Skema Box Speaker Rumah Keong, Super Scoop 18 Inch

Desain skema Box speaker Super scoop 18 rumah keong ini masuk kedalam jenis speaker Rear Loaded Horn dimana suara yang disadap adalah yang keluar dari belakang speaker yang disalurkan ke pipa atau horn untuk dilempar kedepan. Box jenis back loaded horn adalah kebalikannya, dimana suara disadap dari bagian depan loudspeaker seperti contoh adalah Box F1 (Funktion One) 18 inch Double, dan semuanya jenis sub-bass-horn. Frekwensi response dari super-scoop  ini dikatakan sekitar 35Hz, dan bisa 30Hz untuk 4 unit yang dipakai. Speaker rumah keong adalah istilah kita untuk menyebut speaker jenis horn, karena bentuk horn khas seperti meniru rumah keong. Tentunya box speaker jenis horn paling cocok untuk lapangan, dan ukuran loudspeaker 18 inch adalah yang cukup sebagai drivernya.

Skema Dan Ukuran Box Speaker Rumah Keong, Super scoop 18 inch

Desain Box rumah keong

Bahan :

Material papan yang harus dipersiapkan untuk membuat speaker rumah keong super scoop disini harus 18mm agar sesuai ukuran skema, boleh kayu lapis atau MDF dll. Tentu bahan yang banyak diminati adalah kayu lapis kualitas yang baik misalnya kayu meranti.

Baca juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

1. Panel dan bagian-bagian box dan tata letak

Gambar skema berikut adalah tataletak dari sekat dan panel, dengan bagian-bagian panel yang diberi tanda abjad .

Lihat Juga :  Harga Speaker ACR 15" 2019, Semua Seri, Jenis, Dan Peruntukannya

skema box speaker rumah keong Dimensi depan box rumah keong
CATATAN: Baffle atau lubang untuk speaker disesuaikan dengan speaker merk seperti yang direncanakan, mungkin ada selisih meskipun sedikit untuk tiap merk. Baca datasheet driver 15″ yang akan dipakai untuk melihat ukuran bafflenya.

Baca juga : Ukuran Box Speaker Mid-hi Double 12 (2×12) Simple Untuk Lapangan

2. Ukuran bagian-bagian panel dan Brace

Berikut adalah bagian-bagian panel dan brace yang dibutuhkan untuk membuat box speaker rumah keong super scoop 18

 

Bagian o
box rumah keong ukuran panel 1 box rumah keong ukuran panel 2 box rumah keong panel Obox rumah keong brace dan ukuran

3. Perakitan bagian-bagian

Selesai membuat semua bagian box seperti diatas , saatnya merakitnya sampai membentuk seperti gambar dibawah. Pada driver compartment perlu dilapisi karpet/bahan peredam akustik, dan kalau perlu diberi baten(warna kuning coklat)  atau tempat untuk memasang grill pelindung loudspeaker.

Brace yang berwarna coklat pada gambar diperlukan untuk menahan papan yang dilengkung, silakan ukurannya disesuaikan sendiri.

Ukurang box speaker rumah keong 18

4. Finish

Finishing silakan menurut selera, bisa dicat atau dilapisi misalnya karpet. Namun jika bahan kayu lapis disarankan didempul dan dicat agar tidak mudah menyerap air. Berikut penampilan 3D Box speaker rumah keong super scoop 18 inch.

Baca juga : Skema Box Speaker Hog Scoop 18 Inch Untuk Subwoofer Lapangan

Desain box speaker rumah keong 18

Demikian skema dan pembahasan box speaker jenis rumah keong, super scoope 18 inch yang cukup digemari oleh pecinta audio lapangan. Selamat mencoba membuatnya!

Leave a Reply