Tips Memilih Audio Mobil Untuk Mendapatkan Kualitas Audio Yang Baik

Selain ekterior yang tampak kinclong bagi yang memandang, menata interior mobil juga sangat penting bagi penggunanya. Hal ini mobil ibarat rumah kedua, sehingga interior yang menarik sedikit banyak bisa mengurangi kejenuhan dijalan terutama saat perjalanan jauh. Selain desain tampilan, audio adalah salah satu bagian dari interior mobil yang paling banyak dilirik. Tak sedikit pengguna mobil menghabiskan banyak biaya hanya untuk menata sistem audio yang baik. Banyak hal yang harus diperhatikan supaya dapat menghadirkan suara musik yang berkualitas, diantaranya harus cermat dalam memilih apa saja yang harus dilengkapi dalam sebuah sistem audio mobil.

Kualitas sound dari audio mobil tidak bisa dihadirkan begitu saja, perlu banyak hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya mencakup kualitas sistem audio, kelengkapan audio yang dipakai, luas kabin mobil dan sebagainya. Memilih Audio mobil yang baik dan berkualitas mungkin membutuhkan sedikit pengetahuan agar tidak salah beli sehingga hasilnya jauh dari harapan 🙁

Berikut Tip Memilih Sistem Audio Mobil dan Kelengkapannya Untuk Mendapatkan Kualitas Sound yang bagus

Cara memilih audio mobil berkualitas

Memilih Head Unit

Banyak sekali merk Head Unit yang beredar dipasaran dan mungkin akan membingungkan bagi pemula mau pilih yang mana. Head unit adalah inti dari audio mobil, dia ada tak sekedar untuk memutar musik dari mp3/DVD atau flashdisk namun Head unit yang berkualitas harus menghadirkan fitur processing suara yang baik. Fitur prosesing mencakup graphic equalizer, dan HPF/LPF control. Line out yang menghubungkan ke rear/front dan subwoofer juga tak kalah penting, dimana ini nanti yang diperlukan untuk dihubungkan ke power amplifer dan monoblock untuk subwoofer.

Kualitas Audio dari head unit juga perlu diuji, sehingga meskipun Anda tidak menambahkan power amplifer Audio yang dihasilkan terdengar mantab, jernih, dan enak ditelinga. Jadi jangan lupa untuk test mendengarkan lagu yang Anda sukai atau yang sering Anda dengar sebelumnya agar lebih mudah menilai kualitas audionya. Audio yang bagus biasanya bass terdengar dalam, vokal terdengar seperti terpisah ditengah, treeble terdengar halus dan jelas dan “stereo”. Pendek kata suara instrumen seperti simbal, guitar akustik, piano terdengar seperti asli. Sementara suara bass gitar terdengar didepan, lalu suara bass drum tidak pecah. Spektrum suara lebar dan nyaman ditelinga.

Equalizer

Equalizer secara teknis adalah alat untuk memproses signal audio agar rentang frekwensi output dari head unit bisa seimbang. Fungsinya, Equalizer berguna untuk memotong frekwensi berlebih dan untuk menambah yang kurang agar suara yang dihasilkan melalui speaker terdengar seperti yang kita harapkan. Jadi equalizer juga sangat penting terutama jika head unit di mobil Anda tak memiliki prosesor ini jika ingin mendapatkan kualitas audio yang lebih baik lagi.

Menambahkan Power Amplifier

Power amplifier ini tidak wajib, tapi bagi Anda yang pengen pengalaman Audio yang lebih bagus Anda bisa menambahkannya. Untuk sedan atau mobil kecil 5 seats, amplifier 4 channel berkapasitas daya keluaran amplifier 4x50W @8Ω sudah cukup memadai. 4 Channel amplifier ini wajib untuk bisa di bridge mono, pasalnya supaya lebih mantab lagi audio perlu kita tambahkan subwoofer .

Menambahkan Power monoblock

Power monoblock adalah jenis power output tunggal khusus untuk speaker subwoofer. Anda bisa menambahkan power monoblock, bisa baik tanpa power amplifier umumnya yang 2 atau 4channel atau tanpa menggunakan power amplifier tsb. Jika Anda menginginkan kualitas audio mobil yang lebih menggelegar setara kualitas kontes Anda mungkin perlu menambahkan power monoblock ini pada mobil Anda.

Memilih Speaker

Jika Anda tidak ingin menggunakan amplifier, mungkin pilihan speaker yang paling praktis adalah mengganti speaker standard mobil dengan speaker yang lebih bagus lagi. Jenis speaker yang bisa dipilih adalah speaker mobil jenis split supaya audio lebih akurat lagi. Perlu diperhatikan, gunakan speaker yang memiliki impedansi dan power handling(watt) yang sesusai dengan kemampuan head unit. Sementara itu Anda juga bisa menambahkan tweeter tambahan yang diletakkan didepan diatas dashboard agar suara treble menjadi lebih semarak lagi.

Lihat Juga :  5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Untuk speaker split sudah dijual perset, bisa memilih 2, atau 3 way sesuai kebutuhan. Baca juga : Jenis-jenis Speaker Pada Sistem Audio Mobil yang Wajib Diketahui

Jika Anda Menggunakan Amplifier, maka pilihan speaker yang baik adalah jenis split tentu dengan impedance dan power handling yang sesuai dengan kemampuan amplifier. Jika mobil kecil 5 seats speaker 10-inch sudah cukup memadai.

Crossover

Crossover adalah perangkat yang dibutuhkan untuk memisahkan/membagi frekwensi suara ke speaker. Umumnya ada 2 tipe crossover yaitu 3-way yang mencakup hi, mid, dan low; dan 2-way crossover yang mencakup untuk Low dan Hi. Ada 2 jenis yaitu crossover aktif yang dipasang setelah head unit sebelum power amplifier dan crossover passif yang dipasang sebelum speaker. Untuk pembelian speaker split satu paket biasanya sudah termasuk crossover pasif, dan memang harus ada.

Jika menggunakan crossover active, maka audio akan menjadi kompleks lagi untuk power amplifier bisa lebih dari 2 dan lebih banyak jenis-jenis speaker yang dipakai. Ini biasanya khusus dipakai untuk Audio kualitas kontes. Dan tentu saja akan menciptakan suara yang lebih detail lagi.

 

Menambahkan Subwoofer

Subwoofer adalah speaker yang didesain untuk memaksimalkan spektrum suara rendah atau nada bass. Menurut saya kurang afdol audio mobil tanpa dilengkapi subwoofer, terutama jika Anda menggemari musik jenis pop terutama yang bertempo nge-beat. Subwoofer membutuhkan daya amplifier yang besar, jadi meskipun bisa dihandle oleh satu unit amplifier 4channel, menggunakan power monoblock adalah yang paling sesuai(sudah dijelaskan diatas). Subwoofer, semakin besar ukuran (inch) semakin keras suara bass yang diproduksi dan semakin besar pula daya dari amplifier yang dibutuhkan. Untuk itu jangan lupa power handling subwoofer harus sesuai dengan daya amplifier – misalnya power memiliki daya 300W maka power handling subwoofer juga harus sama.

Pilih Sistem Audio Keluaran Merk Populer

Memilih perangkat audio mulai dari head unit, equalizer, power amplifier, power monoblock, speaker, dan subwoofer dari produk yang bermerk bukanlah bentuk gaya-gayaan. Hal ini karena terkait erat dengan kualitas suara/audio,  ketahanan dan keamanan, tentunya barang bermerk terutama elektronik patuh pada standard kualitas industri. Memang banyak barang yang dijual murah dengan fitur yang justru lebih lengkap dari barang bermerk, namun belum tentu kualitas audio, ketahanan, dan keamanan bisa menjamin. Diantara barang bermerkpun ada selisih harga antara meski yang satu dengan yang lain, untuk meghemat pilih sesuai kebutuhan misalnya kemampuan DAYA – misalnya power 100W tentu lebih mahal daripada yang 50W.

Instalasi

Instalasi sistem audio mobil selain harus dilakukan dengan baik dan benar, juga harus kuat artinya kabel-kabel tak boleh asal sambung dan perangkat tidak boleh mudah bergeser atau terbentur. Selain itu pengabelan harus rapi juga menggunakan kabel berstadard untuk menghindari terkelupas, kosleting, dan menimbulkan suara storing. Gunakan kabel untuk baterai/strum berukuran 4WG, kabel speaker 12-18WG, dan untuk kabel input/output tentunya kabel RCA yang baik. Jauhkan kabel RCA dari kabel speaker/baterai dan pasang gorund dengan baik. Baca juga : Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Demikian beberapa tips memilih sistem audio untuk mobil untuk mendapatkan kualitas suara terbaik. Jika Anda benar benar awam dengan audio, sebaiknya menyerahkan urusan instalasi kepada ahlinya. Tanyakan juga apa merk audio mobil terbaik yang paling sesuai dengan budget serta seberapa kualitas audio yang mungkin bisa diperoleh.

Leave a Reply