Skema Box Subwoofer 12 Inch Rumahan Bass Paling Mantab

Skema Box Subwoofer rumahan, ada banyak sekali desain model yang beredar, dari mulai jenis band-pass hingga bass-reflex. Dari sekian banyak model dan jenis box sub-woofer, salah satu box subwoofer 12 inch yang banyak dikenal bassnya paling mantab dag dig dug glerr yaitu jenis Rear loaded Horn subwoofer – Cubo 12 inch. Tak hanya itu, desain ini juga cukup sederhana dengan beberapa sekat dan brace sehingga mudah dibuat oleh siapa saja. Cocok sekali jika kamu ingin mengaplikasikan Cubo 12″ ini sebagai subwoofer untuk speaker aktif, atau audio 2.1 audio rumahan pasti dijamin akan menggetarkan kaca-kaca dirumahmu.  Jika ingin mendengarkan audio dengan bass yang mantab, maka menambahkan  subwoofer adalah solusi yang paling efektif – karena speaker 3-way saja tidak akan cukup.

Skema Box Subwoofer Rumahan 12 inch, model Cubo 12″

desain box subwoofer 12 cubo

Banyak sekali desain cubo 12 ini yang beredar, tapi disini saya berusaha memberikan skema subwoofer 12 inch tersebut secara lebih terperinci dengan preview 3D agar lebih mudah dimengerti.

Jika Kamu tertarik desain Cubo jenis Low-mid  untuk lapangan, silakan kunjungi artikel ini ==> Skema Box Speaker Midlow, Cubo Kick 15 Inch Untuk Lapangan

Bahan :

Bahan adalah material kayu lapis berkualitas bagus yaitu kayu meranti dengan ketebalan 15mm. Dan supaya hasilnya maksimal, maka kamu harus menggunakan lem yang kuat agar box benar benar kokoh, misalnya lem epoxy atau setidaknya lem putih, dan gunakan skrup dengan jarak antar skrup sekitar 15-20cm. Panjang skrup 30mm, harus dibor terlebih dulu supaya papan tidak pecah. Saran gunakan dempul atau resin untuk melapisi agar box benar-benar kuat, kedap dan tahan lama.

1. Skema Cubo 12 Subwoofer 12 rumahan

Skema cubo 12 subwoofer rumahan

2. Ukuran panel-panel  cubo subwoofer 12 rumahan

Buat semua panel sesuai dengan ukuran dibawah ini, semua ukuran panjang panel A-H adalah x 420.0mm
Ukuran panel cubo 12

3.  Ukuran panel depan dan brace  cubo subwoofer 12 rumahan

  • Buatlah ukuran lubang speaker  tepat ditengah, dengan ukuran lubang berjari-jari 138.0mm atau untuk lubang speaker 12″.
  • Brace 1 dan Brace 2 masing-masing buat 2 set. Manfaat Brace adalah untuk menahan panel supaya tidak mudah bergetar ketika dihantam bass dari driver, karena box akan kurang maksimal jika box lembek/mudah bergetar.

ukuran brace dan panel depan cubo 12 inch

4. Perakitan panel dan Brace dalam Gambar dalam perspektif  3D

Skema subwoofer 12 rumahan, cubo Skema subwoofer 12 bass mantab

5. Finishing

Sekali lagi disarankan agar box kuat sebaiknya dilapisi dempul besi atau resin agar box lebih kokoh dan tidak menyerap air sehingga tahan lama.

Baca juga : Desain Box Speaker Band Pass Untuk Subwoofer 10 inch

 

skema box speaker cubo sub 12 inch design

Demikian skema box subwoofer yang cocok untuk rumahan 12 inch, bass mantab glerr model cubo 12″ yang sederhana tapi popularitasnya sudah cukup mendunia. Boleh digunakan gratis untuk kebutuhan pribadi, atau tidak boleh dikomersialkan; menurut desainernya. 😀

Leave a Reply