Kerusakan Umum Pada Mesin Cuci Yang Perlu Anda Ketahui

Tak diragukan lagi mesin cuci adalah perabot rumah tangga yang sangat vital. Tanpa adanya mesin ini, bisa dibayangkan apabila Anda berdua adalah orang yang sibuk sementara tidak ada asisten rumah tangga. Apabila demikian, alangkah repotnya jika mesin cuci Anda mengalami kerusakan – sementara tukang service sulit ditemukan ditempat Anda. Nah ada beberapa kerusakan umum mesin cuci yang sebenarnya bisa Anda atasi sendiri dirumah, sehingga pekerjaan pencucian Anda tak lagi memberatkan Anda.

Berikut kerusakan Umum Pada Mesin Cuci Yang Mungkin Bisa Anda tangani sendiri dirumah.

Jika Anda sudah membaca dan memahami artikel dibawah ini maka nantinya Anda bisa mengambil keputusan, apakah bisa menangani sendiri atau harus membawanya ke service center mesin cuci.

Kerusakan Umum pada Mesin cuci

Tabung/Drum Tidak Berputar

  • Macetnya mesin cuci seperti tabung tidak berputar adalah masalah umum pertama terutama yang sebagian besar jika mesin cuci sudah cukup berumur. Tapi jika mesin cuci Anda masih tergolong baru, biasanya hanya terlalu banyak isi saja sehingga membebani mesin karena kemampuan mesin sudah mulai menurun karena beberapa keausan.
  • Periksa buku pedoman penggunaan, apakah ada kesalahan atau ketidak sesuaian dalam mengoperasikan mesin cuci Anda.
  • Periksa pintu mesin cuci, karena pintu ini dibuat otomatis mematikan mesin apabila dibuka. Nah pintu mesin cuci yang tidak tertutup dengan benar bisa menyebabkan mesin cuci tidak berputar. Atau bisa jadi ada kerusakan pada switch yang memutus atau menyambung koneksi listrik dengan motor mesin cuci.
  • Rusaknya beberapa komponen pada sistem kelistrikan misalnya seperti timer atau saklar on off. Pastikan tidak ada masalah dengan sistem kelistrikan yang lain misalnya longgar/putusnya sambungan antar kabel-kabel.
  • Poros mesin cuci bisa saja macet, bisa disebabkan oleh keausan, kotoran, atau masuknya benda asing. Jika dalam keadaan macet mesin cuci masih dipaksa, pada akhirnya bisa merusak dinamo. Untuk itu segera cabut listrik lalu cobalah memeriksa apakah poros yang menghubungkan tabung pencuci tidak ada masalah, atau bersihkan jika mendapati kotoran atau benda yang terselip.
  • Jika sistem kelistrikan masih baik, mesin cuci tidak berputar bisa juga disebabkan oleh sabuk atau vbelt yang menghubungkan antara motor listrik dan tabung. Biasanya sabuk vbelt ini bisa disetel kekencangannya kembali, jadi cobalah untuk menyetel ketegangan vbelt ini – tapi jangan terlalu kencang juga, berikan sudut kebebasan vebelt sekitar 3 cm.
  • Jika v-belt sudah dikencangkan dengan baik, tapi mesin cuci masih saja tidak mau berputar maka kemungkinan motor listrik mengalami masalah. Motor listrik yang sering di aplikasikan pada mesin cuci adalah jenis motor listrik fasa tunggal, sama dengan motor listrik untuk pompa air. Pada motor jenis ini, kerusakan paling sering yang menyebabkannya gagal berputar adalah kondensor, namun bisa juga karena komponen rumit lain dari motor listrik ini. Jika motor listrik mengeluarkan bunyi berdengung, maka bisa jadi kerusakan terjadi pada kondensor, laher yang rusak, atau gulungan yang sudah mekar karena pernah kepanasan. Ini hanya bisa diperbaiki oleh tukang service yang berpengalaman menangani motor listrik.

Mesin cuci hanya bisa berputar satu arah

Ini adalah masalah yang termasuk umum pada mesin cuci. Jika ini terjadi pada mesin cuci Anda, maka masalah utama berasal dari sistem kontrol elektronik atau timer mekaniknya. Tapi kerusakan yang paling sering adalah disebabkan oleh sirkuit elektronik, khususnya komponen TRIAC yang bertugas untuk membagi supply tegangan kepada 2 motor yang ada pada mesin cuci. Untuk mengganti komponen triac yang tersolder pada PCB sirkuit hanya bisa dilakukan oleh teknisi elektronika. Silakan Anda menghubungi service center mesin cuci.

Lihat Juga :  Kerusakan Yang Sering Pada Pompa Air Sanyo, Shimitsu Dll dan Cara Memperbaikinya

Mesin cuci bergetar

  • Mesin cuci yang bergetar biasanya disebabkan karena penempatannya di lantai yang tidak rata. Atau hanya karena Anda tidak seimbang dalam memasukkan pakaian kedalam tabung pengering. Baca juga : Mesin Cuci Berbunyi  Glodak-Gloda Pada Saat Pengeringan
  • Kemungkinan karena karet peredam getaran pada kaki-kaki mesin cuci sudah keras dan harus diganti.
  • JIka Anda merasa tidak ada yang salah dalam memasukkan pakaian atau penempatan sudah dilantai yang datar, maka getaran ini bisa disebabkan oleh as tabung yang sudah aus.
  • Sabuk atau v-belt yang sudah kendor juga bisa menyebabkan getaran yang tak lumrah pada mesin cuci, Anda bisa menyetelnya ulang atau kalau sudah terlalu kendor maka harus diganti.

Mesin cuci tidak bisa membilas dengan bersih.

  • Jika bilasan tidak bersih, masih banyak sabun yang tersisa biasanya hanya karena aliran air tidak lancar. Hal ini bisa disebabkan oleh sumbatan pada slang atau slang yang tertekuk sehingga menghambat aliran air. Periksa pada Katup yang menghubungkan pasokan air bersih, apakah tidak ada masalah. Jika Anda tidak bisa membersihkan slang, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Pastikan dulu apakah anda sudah menggunakan mesin cuci dengan benar, misalnya menggunakan deterjen dalam jumlah yang tidak berlebihan dan mencuci tidak melebihi kapasitas drum atau tabung.

Mesin Cuci Bocor

  • Mesin cuci bocor adalah masalah yang umum pada mesin cuci. Air yang bocor dari mesin cuci biasanya berasal dari selang atau sambungan slang.
  • Periksa slang-slang apakah tidak ada yang bocor, kemudian kencangkan klem-klem penghubung ke kran dsb. Jika slang rusak sebaiknya diganti dengan yang baru.
  • Jika paking atau karet penyegel tabung sudah keras maka tidak bisa mengunci air lagi sehingga menyebabkan kebocoran pada sisi-sisi. Jika ini yang terjadi, penggantian penyegel hanay bisa dilakukan oleh service center.
  • Mesin cuci tidak hidup, lampu indikator tidak menyala, dan tombol tombol tidak berfungsi.
  • Pada jenis tertentu mesin cuci dilengkapi dengan lampu indikator dan indikator pengaturan waktu. Jika semua tidak menyala, kemungkinan pertama adalah ada kabel-kabel yang putus mungkin digigit tikus atau sebab yang lain. Anda bisa memeriksa kabel mulai dari stop kontak hingga yang ada didalam mesin cuci. Awas jangan lakukan pada saat mesin cuci masih tersambung dengan jaringan jala-lala listrik. Jika Anda tidak menemukan kabel yang terputus, maka kerusakan bisa terjadi pada PCB sirkuit – hanya bisa diperbaiki oleh service center.

Bersuara mendecit atau suara  gesekan yang tidak normal

  • Suara mendecit bisa disebabkan oleh V-belt yang sudah kendur, cobalah untuk melakukan penyetelan ulang agar kekencangannya sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika masih saja timbul bunyi pada v-belt yang bergesekan dengan puli, dan terlihat ada tanda kerusakan pada v-belt, maka sebaiknya v-belt diganti.  Pastikan vbelt dalam kondisi yang baik atau disetel dengan baik sehingga tidak menimbulkan bunyi, sebab jika diteruskan bisa mengurangi performa pencucian bahkan merusak motor.
  • Kemungkinan lainnya adalah poros yang sudah aus, sehingga menyebabkan gesekan yang menimbulkan bunyi. Jika ini yang terjadi sebaiknya harus diperbaiki atau diganti karena jika diteruskan bisa merusak motor.

 Kehati-hatian :

Jangan membongkar body mesin cuci terlebih jika tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang kelistrikan dan sistem mekanis, karena kesalahan kecil bisa saja justru malah merusak mesin cuci Anda. Mungkin Anda hanya butuh memeriksanya, membersihkan atau mengganti pipa sendiri – tapi untuk mereparasi komponen mesin cuci sebaiknya diserahkan kepada ahlinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *