Cara Merakit Dioda Pengganti Kiprok

Cara merakit dioda menjadi kiprok tidaklah susah, kita hanya memerlukan 4 buah dioda silikon sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya namanya bukan kiprok tetapi dioda bridge atau penyearah bridge, sedangkan kiprok adalah penyearah untuk kelistrikan sepeda motor sekaligus mengontrol arus pengisian ke aki motor.

Merakit Dioda Bridge Sendiri yang terdiri dari 4 buah dioda silikon

Tujuan dioda bridge adalah untuk menyearahkan tegangan AC menjadi DC dengan konfigurasi gelombang penuh, sementara ada rangkaian penyearah 1/2 gelombang . Dioda bridge juga sering digunakan untuk keperluan power supply simetris gelombang penuh untuk mensuplai peralatan yang memerlukan tegangan simetris mialnya power amplifier class A/B atau IC tertentu yang membutuhkan tegangan simetris misalnya kebanyakan IC Op-amp .

Sekilas Pengertian Dioda Bridge

Dioda Bridge adalah suatu rangkaian elektronik yang terdiri dari empat dioda yang disusun sedemikian rupa sehingga mampu mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Rangkaian ini dikenal juga dengan sebutan penyearah jembatan atau rangkaian penyearah gelombang penuh. Dioda Bridge sangat umum digunakan dalam aplikasi seperti catu daya, dan konverter AC-DC. Sementara yang kalian sebut Kiprok tadi adalah dioda bridge yang sudah dalam bentuk rangkaian jadi yang dibungkus secara solid oleh pabrik pembuatnya.

Tujuan utama dioda Bridge adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Dalam sistem catu daya konvensional, arus bolak-balik yang dihasilkan oleh sumber listrik AC (misalnya listrik rumah tangga) harus diubah menjadi arus searah yang stabil dan dapat digunakan oleh perangkat elektronik.

Rangkaian dioda bridge

Komponen utama dalam dioda Bridge adalah empat dioda. Keempat dioda ini diatur dalam bentuk jembatan yang terdiri dari dua pasang dioda yang saling berlawanan. Dua dioda pertama membentuk satu pasang yang disebut dioda positif, sedangkan dua dioda lainnya membentuk pasang yang disebut dioda negatif.
membuat dioda bridge dari 4 dioda biasa
KETERANGAN:  Sediakan 4 buah dioda silikon (D1,D2,D3,D4), kapasitas dioda sesuaikan dengan kebutuhan misalnya 5A atau 10A.

Baca Juga :  Skema Jalur Kabel Tape Mobil Head Unit

Penggunaan Dioda Bridge Sebagai Penyearah

cara merakit dioda pengganti kiprok
Gambar skema diatas menjelaskan contoh penggunaan dioda bridge/kiprok yang dibuat dari dioda silikon sebanyak 4 buah untuk penyearah pada power supply simetris dan non simetris.

Prinsip kerja dioda bridge

Prinsip kerja dioda Bridge sangat sederhana. Ketika arus AC masuk ke dioda Bridge, dioda-dioda pada pasangan positif dan negatif akan mengarahkan arus dalam satu arah tertentu. Ketika arus masuk melalui terminal masukan positif, dioda pada pasangan positif akan menjadi terbuka (on) dan mengarahkan arus ke terminal keluaran positif. Pada saat yang sama, dioda pada pasangan negatif akan menjadi tertutup (off), sehingga arus tidak dapat mengalir melalui jalur tersebut.

Ketika polaritas arus AC berubah, dioda-dioda pada dioda Bridge juga akan mengubah arahnya. Dioda yang sebelumnya tertutup akan menjadi terbuka, sedangkan dioda yang sebelumnya terbuka akan menjadi tertutup. Dengan demikian, arus dapat mengalir melalui dioda Bridge ke terminal keluaran dengan arah yang sama, menghasilkan arus searah yang stabil.

Keuntungan dioda bridge

Keuntungan menggunakan dioda Bridge adalah efisiensi konversi yang tinggi dan kemampuannya untuk menghasilkan arus searah yang stabil dari sumber AC. Selain itu, dioda Bridge memiliki ukuran yang relatif kecil dan biaya yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang populer dalam banyak aplikasi elektronik.

Namun, dioda Bridge juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah adanya penurunan tegangan sebesar dua kali tegangan maju dioda (drop voltage) pada saat arus melewati dioda Bridge. Selain itu, dioda Bridge juga tidak menghasilkan tegangan output yang benar-benar konstan, dan tegangan outputnya akan bergantung pada tegangan input dan beban yang terhubung.

Dalam kesimpulannya, dioda Bridge adalah sebuah rangkaian elektronik yang penting dalam konversi arus AC menjadi arus DC. Rangkaian ini menggunakan empat dioda yang diatur dalam bentuk jembatan untuk mengarahkan arus dalam satu arah tertentu. Dengan menggunakan dioda Bridge, kita dapat menghasilkan arus searah yang stabil dan dapat digunakan untuk menjalankan berbagai perangkat elektronik.

Nah demikian cara merakit dioda pengganti kiprok atau yang lazimnya disebut dengan dioda bridge atau penyearah jembatan semoga bermanfaat!

Leave a Reply