yang membutuhkan supply 5volt DC, maka sobat bisa menurunkan tegangan 12VDC dari power supply amplifier menggunakan IC 7805.

Baca Juga :  Cara mengatasi Gambar TV berbayang

Jika sobat merasa malas untuk merakit regulator 7805, sobat bisa menggunakan charger HP bekas khusus untuk menyuplai tegangan kit bluetooth.

Akan tetapi jika sobat memilih menggunakan mp3player + bluetooth maka sobat bisa langsung saja menyuplai modul terebut dengan tegangan 12Volt atau menjadi satu dari supply power amplifier TPA3110. Jika power supplynya memiliki tegangan 15Volt, maka cukup diberi tahanan/resistor 100ohm 1-2watt sebelum disuplaikan ke modul mp3+bluetooth.

Cara merakit amplifier dengan TPA3110

Sangat gampang hanya mengikuti petunjuk yang ada di masing-masing PCB dari kit.

Pengkabelan Kit TPA3110

  • Disana (pada power TPA3110) ada input/output, speaker kiri (SPL) (-) dan(+) Dan Speaker kanan (SPR) (-) dan (+), artinya yang menuju ke speakernya.
  • VCC ke positif(+) 12Volt atau 15Volt dari power supply SMPS, dan GND ke negatif(-) atau (0) dari power supply
  • Input L dan R dihubungkan ke Ouput dari Tone control

Pengkabelan Tone control

  • VCC/ input tegangan tone control langsung di gabung menjadi satu dengan power supply SMPS bersama dengan power amplifier TPA3110 karena membutuhkan catudaya yang sama.
  • Output dari tone control L dan R dihubungkan dengan input dari power amplifier TPA3110
  • Input dari tone control dihubungkan dengan output dari modul bluetooth  atau  Modul Mp3 + bluetooth.

Pengkabelan Modul Bluetooth atau Mp3 + bluetooth

VCC untuk modul bluetooth (-) dan (+) adalah 5 volt, sedangkan tegangan dari power supply SMPS untuk power amplifier TPA3110 adalah 12-15VDC jadi tidak bisa secara langsung dihubungkan dengan modul bluetooth. Untuk itu tegangan dari power supply tersebut harus diturunkan dengan IC regulator 7805 terlebih dahulu supaya menjadi 5VDC. Caranya :

regulator 5volt dengan IC7805

Jika tak mau repot merakit regulator sederhana dengan IC7805, sobat bisa menggunakan power supply tersendiri yaitu bisa menggunakan charger HP dimana yang menghasilkan tegangan untuk supplai modul bluetooth sebesar 5volt. Charger HP bisa dipreteli diambil mesinnya saja lalu di taruh didalam box amplifier supaya lebih ringkas.

Tetapi jika menggunakan modul MP3 player + bluetooh power supply bisa langsung di beri tegangan 12V-15VDC atau digabung menjadi satu dengan power supply untuk kit TPA3110.

Penutup

Nah mudah bukan? Perkiraan biaya mungkin tak lebih dari 100 ribuan saja(tanpa speaker) hanya untuk membuat amplifier yang siap pakai. Selain kebutuhan modul kit, sobat juga perlu menambahkan soket yaitu soket speaker stereo, soket dan kabel AC220V, saklar on/off. Kabel-kabel untuk menghubungkan antar input/output dari modul, kabel  untuk menghubungkan power supply dan modul, serta kabel untuk ke speakernya.

Dijamin sobat akan memiliki audio rumahan buatan sendiri dengan kualitas yang bagus, bass jedug, treeble ngecisss, dan mid yang clarity.

Awas jangan sampai terjadi kesalahan saat merakit, pastikan terutama kabel ke VCC jangan sampai terbalik. Pastikan semua modul work 100% , juga urutan kabel input/output jangan sampai keliru.

Ini masih jauh lebih mudah daripada jaman saya dulu ketika masih belajar merakit sendiri, susah untuk merakit sebuah audio yang suaranya bisa bagus, detail dan jernih. Selain itu biayanyapun masih relatif lebih mahal. Terimakasihlah sama produk cinoan 😀

Demikian cara mudah merakit sendiri audio ower amplifier untuk pemula yang suaranya berkualitas dan biayanya murah untuk diputar di rumah.

Leave a Reply