Skema Rangkaian Mini Power Amplifier Dengan IC TDA2030

IC TDA 2030 adalah produk dari ST Microelectronics, Inc, adalah IC monolitik dalam paket pentawatt yang dibuat untuk digunakan sebagai power amplifier class AB frekuensi rendah. Hal ini biasanya mampu memberikan daya output 14W atau 28V, pada beban atau speaker 4 dan 8 ohm dengan catudaya simetris ± 14V. Namun daya keluaran yang bisa dijamin adalah 12W pada 8 ohm. Jika Kamu ingin bereksperimen merakit mini power amplifier dengan IC TDA2030 saya rasa cukup tepat sekali, karena IC ini memiliki beberapa keunggulan(*kita bahas dibawah) yang bahkan sebuah Merk Speaker aktif telah menggunakan IC ini dan hasilnya cukup bagus terutama bassnya yang cukup halus. Disisi lain IC ini harganya cukup terjangkau dan mudah didapatkan dimana-mana.

Skema Dasar Mini Amplifier dengan IC TDA 2030

Pin Connection IC TDA2030

Tab inverting IC TDA2030

Keterangan :

  • Pin 1 : Input non inverting
  • Pin 2 : Input Inverting
  • Pin 3: Supply Tegangan negatif (-Vs)
  • Pin 4 : Output
  • Pin 5: Supply Tegangan positif (+Vs)

Kelebihan IC TDA 2030

  • IC TDA2030 memberikan arus keluaran tinggi dan memiliki cacat harmonik dan cacat crosover yang sangat rendah sehingga mampu memberikan kualitas audio yang jernih.
  • Lebih lanjut, IC audio ini mengaplikasikan sistem perlindungan hubung singkat asli (dan dipatenkan) yang terdiri dari pengaturan yang secara otomatis akan membatasi daya yang hilang untuk menjaga titik kerja ouput dalam area kerja yang aman. Artinya meskipun jalur ouput koslet, IC masih akan aman atau tidak rusak.
  • IC IC TDA2030 juga dilengkapi sistem proteksi termal, artinya jika suhu kerja terlalu tinggi sesuai batas yang ditentukan maka IC akan protek sehingga tidak terbakar/short. Suhu maksimum yaitu 150ºC.
Lihat Juga :  Mengenal Perbedaan Kelas atau Class dalam Driver Power Amplifier

Skema Dasar

Berikut skema dasar yang direkomendasikan pabriknya, yang dijamin mampu mengeluarkan daya output 12W, namun kamu juga bisa memodifikasi untuk meningkatkan dayanya hingga 20W.

Skema mini amplifier dengan IC TDA2030

Sekali lagi untuk rangkaian diatas yang merupakan rancangan dari pabriknya, mampu mengeluarkan daya hingga 14W dengan catudaya simetris teregulasi  ± 14VDC dengan arus sebesar 3,5A.

Jika kamu juga bereksperimen meningkatkan dayanya hingga 30W dengan metode bridge amplifier atau BTL, kamu bisa mencoba menggunakan desain contoh sbb :

Skema mini amplifier dengan IC TDA2030 bridge 35W

BTL adalah menggabungkan keluaran ouput dari 2 power amplifier menjadi output tunggal atau mono dengan pembalik fasa. Metode BTL bisa meningkatkan daya hingga 3 kalilipat.

Aplikasi

Demikian skema mini amplifier sederhana menggunakan IC TDA 2030 namun mampu memberikan hasil audio yang bagus dan jernih karena beberapa keunggulan terutama rendah distorsi harmonik dan rendah distorsi crossover. Hal ini sangat cocok juga untuk diaplikasikan sebagai subwoofer mini atau speaker aktif yang bagus. Agar semakin aman, meskipun ketahanan suhu maksimal hingga 150 derajat celsius, sebaiknya gunakan pendingin yang baik karena suhu yang tinggi bisa menurunkan daya dan kualitas suara. Perlu diingat bahwa body IC TDA2030 terhubung ke pin 3, jadi sebaiknya diberikan isolator agar lebih aman.

Catatan: Segala risiko kegagalan perakitan Adalah tanggungan kamu sendiri, saya hanya menyediakan skema dan kamu boleh menggunakannya untuk bereksperimen.

Leave a Reply