Cara Merangkai Banyak Elco Untuk Power Supply Power Amplifier

Banyak pertanyaan yang beredar seputar Elco untuk power supply untuk power amplifier khususnya watt medium dan besar. Berapa microfarad elco yang dibutuhkan?, berapa voltase elco yang diperlukan, dan berapa banyak elco yang dibutuhkan? Adalah pertanyaan umum yang sampai saat ini masih seringkali ditanyakan. Ya, itu adalah pertanyaan yang sangat-sangat masuk akal dan memang harus dipahami ketika kita berbicara mengenai power amplifier karena power supply adalah salah satu blok penting dalam suatu power amplifier selain TR final yang berpengaruh kepada kualitas audio.

Cara Merangkai Banyak Elco dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Power Supply

Kegunaan Elco pada Power Supply untuk Kebutuhan Power Amplifier

Elco adalah kependekan dari electrolit condensator, adalah jenis capasitor yang memiliki konduktor dari bahan elektrolit . Ada banyak jenis capasitor termasuk yang kita kenal dengan capasitor milar, keramik, kertas, mika, dll. Kondensator adalah sebutan untuk capasitor. Jenis Elco biasanya digunakan untuk capasitor yang memiliki polarisasi atau kutub negatif dan positif serta memiliki nilai 1 micro farad keatas.

Elco bisa menyimpan energi litrik ketika terputus dari rangkaian pengisi. Ada banyak fungsi kapasitor dalam sebuah rangkaian, diantaranya adalah peredaman, kopling tegangan AC, filter frekwensi, penyearah, perata tegangan, dsb. Namun secara khusus untuk power supply, elco selain bekerja sebagai perata dalam sebuah rangkaian penyearah juga untuk menyetabilkan tegangan.

Nah dengan demikian elco sangat berperan atau sangat besar pengaruhnya dalam sebuah rangkaian power supply khsusunya untuk power audio. Jika kapasitor tak seimbang atau kurang mencukupi terhadap kebutuhan tegangan dari sebuah power maka hasilnya pasti kurang mantab. JIka elconya mencukupi kebutuhan daya, maka hasilnya power pasti mantab dan nendang. Baca terus, saya akan lanjut info ini dibawah!!!!

Sebenarnya ada aturan dan rumusnya untuk menghitung kebutuhan elco terhadap kebutuhan tegangan dari sebuah power amplifier, tapi ini tidak akan saya bahas karena saya tidak paham juga hingga sejauh itu hehe . Maka disini akan kita ambil gampangnya saja, asumis saya semakin tinggi daya keluaran amplifier maka elco-nya juga harus semakin besar.

Microfarad yang Dibutuhkan untuk Power Supply untuk Power Amp

Microfarad(uF) adalah kapasitas dari sebuah kondensator. Kapasitas dari kondensator mulai dari Pico(PF), nano(nF), micro(mF),  Farad(F) hingga kilo farad atau super-capasitor. Kita tak akan bahas mengenai satuan kapasitor, namun yang jelas setiap nilai kapasitor dalam rangkaian elektronik digunakan sesuai fungsi dan kebutuhan.

Khusus untuk power supply,  elco yang dibutuhkan bergantung dari kebutuhan tegangan rangkaian yang disupply. Power amplifier akan membutuhkan tegangan yang semakin besar tergantung dari daya yang harus diekeluarkan.

Jadi apa akibatnya jika elco kurang mencukupi kebutuhan?  Tentu saja arus dan tegangannya akan drop ketika power mencapai titik daya output yang lebih besar dari kapasitas elco. Hasilnya, audio bisa serak, nggebrek, atau bass terasa kurang nendang padahal trafo sudah cukup besar dan final juga sudah cukup.

Lalu berapa jumlah elco yang saya butuhkan? Sebenarnya ini perlu pakai rumus tertentu yang melibatkan daya maksimal dan macam-macam dan saya juga kurang begitu paham secara detail karena saya belajar otodidak : D Karena ini audio akan saya gunakan sendiri, maka secara gampangnya saja saya anggap bahwa semakin banyak microfarad (MF) maka semakin lega driver amplifier kita dalam memakai tegangan – jadi tak akan kehabisan tegangan lagi ketika sedang mencapai daya maksimalnya (asumsi ini tentu berlaku apabila arus dari trafo mencukupi).

Masalahnya karena elco ini harganya cukup mahal dan semakin banyak kapasitasnya bentuknya juga semakin besar, maka kita kembali lagi kepada kebutuhan kita. Nah supaya kita nggak bangkrut gara-gara terlalu banyak elco yang tak seimbang dengan daya ampli yang kecil atau tak seimbang dengan isi box ampli yang sempit maka ada solusinya.

Ini bukan hitung-hitungan menggunakan rumus, tapi berdasarkan pengalaman dan ilmu kira-kira :

  • Power ampli dengan daya  30watt – 60watt – butuh elco power supply 4000uf
  • Power ampli dengan daya  60watt – 150watt – butuh elco power supply 10000uf
  • Power ampli dengan daya  150watt – 300watt – butuh elco power supply 15.000uf
  • Power ampli dengan daya  300watt – 800watt – butuh elco power supply 20.000uf
  • Power ampli dengan daya  800watt – 1500watt – butuh elco power supply 40.000uf

Jika kamu ingin menggunakan lebih banyak dari itu juga nggak apa-apa, toh biaya kamu sendiri yang akan nanggung. Catatan : itu adalah jumlah elco untuk supply 1 sisi, karena power ampli class A/B biasanya membutuhkan tegangan simetris maka kamu harus memikirkan sisi yang satunya alias dikali 2.

Baca juga : Kelebihan Kekurangan Power Class D dan Perbedaannya dengan Power Class AB

Sementara itu jumlah Volt tergantung dari berapa tegangan dari trafo. Misalnya tegangan AC dari trafo adalah 32volt, maka voltase elco minimal adalah 50volt. Lho kok 50V, tidak 32 volt?.. Ya karena kita juga perlu memberi toleransi supaya ELCO lebih aman, asumsi yang lain tegangan AC dari trafo akan naik ketika menjadi DC setelah keluar dari penyearah. Kalau voltas terlalu ngepres bia panas elconya kalau kekecilan bisa meledak sedangkan kita tak yakin jika tegangan dari trafo bisa naik atau turun.

Lihat Juga :  HTML tag Alignment

Cara Merangkai Banyak Elco Didalam Sebuah Power Supply

Jika kita sudah memiliki banyak elco, kita bisa menghubungkan satu sama lain agar bisa mendapatkan kapasitas yang kita perlukan. Hal ini elco bisa dirangkai pararel atau diseri tergantung kebutuhan. Merangkai banyak elco juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi ruang box yang terbatas karena semakin besar nilai elco makan bentuknya akan semakin besar. Jadi kita bisa menggunakan elcco kecil-kecil agar box amplifiernya cukup.

Baca juga : Skema Cara Menggabungkan 2 Trafo untuk keperluan 1 Power Amplifier

Dalam merangkai elco, kita perlu mengetahui prinsip dasarnya sebagai berikut:

  • Elco dirangkai secara pararel = Mcrofarad(mF) tak bertambah tapi Voltase nambah.
  • Elco dirangkai secara seri = Mcrofarad(mF) bertambah tapi Voltase tetap.

Hanya ada 2 hasil yang akan kita peroleh dari merangkai elco secara seri maupun pararel. Berdasarkan ilmu itu, maka kita juga bisa menambah mF dan menambah Voltase yaitu dengan komkbinasi seri dan pararel.

Contoh merangkai banyak elco untuk power supply

  1. Pararel untuk Menambah kapasitas/microfarad

Cara Merangkai elco untuk power supply

Saya punya 8 buah elco 1000mF /50v, tapi saya membutuhkan elco berkapasitas 4000mF/50v untuk PSU simetris saya yaitu (-32Vac)dan (+32Vac). Karena saya hanya membutuhkan kapasitor 4000mF sementara voltase trafonya 32Vac, maka 4 buah elco 1000uf/50v cukup saya pararel saja –  yang hasil akhirnya menjadi @4000mF/50v. Karena simetris, maka tiap 4 buah elco saya pakai di masing-masing sisi tegangan.

Baca juga : Kerusakan Umum pada Driver POWER Amplifier OCL 150 watt

2. Seri Kombinasi Pararel

Merangkai banyak elco menambah voltase

Dalam kasus saya punya 8 buah elco 10000mF/25v, tapi saya ingin menggunakannya untuk PSu tegangan simetris (-42Vac) dan (+42Vac).  Maka saya akan mengambil 4 buah elco, masing-masing 2 elco saya seri kemudian saya pararel ; hasilnya total menjadi 20000mF/100V. Karena PSu simetris, maka disini saya membutuhkan 4 elco untuk masing-masing sisi tegangan . Dan kebetulan saya juga membutuhkan elco 20000mF, jadi saya tak perlu membeli elco lagi.

Misalnya Merangkai elco lebih dari 2 buah, yaitu 3 buah elco.

cara merangkai capasitor

Seri : Karena jika diseri voltase tetap, tapi mF berkurang. Kalau ada 3 elco misalnya @1000mf/16v dirangkai seri maka mF-nya tinggal dibagi jumlahnya (3) maka 1000 dibagi 3 maka hasilnya adalah total kapasitas 300,333mF/48V.

Dipararel : Karena dipararel mF-nya bertambah dan voltase tetap. Kalau ada 3 elco misalnya @1000mf/16v dipararel maka mF-nya tinggal dikalikan jumlahnya (3) saja maka 1000x 3 maka hasilnya total kapasitas 3000mF/16V.

Bagaimana jika elco lebih dari itu?…..

Pakai hitung-hitungan perkalian sederhana saja, dengan asumsi untuk kita pakai sendiri atau bukan untuk keperluan industri dan tugas sekolah. Kalau misalnya untuk tugas sekolah, semua harus tepat maka tanyakan rumus yang sebenarnya kepada Pak Dosen. 😀

Begini hitung-hitungan sederhana-nya :

JIka untuk menambah micorfarad artinya elco harus dipararel, maka untuk menghitung hasil penambahannya maka (uF) kalikan dengan jumlah elco yang dirangkai pararel. Tapi voltasenya tetap atau tidak berubah.

Jika untuk menambah voltase artinya elco harus diseri, maka jumlah voltase dikalikan dengan jumlah elko. Tapi sayangnya (uF) nya menjadi berkurang; lalu cara menghitung kekurangannya adalah microfarad di bagi dengan jumlah elco yang dirangkai seri.

Bagaimana jika microfarad (uF) dan voltasenya (V) berbeda-beda?…..

Kalau nilainya berbeda-beda tidak disarankan. Jadi Sebaiknya pilih elco yang sama saja dulu karena ini akan rumit hitung-hitungannya, lagian nanti akan nggak enak dilihat sebab elko akan terlihat besar dan kecil dan risikonya meledak jika tak seimbang atau salah dalam merangkainya. Sebaiknya cari yang aman dan disarankan saja agar audio kita aman dan hasilnya bagus.

Baca juga : Skema Box Speaker Mini Scoop dan Cara Membuatnya

Sementara itu Dalam Prakteknya…

Pada prakteknya, para master perakit power amplifier seringkali hanya merangkai elco secara pararel saja atau untuk menambah microfarad. Hal ini biasanya agar box power ampli yang dirakitnya tidak terlalu tebal – alasannya semakin besar nilai elco maka akan semakin besar dan tinggi juga bentuknya. Jarang  yang merangkai elco secara seri, karena akan rugi sebab semakin besar microfarad maka semakin mahal harganya – yang notabene diseri akan menurunkan microfarad-nya.

Disamping  agar box muat, alasan lain karena banyak master yang yakin bahwa elco yang besar-besar dipasaran seringkali palsu. Atau juga ada yang merasa jika sudah punya banyak elco, alasannya sayang daripada tidak dipergunakan.

Merangkai banyak elco yang secara nilai yang berbeda-beda khususnya untuk power supply power ampli, menurut teori sih biasa saja – tapi dalam prakteknya saya belum pernah menemukan yang seperti itu. Selain tak lazim, elco yang berbeda-beda jika dirangkai jadi satu bisa merusak penampilan. hehe

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

6 thoughts on “Cara Merangkai Banyak Elco Untuk Power Supply Power Amplifier

  1. Ansar

    Aku kemarin rakit psu kang, tapi ukuran mf nya berbeda?
    4biji elko 4700uf/50, dan 10000uf/50v 2biji.
    Pertanyaan nya untuk amplifier 500wat maksimal dan bagus nya di kasih ukuran elko yg brapa kang?
    Tegangan dari terapo aku pake 32v trafo 5a murni palarel 5a murni lagi. (Merk trafo sama bell ori )

    Reply
    1. Supri Post author

      Yaya nggak ngerti hitungan pastinya. Tapi biasanya 10000mf saja sudah cukup, jika ditambah menjadi 2kali semakin anteng(stabil) asalkan budget nggak masalah.

      Reply
  2. Kang Bengis

    Untuk hasil suara yang bagus, elko pada psu sebaiknya di pasang seri apa pararel master, maaf pemula

    Reply
    1. Supri Post author

      diseri kalau untuk nambah volt, dipararel utk nambah mF. Bukan masalah bagus atau bukan, tapi apa tujuannya?…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *