Jenis-jenis Speaker Pada Sistem Audio Mobil yang Wajib Diketahui

Ada beberapa jenis speaker yang umum dipakai pada sistem audio mobil. Tapi apakah speaker itu?Speaker adalah komponen yang bertugas merubah signal listrik atau gelombang elektromagnetik dari penguat audio menjadi getaran atau gelombang suara yang bisa didengar oleh telinga kita. Speaker mengeluarkan spektrum frekwensi suara dalam kisaran yang bisa didengar telinga kita, yaitu antara dari yang terendah 20Hz sampai yang tertinggi yaitu 20.000 Hz. Akan tetapi satu unit speaker saja kurang mampu untuk bisa menghasilkan suara diseluruh range spektrum suara tersebut dengan baik, maka dibuatlah berbagai jenis speaker untuk memecahnya menjadi lebih spesifik. lagi.

Untuk itu dalam dunia audio mobil, untuk bisa menghasilan kualitas audio yang baik umumnya melibatkan beberapa jenis speaker. Jadi bagi kamu yang ingin mendesain atau menyeting sendiri audio di mobil kamu, maka hukumnya wajib untuk mengetahui jenis-jenis speaker ini agar tak salah beli atau agar bisa memperoleh kualitas audio yang memuaskan.

Jenis-jenis speaker yang sering dipakai pada sistem audio mobil

Speaker Coaxial

Speaker Coaxial

Speaker coaxial adalah satu speaker yang didesain bisa memproduksi semua spektrum suara, frekwensi rendah(LF), dan Frekwensi tinggi (HF). Hal ini disebut juga dengan speaker full-range atau yang mencakup seluruh cakupan frekwensi suara dalam driver tunggal – yaitu secara segaris magnet bertumpuk untuk woofer (yang memproduksi LF) berada dibawah dan twitter(yang memproduksi HF) berada diatas; Coaxial = co axial atau co axis atau segaris. Speaker audio mobil jenis coaxial tidak sama dengan speaker full-range OEM.

Kelebihan speaker jenis coaxial, kita tidak perlu repot-repot menyetingnya karena kita hanya perlu menyambungkan speaker coaxial langsung ke head unit/power sudah bisa mendapatkan spektrum suara yang luas. Namun bagi yang ingin lebih spesifik dan penikmat audio sejati, hanya menggunakan speaker coaxial rasanya masih kurang puas. Speaker standard mobil biasanya hanya menggunakan jenis speaker coaxial yang menempel pada pintu atau dinding interior mobil.

Speaker Split

Speaker split 2

Speaker split adalah speaker yang disetting untuk menghasilkan seluruh cakupan spektrum suara. Berbeda dengan speaker coaxial yang hanya menggunakan driver tunggal, speaker split nada rendah atau bass diproduksi khusus oleh speaker woofer, nada menengah dihasilkan khusus oleh speaker midle, dan nada tinggi dihasilkan khusus oleh Tweeter. Semuanya dengan driver yang terpisah, sehingga bisa menghasilkan suara yang lebih spesifik lagi. Speaker split ada yang sudah dalam bentuk jadi tinggal pakai(mirip speaker coaxial), atau dalam bentuk yang terpisah-pisah dimana yang masih perlu untuk disetting sendiri dan masih membutuhkan box cabinet speaker.

Lihat Juga :  Skema Dan Ukuran Box Subwoofer Audio Mobil 12 Inch Single General

Kita bisa bereksperimen untuk memperoleh settingan audio terbaik dengan leluasa, bisa menggunakan aktif/passife crossover dan power amplifier untuk memperoleh audio seakurat yang diinginkan jika membeli paket speaker split yang terpisah-pisah. Menyeting speaker split yang terpisah harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Tweeter

tweeter

Tweeter adalah jenis speaker yang didesain khusus untuk memproduksi nada tinggi, kisaran 2000Hz – 2Khz. Tweeter yang berkualitas tak sekedar memproduksi nada tinggi atau treble, namun harus sehalus mungkin sehingga tidak memekakkan telinga. Meskipun pada speaker split atau speaker coaxial sudah 1 paket termasuk Tweeter, terkadang kita masih perlu menambahkan satu Tweeter lagi.

Speaker Subwoofer

subwoofer

Subwoofer adalah jenis speaker yang dari pabriknya sengaja dibuat khusus untuk menciptakan spektrum nada rendah yang  lebih spesifik sehingga sistem audio bisa menghasilkan nada bass yang lebih mantab dan lebih keras dari sekedar bass yang dihasilkan oleh split/coaxial speaker. Hal ini umumnya, subwoofer adalah jenis speaker yang daya handling yang tinggi yang membutuhkan dorongan daya yang besar dari sebuah amplifier, yang dipakai untuk melengkapi speaker split/coaxial yang sudah ada. Jadi jika kamu ingin menyetting audio mobil sendiri dan ingin menambahkan subwoofer, maka kamu juga membutuhkan amplifier khusus untuk mendorong subwoofer yaitu power monoblock.

Nah demikian beberapa jenis speaker yang umum dipakai dalam sebuah sistem audio mobil. Sedikit pengetahuan ini semoga bisa bermanfaat, mengetahui sedikit gambaran tentang audio mobil sebelum mengaplikasikannya pada mobil kesayangan kamu.

Leave a Reply