Power Supply 1 Trafo 2 Kiprok / Bridge – Skema, Kelebihan dan Peruntukannya

Power Supply Simetris pada umumnya menggunakan 1 kiprok atau dioda bridge untuk memberikan tegangan kepada power amplifier baik mono maupun stereo. Tapi disini saya akan membagikan 3 skema power supply yang berbeda tapi khusus yang menggunakan 2 kiprok yang bisa kita terapkan untuk beberapa keperluan. Lalu untuk apa menggunakan 2 kiprok / dioda bridge padahal 1 bridge saja kan sudah cukup? Supaya kamu mengerti apa alasannya, maka baca terus artikel ini sampai habis – toh kamu nggak rugi hanya tinggal baca saja, daripada saya yang harus menggambar dan menulis disini 😀

Cara Membuat Power Supply Simetris 1 trafo 2 kiprok/dioda bridge untuk berbagai keperluan & Kelebihannya.

Skema Power Supply Simetris 1 trafo 2 kiprok untuk menghidupi Power Amplifier dan Asesoris

Banyak manusia yang menggunakan 2 trafo bahkan lebih untuk 1 unit amplifier. Sebenarnya itu sah-sah saja, yang penting syaratnya kamu harus ada dana dobel untuk membeli 2 trafo tersebut, dimana yang harganya terus naik seiring kenaikan harga 9 bahan pokok 🙂 . Mungkin bagi kamu yang tak memiliki tanggung jawab sebagai kepala keluarga, 1 unit amplifier menggunakan 10 biji trafo pun nggak masalah karena nggak akan ada yang akan mengkritik. 😀

Nah bagi kamu yang masih harus membuat sejuta alasan kepada pendamping sebelum membeli komponen elektronika, maka solusi 1 trafo 2 kiprok ini bisa sangat membantu. Manfaatnya selain untuk efisiensi anggaran pengeluaran rumah tangga, cara ini juga bisa mengefektifkan penggunaan daya dirumah kamu supaya tagihan meteran PLN nggak terus membengkak hanya gara-gara setiap hari mendengarkan musiknya Canada, Aurora, Adella, Sonata, Monata, New Palapa, dkk setiap hari 😀 – artinya sama saja yaitu irit daya.

Dengan cara ini kamu bisa sedikti berhemat, dan kalau dipandang rangkaian unit amplifier kamu nggak terlalu ruwet, juga nggak terlalu berat kalau diangkat misalnya dipinjam tetangga unjtuk takziah, atau rapat RT. Pertanyaanya, apakah nanti tidak menyebabkan humming, braming, nois bin dengung kalau supply acesoriesnya diambil dari 1 trafo saja?…

Begini, masalah dengungan memang bisa disebabkan oleh supply yang kurang bersih, tapi kalau cara pengaturannya betul saya kira sama saja, Saya sendiri selalu menggunakan cara ini daripada harus rebutan budget belanja dengan istri – dan hasilnya bagus dan no dengungan. Asalkan pengkabelaan dan grounding kamu bagus nggak akan jadi masalah. Justru kalau kebanyakn trafo malah berpotensi dengung karena trafo mengeluarkan fluks/medan magnet yang bisa mempengaruhi signal terutama asesoris. Cek Id Ot :

Skema Power supply 2 output

Keterangan Komponen :

  • C1,C2 ; 1000UF/25V
  • C3, C4 : 470UF/25V
  • C5 -C8 : 10000UF/80V
  • R1,R2 : 100Ω

Biar tambah Glerr, gunakan Box Speaker Miniscoop dan Box speaker Planar

Skema Power Supply Simetris 1 trafo 2 Kiprok untuk Meningkatkan Arus dan Membersihkan tegangan

Memang, 1 kiprok saja sudah cukup untuk mengurusi 1 unit power amplifier, namun apabila kamu mau menyisihkan sedikit rupiah untuk menambah 1 lagi dioda bridge/ kiprok maka itu nggak akan sia-sia, Jelas ini akan ada manfaatnya –  terutama jika kamu masih menggunakan power 150 standar dengan trafo 5 ampere.

Lihat Juga :  Cara Modifikasi Power OCL 150 Untuk Mendorong Subwoofer

Dengan menggunakan skema rangkaian 1trafo 2 kiprok berikut ini, maka kamu akan mendapatkan supply yang lebih bersih dan lebih kuat arusnya(konon sih). Tapi memang betul kayaknya, soalnya setelah saya praktekkan hasilnya bagus banget, suaranya lebih jernih dan bassnya lebih menendang padahal hanya power OCL 150watt standard 1 set tr final.

Ide ini saya dapatkan dari komunitas, yang sudah melewati perdebatan panjang pro & cons yang panjangnya hingga ratusan komentar. Ya begitulah, orang-orang komunitas kebanyakan sukanya pada berdebat, padahal membuktikan saja nggak, ahh sudahlah… 🙂

Baca juga : Cara Merangkai Banyak Elco Untuk Power Supply Power Amplifier

Okelah langsung buktikan saja, nggak usah banyak tanya dikomentar tanpa mencoba lebih dahulu n  biar beda sama yang lain. Cek Id Ot :

Skema Power Supply 1 TRAFO 2 KIPROK

Skema Power Supply Simetris 1 trafo 2 kiprok untuk menghidupi Power Amplifier Stereo

“Bukankah kalau powernya stereo/dual power amp, power supplynya sudah cukup walau hanya dengan menggunakan 1kiprok/diode bridge saja? kan hanya tinggal gabungin saja toh Boss?”

Kalau kamu mau tanya seperti itu di komentar dijamin nggak akan saya balas. Ya memang benar itu sudah cukup – artinya kamu bisa menggunakan 1 power supply simetris untuk dual power amp/stereo seperti biasanya.

Akan tetapi jika kamu rela menyisihkan anggaran untuk tambahan kiprok/dioda bridge maka kamu akan mendapatkan manafaat lebih dari pada jika hanya menggunakan 1 kiprok seperti yang lain kebanyakan. Lalu apa manfaat dan apakah ada  kerugiaannnya menggunakan cara seperti ini? Tentu saja ada, sbb:

Manfaatnya :

  1. Kamu akan mudah melacaknya jika ada masalah dengan power ampli dikemudian hari
  2. JIka ada masalah pada power ampli yang channel L atau R, maka chanel yang lain tetap aman atau tidak terganggu
  3. Jika salah satu chanel ada yang short/koslet misalnya final short atau speaker short, maka tidak akan mempengaruhi/merusak komponen channel yang lain.
  4. Dioda bridge panasnya akan berkurang karena panasnya akan dibagi untuk masing-masing diode bridge. Karena panas pada diode bridge akan sangat menurunkan efektifitasnya dengan kata lain mengurangi arus.

Kerugiannya :

Kerugiannya, karena cara ini hanya menggunakan ½ gelombang maka arus yang dihasilkan tentu tidak seoptimal jika 1 gelombang. Walaupun ini hanya sedikit, tapi bagaimanapun masih lebih baik jika membagi tegangan dengan cara seperti biasanya jika pakai 1 kiprok.

 

Tapi ada solusinya. Yaitu jika kamu ingin lebih aman, maksudnya jika ada kerusakan pada salah satu channel L/R tidak mempengaruhi channel yang satunya – plus kamu juga mendapatkan arus yang optimal dari rangkaian supply 1 gelombang maka bisa menggunakan cara yang satu ini => klik disini.

Baiklah berikut skemanya :

supply power 2 kiprok untuk power ampli stereo

Demikian sob 3 cara menggunakan 2 kiprok dengan 1 trafo pada power supply simetris untuk unit power / amplifier dengan penjelasan, kegunaan, manfaat dan tujuanya.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

15 Pemikiran pada “Power Supply 1 Trafo 2 Kiprok / Bridge – Skema, Kelebihan dan Peruntukannya

    1. Supri Post author

      Aman, tapi sebaiknya dilonggarin 80V sebab 32VAC jika disearahkan akan menjadi sekitar 47VDC, jadi elco 50V terlalu ngepres sehingga mungkin akan panas

      Balas
  1. Ramat

    wta dong mas supri,,,, maaf saya masih bener bener baru banget belajar power amplifier dan juga belajar otodidak bahkan komponen2 elektronik masih belum hapal fungsi2nya,,, 🙁

    contoh kalau saya mau bangun ampli pake 1 smps 45v 8A dan 2 driver ampli mono ocl 150w itu harusnya rangkaian sperti apa ya? sedangkan dari smps ada kutub + ct – itu artinya sudah arus DC kan ya ?
    apa perlu 2 dioda kiprok lagi untuk masing2 driver atau langsung diseri?
    terus berapa volt yg didapat dari masing2 driver tsb?
    atau ada cara yg tepat juga efisien untuk driver ini selain beli smps lagi :(…?

    Balas
    1. Supri Post author

      Mengenai SMPS. kalau outputnya – GND + artinya simetris, cocok untuk power amplifier simetris. tentu saja DC, sebab kalau AC tak ada – dan + 😀

      SMPS tak perlu lagi pakai kiprok/diode, jadi langsung disambung ke jalur – GND + power amplifier

      1 buah power supply bisa digunakan untuk 2 power amplifier mono. Tinggal digabung saja jalurnya ke masing-masing vcc powernya : – GND + . Dan bisa juga 1 power mono pakai power supply sendiri-sendiri, tergantung kebutuhan.

      Kalau untuk power OCL 150W, perhatikan apakah mendukung 45Volt? kalau tidak jangan dipaksa 45V, sebab rata-rata power OCL 150w pakai vcc 32V.

      Balas
      1. Rahmat

        siap.. terimakasih atas pencerahannya mas supri,,, semoga tambah berkah ilmunya,,

        jadi 1 power supply smps langsung diseri ke 2 driver ampli gitu aja ya mas…

        siap…

        Balas
      1. Herry Tok

        Mantul….durasi test dari jam 8 sd 16…suhu aman..Bass lebih bulet…dites dgn Speaker 15″ rangkaian 12 ohm….(kit stereo 700 watt, Di pisah buat kanal L & R )

        Balas
  2. ronyags

    Tanya mas Supri, kalau saya punya trafo non CT 2A, apakah saya bisa memakai dua kiprok untuk menghasilkan tegangan 12V dan 9V?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *