Rangkaian Trafo CT 12 Volt, Simetris Non Simetris

Transformator CT atau trafo dengan center tap adalah jenis transformator yang memiliki dua lilitan primer dan dua lilitan sekunder. Pada lilitan sekunder, terdapat titik tengah (center tap) yang terhubung ke tanah (ground) atau ke sumber tegangan DC (jika digunakan sebagai bagian dari penyearah). Bentuknya mirip dengan huruf “T” dengan titik tengah pada garis vertikal.

Rangkaian Trafo 12V Untuk Power Supply Simetris Dan Non Simetris

rangkaian trafo CT 12V non simetris rangkaian trafo CT 12V simetris

Keunggulan Trafo CT (Center Tap):

Penyearahan Tegangan AC menjadi DC:

Salah satu keunggulan utama transformator center tap adalah kemampuannya untuk digunakan sebagai bagian dari penyearah (rectifier) yang menggunakan dua dioda dengan center tap. Dengan menggunakan trafo atau  transformator center tap, kita dapat mengonversi tegangan AC menjadi tegangan DC yang stabil dan memiliki polaritas yang sesuai.

Pemisahan Tegangan AC:

Pada transformator dengan center tap, dua lilitan sekunder yang memiliki polaritas yang berlawanan dapat menghasilkan dua tegangan yang sama besar tetapi berlawanan. Hal ini memungkinkan pemisahan tegangan AC yang berguna dalam beberapa aplikasi seperti penggunaan sumber tegangan pusat (center-tapped), yang membuat trafo CT umum digunakan untuk membuat penyearah simetris yaitu dengan titik tegangan (-) 0/GND (+) dalam aplikasi Power amplifier class AB.

Distribusi Beban yang Seimbang:

Dalam beberapa kasus, beban yang dihubungkan ke dua ujung lilitan sekunder memiliki nilai yang sama, sehingga distribusi beban menjadi lebih seimbang dengan menggunakan center tap.

Baca Juga :  Ciri ciri Kerusakan Xtal Pada TV Tabung Dan LED Dan Gejala

Keunggulan Penyearah Dioda Center Tap:

Efisiensi Konversi:

Penyearah dengan dua dioda center tap umumnya memiliki efisiensi konversi yang lebih tinggi daripada penyearah setengah gelombang (half-wave rectifier) karena setiap siklus gelombang positif dan negatif dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan arus DC.

Tegangan DC Stabil:

Dengan menggunakan dua dioda center tap, tegangan DC yang dihasilkan cenderung lebih stabil dibandingkan dengan penyearah setengah gelombang. Ini karena penyearah center tap menggunakan dua siklus gelombang dalam satu periode waktu, sementara penyearah setengah gelombang hanya menggunakan satu siklus.

Penggunaan Dioda yang Efisien:

Dua dioda center tap digunakan secara bergantian pada setiap siklus gelombang, mengurangi beban pada masing-masing dioda dan memperpanjang masa pakai dioda tersebut.

Namun perlu diingat bahwa penyearah dengan dua dioda center tap memiliki efisiensi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan penyearah jembatan (full-wave bridge rectifier) karena pada penyearah jembatan, empat dioda dapat digunakan secara bersamaan, meningkatkan efisiensi konversi. Pemilihan jenis penyearah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan sifat beban yang akan dihadapi.

Kesimpulan

Trafo CT atau penyearah centertap dengan dua dioda memeiliki beberapa kelebihan terutama memiliki konversi yang lebih tinggi daripada dioda bridge, namun kelemahaannya memiliki efisiensi lebih rendah. Dan Untuk trafo jenis CT memiliki keunggulan bisa digunakan juga untuk power supply tegangan simetris yang umumnya banyak digunakan untuk power amplifier class AB.  Demikian contoh rangkaian trafo CT 12V penyearahan simetris dan non simetris.

Leave a Reply