Skema TDA2040, Hi-fi Power Ampli Mini Supply Tunggal

IC TDA2040 adalah sebuah penguat audio yang sering digunakan untuk audio amplifier audio. IC ini dikembangkan oleh perusahaan STMicroelectronics dan merupakan bagian dari keluarga TDA2000 yang terkenal. TDA2040 adalah penguat audio kelas AB, yang berarti ia menggabungkan karakteristik kelas A dan kelas B untuk memberikan efisiensi yang lebih tinggi daripada penguat kelas A tetapi dengan distorsi yang lebih rendah daripada penguat kelas B.

Skema Power amplifier dengan TDA2040, Hi-fi Power Ampli Mini Supply Tunggal Suara Jernih

Tipikal IC power amplifier TD2040 low nois

Deskripsi tentang IC TDA2040:

  • Penggunaan Umum: IC TDA2040 umumnya digunakan dalam  audio amplifier untuk menguatkan sinyal suara dari berbagai sumber seperti pemutar musik bluetooth, radio, dan perangkat audio lainnya. IC ini cocok untuk digunakan dalam sistem speaker aktif, penguat headphone, penguat subwoofer, dan sistem audio lainnya.
  • Konfigurasi Penguat: TDA2040 memiliki kemampuan penguatan yang cukup tinggi dengan satu channel keluaran alias mono. IC ini membutuhkan sedikit komponen luar untuk operasinya, membuatnya relatif mudah diimplementasikan dalam sebuah desain sirkuit. Biasanya memerlukan beberapa komponen luar seperti kapasitor kopling dan resistor untuk umpan balik.
  • Spesifikasi Kelistrikan: TDA2040 memiliki rentang tegangan suplai yang lebar, biasanya dari 6V hingga 20V, yang memungkinkan fleksibilitas dalam pengaturan daya dan juga bisa menggunakan supply tunggal dan ganda/simetris. Namun, penting untuk memperhatikan batasan tegangan suplai yang direkomendasikan oleh produsen untuk memastikan kinerja yang aman dan stabil.
  • Karakteristik Audio: IC ini memiliki daya keluaran yang cukup besar, biasanya dalam kisaran beberapa watt hingga beberapa puluh watt tergantung pada konfigurasi dan tegangan suplai. Ini membuatnya cocok untuk menggerakkan speaker dengan ukuran yang berbeda.
  • Low noise dan cacat distorsi: IC TDA2040 memiliki fitur rendah noise/harmonik dan distorsi crossover yang membuat IC ini mampu menghasilkan audio sekelas Hi-fi yang jernih, dan detail.
  • Perlindungan Thermal dan Overload: TDA2040 biasanya dilengkapi dengan fitur perlindungan termal dan overload. Fitur perlindungan ini memastikan bahwa IC tidak terlalu panas atau mengalami kerusakan akibat beban berlebih atau kondisi termal yang ekstrem.
  • Dissipasi Panas: Karena TDA2040 dapat menghasilkan panas selama operasi, disarankan untuk menyediakan pendingin atau heatsink untuk menjaga suhu IC dalam kisaran yang aman. Ini akan membantu mencegah degradasi performa atau bahkan kerusakan permanen pada IC.
  • Aplikasi Tipe bridge (BTL): TDA2040 juga dapat diatur dalam mode jembatan (bridge) atau BTL untuk meningkatkan daya keluaran.
Baca Juga :  Rekomendasi Kit Amplifier Mini Terbaik Termurah Yang Lagi Populer

Baca juga : Skema Rangkaian Mini Power Amplifier Dengan IC TDA2030

TDA2040 adalah pilihan populer dalam desain amplifier audio karena keseimbangan antara kinerja, kompleksitas, dan biaya. Banyak perangkat audio atau elektronika seperti TV mempergunakan IC ini karena suaranya yang jernih, detail, low nois dan anti distorsi akibat cacat crossover.

Skema Power amplifier  TDA2040 supply tunggal

Skema power amplifier mini TDA2040 Ini sangat sederhana dengan supply tunggal, namun mampu menghasilkan kualitas audio yang bagus, cocok untuk pemula atau professional untuk mengerjakan proyel proyek audio rumahan yang sekelas Hi-fi audio karena fiur-fiturnya yang lengkap dan mudah.

skema ampli mini 40watt dengan IC TDA2040
Routing Power amplifier dengan TDA2040

Berikut adalah contoh pengkabelan atau routing dengan PCB bolong atau tanpa PCB juga bisa jika kamu ingin segera menggunakan jenis IC TDA2040 watt dengan supply tunggal ini.
skema hi-fi ampli mini 40watt dengan IC TDA2040

Catatan dan Modifikasi

Kamu bisa memodifikasi capasitor elektrolit atau elco C3 yaitu 2,2 uf dengan nilai yang lebih tinggi misalnya 22uf sesuai keingginan. Semakin besar nilai capasitor ini frekwensi suara semakin rendah menjadi berkarakter low atau bass, semakin kecil nilai kapasitor frekwensi suara makin tinggi atau berkarakter mid-hi. Untuk power supply maksimal adalah 20V, sebaiknya ambil jalur tengah yaitu 15Volt. Gunakan heatsink yang memadai, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Untuk speaker gunakan impedansi 4-8 ohm, hingga 8-10 inch untuk speaker single(8 ohm) atau 4-6 inch untuk double speaker (40hm). Namun tidak sebatas itu karena kamu bisa bereksperimen sendiri untuk memperoleh hasil yang kamu rasa bagus.

Kesimpulan

Skema Power amplifier dengan TDA2040, Hi-fi Power Ampli Mini Supply Tunggal ini cukup mudah dibuat oleh pemula. Tidak susah dan harganya murah kamu sudah bisa merakit sebuah power amplifier rumahan yang kualitas Hi-fi, dimana suara audio yang bersih dan jernih berkat fitur seperti low harmonik dan low distorsi crossover . IC ini juga dilengkapi fitur proteksi terhadap suhu operasi yang tinggi.

Leave a Reply