Mesin Cuci Berbunyi “Glodak-Glodak” Pada Saat Pengeringan

Sering tetangga atau teman mengeluhkan soal mesin cucinya yang gemblodak saat mode mengeringkan. Mereka pikir mesin cuci yang baru mereka beli rusak, bahkan siap-siap minta garansi ke tokonya. Sebenarnya mesin cuci Bapak/Ibu tidak rusak, mesin cuci yang model 2 in one pengering dan pencuci yang lubangnya menghadap keatas memang begitu  jika peletakan pakaian tidak seimbang;  bukan karena terlalu penuh atau rusak. Ada caranya supaya tidak berbunyi glodak glodak, simaklah yang berikut :

Cara supaya Mesin Cuci Tidak bunyi glodak-glodak saat Proses pengeringan

Apa penyebab bunyi glodak-glodak?

Poros pada bagian pengering hanya ada satu, yaitu hanya sampai di bagian bawah tabung pengering. Tujuannya supaya mesin cuci tidak bergetar keras pada saat pengering digunakan karena gaya sentrifugal dari baju/pakaian yang dicuci yang bobotnya tidak merata serta supaya cepat kering karena tidak ada efek peredaman getaran. Karena poros hanya ada dibawah, maka jika berat tabung pengering tidak seimbang maka tabung akan bergetar keras sehingga membentur sisi dalam mesin cuci dan menimculkan suara gemblodak.

Cara Mengatasi supaya putaran tabung mesin pengering rata sehingga tidak gemblodak

  • Pada prinsipnya adalah bagaimana cara kita meletakkan pakaian yang akan dikeringkan agar bisa seimbang pada tabung pengering sehingga tidak menyebabkan getaran keras.
  • Cara yang paling mudah adalah meletakkan kain diputar secara melingkar kedalam tabung pengering mulai dari ujung sampai pangkal begitu seterusnya tabung hingga penuh. Jadi tujuan utamanya agar berat beban pada tabung terbagi rata di setiap sisi atau seimbang.
  • Meskipun tabung pengering berisi penuh pakaian yang akan dikeringkan, jika beratnya seimbang tabung tidak akan bergetar karena tidak menyebabkan efek cetrifugal dan hasilnya cucian bisa kering semuanya dengan baik.
  • Supaya mudah, sebaiknya di kelompokkan jenis pakaian yang akan dicucu, misalnya jenis pakaian yang panjang-panjang seperti rok atau celana, disendirikan dengan kaus dalam dsb.
  • Terkadang apabila agak-agak seimbang, mesin cuci gemblodak pada awalnya namun kemudian akan normal. Usahakan tidak demikian, karena selain hasilnya kurang kering betul juga bisa merusak poros mesin pengering jika sering terjadi.
Lihat Juga :  Tips Agar HP Awet

Mesin cuci bunyi glodak glodak

Demikian tips dan penjelasan singkat pengering mesin cuci berbunyi glodak-glodak. Cobalah cara ini pasti akan mengatasi persoalan mencuci anda.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *