Skema Power Supply Simetris Untuk Power OCL 150W

Memang power supply itu beda beda ya? Sebenarnya tidak beda, yaitu yang secara umum untuk memasok tegangan yang dibutuhkan oleh perangkat elektronika. Sesuai kebutuhan tegangan, inilah yang membedakan diantara power supply misalnya untuk power amplifier, radio pemancar, televisi, komputer dll. Khusus untuk power supply untuk power amplifier, secara umum tidak membutuhkan tegangan yang teregulasi dengan baik seperti halnya power supply untuk pre-amp dan berbagai perangkat osilator/pembangkit signal lainnya. Power supply untuk power amplifier biasanya didesain untuk mampu menyediakan arus yang besar supaya tidak drop saat daya puncak.

Begini Skema power supply yang tepat untuk power OCL 150W agar hasilnya memuaskan:

Membutuhkan supply tegangan simetris

Power OCL bekerja membutuhkan pasokan tegangan simetris, sesuai dengan topologi class amplifier A/B dimana yang menggunakan 2 buah TR penguat akhir NPN dan PNP yang bekerja dengan cara push-pull, dimana masing-masing transistor menguatkan setengah gelombang lebih sedikit. Itulah satu alasan mengapa power OCL 150W ini membutuhkan tegangan simetris yaitu MINUS – GROUND – PLUS.

Membutuhkan supply Arus yang cukup

Class A/B dikenal lebih banyak membutuhkan arus atau boros setelah ditemukan jenis yang lebih efisien yaitu Class D. Yang saya mau katakan adalah, power OCL 150 tak akan bisa memberikan hasil yang baik ketika arus dari power supply tak mencukupi. Lalu berapa Trafo yang dipakai agar Power OCL 150W bisa maksimal? rata-rata trafo 5A Murni sudah cukup bagus untuk power OCL standar TIP2955/3055 mono dengan speaker 4Ω. Sementara rata-rata rakitan Power OCL yang banyak beredar dipasaran tak boleh lebih dari 32VAC(trafo) atau 45VDC setelah disearahkan dengan diode bridge dan ELCO. dari mana saya tahu bahwa trafo 5A murnbi dan tegangan 32V sudah cukup bagus? Alasannya disini → Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

Lihat Juga :  Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Menggunakan ELCO yang cukup

Seiring dengan” boros” nya power OCL 150W(efisiensi 50%) , maka elco semakin besar semakin baik, tapi jangan terlalu besar juga karena harga ELCO mahal jadi sedang-sedang saja atau cukup. Disini saya lebih suka mempararel beberapa elco kecil 2200uf dari pada 2 buah elco yang besar. Alasan saya, ELCO besar memakan tempat dan yang cukup dikhawatirkan banyak yang palsu. Baca juga  →

Skema

Baiklah berikut skema power supply yang saya kira cukup sesuai untuk menghidupkan power OCL 150W dengan maksimal.

SKEMA POWER SUPPLY SIMETRIS OCL 150W

DAFTAR KOMPONEN

  1. T1: Trafo 5A-10A Murni
  2. D: Diode Bridge 30A
  3. C1 – C10: Elco 220uF 50-80V
  4. C11,C12: 100nf 100V
  5. R1,R2: 3k9 2W

Keterangan :

C11 dan C12 bertujuan untuk mengurangi induktansi parasit pada ELCO. Kemudian untuk resistor R1 dan R2  berguna untuk menguras tegangan yang tersimpan oleh ELCO ketika power dimatikan, supaya power cepat off.

Demikian skema dan pembahasan power supply untuk power amplifier 150W supaya hasilnya bisa maksimal dan lebih memuaskan.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *