✓Fungsi Bahan Peredam GlassWool, Foam, Didalam Box Speaker

Apa fungsi bahan Peredam box speaker seperti Glasswool, Foam, polyester dan lain-lain yang seringkali ditambahkan? Seringkali bahan bahan ini ditambahkan kedalam box pada speaker-speaker hi-fi audio, dan disini akan kita bahas apa saja kegunaan dan manfaatnya terhadap suara audio kita.

Menambahkan Peredam Pada Dinding Dalam Box Speaker

fungsi wool peredam box speaker

Istilah yang umum yang digunakan untuk menyebut bahan peredam di dalam box speaker adalah “damping material” atau “acoustic damping material.” Damping adalah kemampuan material untuk menyerap atau mengurangi getaran dan resonansi. Jadi, bahan peredam akustik ini sering disebut sebagai material peredam atau bahan damping dalam konteks desain speaker.

Baca juga : Mengganti Spul Speaker Dan Perubahan Karakter Suara

Penempatan peredam

Peredam box speaker biasanya dipasang untuk melapisi dinding dalam box speaker, bisa hanya di tempelkan pada dinding belakang saja atau keseluruhan dinding dalam. Bahan yang digunakan ini bisa bermacam-macam, yang penting memiliki kemampuan menyerap atau mengurangi getaran dan resonansi.

Bahan-bahan yang Umum Digunakan

  • Wool atau Busa Akustik: Bahan ini sering digunakan untuk menyerap suara dan meredam resonansi di dalam box speaker.
  • Serat Kaca atau Wolfram: Material ini dapat digunakan sebagai lapisan peredam untuk mengurangi resonansi dan getaran di dalam box.
  • Polyfill: Serat polyester yang sering digunakan sebagai bahan peredam untuk mengurangi distorsi dan meningkatkan respons frekuensi rendah.
  • Kapas atau Serat Mineral: Material ini dapat digunakan untuk meredam resonansi dan memberikan kontrol akustik di dalam box.
  • Foam (Busa): Busa akustik dapat digunakan untuk meredam getaran dan mengurangi distorsi di dalam box.

Setiap bahan diatas memiliki karakteristik akustik yang berbeda, dan pemilihan bahan tergantung pada desain speaker dan tujuan akustik yang diinginkan. Kombinasi bahan peredam dengan desain box yang tepat dapat membantu mencapai kualitas suara yang optimal.

Baca Juga :  Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 Set

Fungsi Utama Peredam Box Speaker

Lapisan bahan peredam yang ditempatkan di dalam box speaker memiliki beberapa fungsi utama yaitu:

  • Reduksi Resonansi: Bahan peredam membantu mengurangi resonansi atau getaran yang dapat terjadi di dalam box speaker saat suara diproduksi. Resonansi yang tidak diinginkan dapat menyebabkan distorsi suara.
  • Penyerapan Suara: Bahan peredam dapat menyerap suara yang terpantul di dalam box speaker, mengurangi efek pantulan dan meminimalkan potensi distorsi akustik.
  • Peningkatan Kualitas Suara: Dengan mengurangi resonansi dan meminimalkan distorsi, bahan peredam dapat membantu meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker.
  • Kontrol Gelombang Suara: Beberapa bahan peredam dirancang untuk membantu mengontrol gelombang suara di dalam box speaker, memastikan bahwa gelombang-suara yang terpantul tidak saling mengganggu dan menciptakan distorsi. Efek pantulan suara ini menyebabkan getaran dari daun speaker terganggu sehingga menurunkan kualitasnya.
  • Optimasi Ruang Dalam: Bahan peredam juga dapat membantu mengoptimalkan ruang di dalam box speaker, memastikan bahwa dimensi dan karakteristik bahan mendukung performa akustik yang optimal.

Dengan mengintegrasikan lapisan bahan peredam dengan baik, desainer speaker dapat mencapai reproduksi suara yang lebih akurat dan berkualitas tinggi.

Kesimpulan

Bahan peredam yang ditempatkan didalam box speaker disebut acaustic damping material, yang umumnya terbuat dari material yang dapat menyerap suara. Ada beberapa fungsi peredam box speaker, dan salah satu yang paling utama adalah untuk membantu mengrontrol gelombang suara. Yaitu supaya gelombang suara didalam yang terpantulkan oleh sisi dinding speaker tidak saling mengganggu yang dapat menurunkan kualitasnya.

Leave a Reply