Skema & Layout Efek Gitar Distorsi, Sederhana Tapi Ampuh Era 70-an

Postingan kali ini saya membagikan skema dan layout efek gitar stombox pedal distorsi rancangan MXR, efek gitar stombox populer jadul yg dirancang sekitar tahun 1978. Pedal distorsi MXR plus dibawah ini menggunakan dioda germanium yang suaranya bisa diklasifikasikan memiliki hasil efek distorsi fuzzy ringan, seperti halnya semua rekaman gitar musik rock era 70-an atau musik metal tahun 80-an yang membuatnya terkenal pada saat itu. Bagi kamu-kamu yang menggemari sound gitar saat itu ada baiknya mencoba merakit sendiri dengan skema yang akan saya tampilkan dibawah, tidak harus mencetak PCB tapi perfboard atau PCB dotmatrix/PCB lubang-lubang karena komponen hanya sedikit sehingga sangat mudah meskipun pemula sekalipun.

(Tutorial) Cara membuat stombox gitar efek distorsi, mudah banget hasil memuaskan lengkap skema dan panduan layout PCB bolong

Skema efek distorsi MXR plus

Skema efek gitar distorsi sederhana
Desain rangkaian ini sangat sederhana namun bisa diandalkan, hanya menggunakan 1 o-amp LM741 yang banyak dipasaran dan murah harganya, serta sepasang dioda germanium yang ditambahkan untuk menciptakan efek distorsi yang meningkatkan sinyal audio pickup gitar hingga mencapai 46dB, dengan respons frekuensi distrosi ringan. Tidak perlu ribet juga hanya menggunakan dua potensiometer yaitu output level(volume ) dan Distorsi (volume distorsi). Ini tidak dilengkapi dengan control nada atau tone control. Jika membutuhkan tone control bisa ditambahkan lagi 1 unit pedal tone atau equalizer.

Rangkaian ini terdiri dari 2 tingkat(stage) yaitu tongkat op-amp yang diotaki LM741, tingkat clipping(D1,D2) plus tingkat tegangan bias(R6, R7, C6).

Baca juga : Cara Membuat Efek Gitar Chorus, Skema dan Hasilnya

Tingkat Op-amp

Menggunakan op-amp 741 adalah op-amp bipolar yang banyak diproduksi oleh berbagai pabrikan. Hadirnya LM741 sangat melegakan, merupakan op-amp pertama yang benar-benar praktis, bekerja dengan andal; hambatan ketika untuk audio adalah laju perubahan tegangan yang lambat yaitu sebesar 0,5 V / µs, yang membuat output penuh pada 20 kHz tidak mungkin dilakukan.

Distorsi di bagian ini cukup tinggi, laju perubahan tegangan lambat (0,5uV/s) yang tidak dapat mengatasi pita audio (hingga 20KHz) tetapi ini belum tentu buruk untuk dipakai. Op-amp bipolar modern lainnya seperti 4558 memiliki laju perubahan tegangan 1,7uV/s, ini 3 kali lebih cepat dari 741.

Akan tetapi rasa distrosi berbeda dari 741 yang digunakan pada era itu, op-amp LM741CN yang kemudian berganti menjadi UA741CP dan ada banyak lainnya seperti JRC741, LM741, dll yang sepertinya berbeda antara yang asli buatan lama dan model baru.

Kaki atau pin IC UA741 nomor 8, 5 dan 1 N/C atau tidak dipakai.

Tingkat Suplai Bias

Bias stage
Yang tidak lumrah pada tingkat suplai bias ini menggunakan resistor yang bernilai sangat tinggi yaitu 1MΩ karena efek pedal serupa menggunakan 100KΩ atau 47KΩ untuk keperluan yang yang sama. Keuntungannya:

  • Mengurangi konsumsi daya pedal.
  • Membantu meningkatkan impedansi input rangkaian.
  • Tegangan dari resistor ini + 4,5V yang dipisahkan ke ground dengan C6 yang bertujuan menghilangkan semua riak dari tegangan suplai.
Lihat Juga :  Merakit Power Amplifier Mini 10W, Murah Hasil Memuaskan With IC TDA2003

Tingkat clipping

Tahap terakhir adalah tahap clipping yang dilakukan oleh dua dioda dalam formasi back to back (D1 dan D2) yang dihubungkan ke ground. Jenis topologi ini menambahkan distorsi klip(clipping) yang keras, yang membuat sinyal audio menjadi klip yang menciptakan distorsi yang kuat. Yang digunakan MXR plus asli adalah dioda 1N270, adalah dioda germanium yang merupakan faktor terpenting untuk karakter sound distrosinya. Banyak yang mencoba menggunakan jenis dioda germanium populer lainnya, seperti 1N34A atau 1N60, yang semuanya terdengar berbeda-beda.

Dioda germanium

Jika dioda germanium seperti pada daftar komponen sudah ditemukan, bisa juga menggunakan dioda germanium yang paling umum yaitu IN4148. Bahkan boleh saja menggunakan LED, atau dioda biasa. Untuk ini adalah soal karakter sound distrosinya, silakan dicoba-coba jenis dioda yang ada untuk menemukan karakter yang pas.

Layout PCB Efek Gitar Distorsi MXR Dengan PCB bolong/perfboard

Layout PCB Bolong perfboard efek gitar distorsi

Wiring Diagram, pemasangan potensio, jek dll

diagram pengkabelan efek gitar distorsi

Bahan/Komponen yang di perlukan :

  • 1 Potensio level distrosi = 1MΩ
  • 1Potensio volume = 10K
  • R2,R4,R7,R6 = 1MΩ
  • R1, R5 = 10K
  • R3 = 4K7
  • C1,C4,C5 = 1n
  • C2 = 10n
  • C3 = 47n
  • C4,C6 = 1uf/16V
  • D1, D2 = dioda germanium IN34A atau IN270, IN60
  • IC = UA741 /LM741
  • PCB lubang/perfboard
  • Kabel isi tunggal 0.5mm secukupnya
  • 2 Jek  1/4″ = in/out pedal efek
  • 1 3PDT = Saklar Bypass clean/distrosi terbuat dari besi(khusus pedal efek)
  • 1 Led + resistor 200K = Indikator efek aktif
  • Conector baterai 9V(bisa diganti jek DC apabila ingin memakai adaptor)
  • Box Stombox Gitar
  • Kabel sesuai kebutuhan

Gambar : 3PDT pedal effect

switch 3PDT pedal gitar

Jika 3PDT Switch Pedal Effect susah didapat ditempat kamu, yang jual di online banyak jangan khawatir tidak dapat

CATATAN: Bisa memaki adaptor asalkan stabil, yang menggunakan regulator tegangan 9V stabil.

Box Untuk Efek Gitar Distorsi

Box aluminium efek gitar stombox

Box untuk stombox ini bisa didapat di toko online, atau bisa menggunakan box yang cocok misalnya box X5. Kotak sabun atau bekas tupperware juga bisa, dari plat aluminium atau apapun asal pantas dan kuat. Sebenarnya yang paling penting itu adalah permainan gitarnya, bukan efeknya apalagi boxnya -kalau main gitar kamu bagus orang tak pedulikan itu 😀

Hanya tinggal ditambah efek delay, maka sound gitar akan terdengar sempurna. Nanti akan saya bagikan juga layoutnya pakai PCB bolong juga karena cukup sederhana dan mudah dibuat.

Nah sampai disini tutorial membuat sendiri efek gitar distorsi model stombox pedal lengkap dengan skema dan layout PCB lubang/bolong, yang saya buat sedetail mungkin secara garis besar mudah-mudahan bisa dimengerti. Harapan saya semuanya saja sukses dalam membuat box ini, tapi masak iya sih gagal wong sangat gampang sekali kan? Selamat mencoba!

2 Comments

  1. MASRUN Oktober 18, 2021
  2. MASRUN Oktober 18, 2021

Leave a Reply