Penyebab Cara Memperbaiki Speaker Aktif Tidak Bunyi Sebelah atau kedua

Kerusakan pada speaker aktif seringkali ditemui pada speaker aktif adalah bunyi sebelah padahal setelah dilihat tidak ada kabel speaker yang lepas. Padahal seringkalai cuma sepele penyebabnya sehingga tak harus dibawa ke tukang servis berang elektronik. Lalu apa saja penyebabnya? Bagaimana cara memeriksanya dan memperbaikinya? Kamu sudah berada ditempat yang tepat, silakan dibaca artikel ini yang mengulas semuanya dari A-Z.

Hari ini adalah abad speaker aktif kalau bisa saya bilang begitu, sebab belasan tahun yang lalu benda ini masih belum lazim kecuali speaker untuk semacam portable untuk kebutuhan diacara khusus yang biasanya masih berkemampuan daya besar misalnya 12 inch keatas. Nah untuk saat ini sudah ada bermacam macam model, dari mulai seukuran 3 inch-15-inch, dari mulai stereo, mono hingga sistem 2.1 dimana yang merupakan hi-fi stereo + subwoofer(biasanya speaker multimedia/komputer). Dari produk lokal, produk paten, build-up, rakitan, hingga produk china pun ada malah lebih banyak menguasai pasar karena murahnya.

CATATAN: Jika speaker aktifnya adalah jenis hi-fi audio 2.1 atau multimedia, maka mesin atau modul elektronikanya ada dibagian box SUBWOOFER. Jadi kedua speaker kecil(satelite) ada 2 unit adalah jenis speaker pasifnya yang sebelah kiri atau kanan sama saja cara memeriksanya.

kerusakan speaker aktif tidak bunyi sebelah

Penyebab dan cara memperbaiki speaker aktif speaker bunyi sebelah atau keduanya

Kemungkinan Penyebab

Penyebab tentu bermacam-macam, tapi kebanyakan hanya disebabkan oleh:

  • penancapan/pemasangan jalur menuju speaker yang kurang pas
  • kabel speaker putus tembaganya karena sering ditekuk atau tertindih benda-benda berat.
  • terminal/jek ke speaker sebelah rusak
  • speaker terbakar
  • kabel didalam box yang berisi mesin dimakan tikus(banyak kasus)
  • Komponen power supply rusak(speaker tidak akan bunyi keduanya dan lampu mati)
  • ada komponen terutama final amplifier terbakar

Demikian daftar penyebab umum speaker aktif yang tidak bunyi sebelah atau semuanya. Sekarang mari kita cari penyebab masalahnya :

Cek lampu indikator(untuk jika speaker mati total)

Jika lampu tidak menyala tentu ada kerusakan pada kabel AC 220 atau kerusakan pada power supply , trafo dll. Jika demikian langsung saja periksa kabelnya dulu, baru cek power supplynya dengan cara membuka box speaker aktif bagian mesin. Biasanya trafo terbakar, atau FET jika pakai AC/Matic. Jika kamu tidak paham kelistrikan elektronika sebaiknya serahkan kepada ahlinya.

Periksa kabel dan jek RCA

Kalau speaker aktif sekarang sudah ada bluetootnya, kalau jaman dulu masih pakai kabel RCA untuk dihubungkan ke pemutar musik, handphone dll. Periksa apakah kabel RCA ini masih belum rusak terutama jeknya. Jika bisa dipastikan masih bagus dan belum bunyi, lanjut kelangkah berikut.

Periksa kabel, jek dan konektor ke speaker

Jika yang tidak bunyi adalah speaker yang pasif(yang tidak ada mesinnya) maka dugaan awal kerusakan terjadi pada kabel, konektor, jek, dan speaker. Cobalah ganti kabelnya dulu apakah kemudian bunyi? jika belum coba cek jek dan konektor/terminalnya. Bersihkan dulu dengan kuas dan alkohol sampai karat/kotorannya hilang. Jika konektor atau jek  rusak maka bisa kelihatan dengan mata jadi perkirakan sendiri apakah sudah ngefong atau lecek(jawa) jika iya maka coba diganti. Jika masih belum bunyi juga, lanjut langkah berikutnya. Alat yang sangat membantu yaitu avometer untuk memeriksa kabel jek dan konektor.

Lihat Juga :  Skema Rangkaian dan Fungsi Penting Signal Clipping Untuk Power Amplifer

Periksa speaker

Coba periksa speaker tak harus membuka box. Coba tekan tekan dulu conus speakernya, jika seret(jawa) tidak mantul atau susah maju keatas kebawah maka bisa jadi speakernya yang rusak. Jika kondisi ini masih terlihat tak ada masalah, conus masih bisa mantul keatas dan bawah dengan baik maka coba cek speaker dengan AVO meter, jika tidak ada coba cek dengan baterai kecil 1.5V untuk memeriksa apakah cil putus atau tidak. Speaker yang masih belum putus coilnya akan menunjukkan skala angka Ohm tertentu pada ohmeter. Jika tak ada avo dan pakai baterai, hubungkan baterai bebas bolak balik ke terminal atau kabel speakernya, jika ada suara krek krek maka kemungkinan speaker masih bagus.

Periksa Mesin(modul elektronik) pada speaker aktif

kerusakan speaker aktif

Jangan buru-buru ke modul, langkah pertama periksa saja dulu kemungkinan ada kabel dalam yang lepas atau solderan lepas. Jika problem speakernya mati sebelah dan semua kangkah pemeriksaan awal bisa dipastikan tidak menemukan ada masalah pada modul, sekarang cek modulnya apakah ada bagian yang menghitam atau terbakar?

Jika tidak menemukan, maka cek seluruh komponen terutama blok power amplifier yang biasanya ada pendinginan almunium sirip. Biasanya itu IC jenis TDA2030 atau yang lainnya(speaker aktif kecil), periksa apakah ada yang retak pada badan ICnya. Jika tidak ada, coba cek tegangan yang menuju ke modul speaker aktif itu. Misalnya diketahui tegangan dari power supply 12V lalu ternyata tinggal 6V setelah diperiksa, maka bisa jadi rusak IC tersebut.

Jika tegangan masih normal, coba lepas IC dan periksa kaki kaki IC dengan OHM meter skala 10k apakah ada koneksi  (silakan dibolak balik posisi) ini adalah untuk memeriksa apakah IC putus atau tidak. Tidak ada cara untuk memeriksa IC, teknisi yang berpengalaman biasanya sudah punya cara sendiri bahkan bisa langsung tahu jika ICnya yang bermasalah(biasanya hanya perlu mengetahui datasheetnya)

Bagaimana jika menggunakan transistor? ya harus paham cara memeriksa transistor dengan avometer.

Kenapa transistor final bisa rusak?

  1. Komponen pendukung seperti dioda atau transistro driver yang rusak koslet duluan.
  2. Speaker yang pasif tidak dipasang dengan benar atau tidak dipasang samasekali bisa merusak komponen terutama blok power amplifiernya jika stereo. Untuk itu jangan pernah melepas speaker sebelah saat dibunyikan.

CATATAN: Jika IC atau transistor atau tahanan terbakar sampai gosong pada banyak kasus disebabkan oleh komponen lain yang rusak lebih dulu kemudian menghantam transistor atau IC bisa juga sebaliknya. Jadi jika ditemukan masalah yang demikian, sebaiknya periksa juga dioda atau transistor yang lain yang bukan transistor yang terbakar misalnya blok driver . Sebab jika tidak, maka ketika IC atau transistor final yang gosong diganti, speaker aktif masih akan belum bunyi dan masih akan terus terbakar.

Kesimpulan

Memeriksa kerusakan pada perangkat elektronik apapun baiknya diperiksa dari kemungkinan paling ringan lebih dulu untuk menghindari salah diagnosa yang bisa menyebabkan kerugian atau membuat kerusakan malah menjadi lebih parah. Pertama adalah kabel-kabel, jek, dll yang sudah dibahas diatas. KECUALI KAMU TAHU PENYEBAB KERUSAKANNYA MISALNYA KESIRAM AIR ATAU KOLSET atau salah pemasangan.

Jika kamu masih belum ada pengetahuan elektronik sebaiknya tidak memeriksa modul atau mesin speaker aktif, cukup sebatas kabel dan speaker saja selanjutnya serahkan kepada ahlinya untuk menghindari segala risiko kerusakan yang lebih parah atau bahaya tegangan tinggi.

Leave a Reply