Skema Pemasangan Kabel Speakon NL4, Stereo, Mono, Bridge

Kali ini saya akan membahas tentang skema pemasangan kabel Speakon jenis NL4, Mode Stereo, Mono, dan mode Bridge/BTL/jembatan. Jika mau melangkah ke profesional audio, mungkin kamu wajib memahami ini supaya tidak salah saat ngerouting speaker sebab salah sedikit bisa ambyar akibatnya.

Pengenalan Speakon dan Skema Pemasangan Kabel Speakon Dalam Mode Umum

Pengenalan Speakon

Konektor Speakon adalah jenis konektor audio yang sering digunakan dalamsound system profesional. Konektor ini dirancang khusus untuk penggunaan audio yang intens seperti dalam sistem PA (Public Address), peralatan panggung, dan sound sistem berkualitas tinggi. Beberapa ciri khas dari konektor Speakon termasuk:

Jumlah Pin:

Konektor Speakon hadir dalam beberapa jenis, yang paling umum adalah NL2 dan NL4. NL2 memiliki 2 pin, sementara NL4 memiliki 4 pin.

Warna dan Identifikasi:

Konektor Speakon biasanya memiliki warna yang berbeda untuk setiap pin dan ada kodenya. Ini membantu untuk mengidentifikasi kabel positif dan negatif dengan mudah supaya tidak salah.

Kunci Pengaman:

Konektor Speakon dilengkapi dengan kunci pengaman yang membuatnya aman, sehingga tidak bisa terlepas dari konektor terutama untuk audio bergerak atau sound panggung. Amplifier berdaya besar tidak boleh terjadi kabel speaker lepas karena akibatnya akan fata/ untuk itu harus menggunakan speakon yang memiliki pengaman.

Aman dari fase terbalik:

Desain konektor Speakon dibuat sedemikian rupa memastikan kabel hanya dapat dimasukkan ke dalam satu arah, mencegah pase terbalik yang dapat merusak peralatan audio.

Daya Tahan dan Keandalan:

Konektor speakon dibuat khusus tahan lama dan dapat menangani daya besar serta penggunaan yang intensif.

Digunakan di Industri Audio Profesional:

Konektor Speakon sangat umum digunakan dalam sistem audio profesional, seperti peralatan panggung, sistem PA, dan pengaturan audio yang membutuhkan konektivitas yang andal.

Produsen Utama Speakon:

Neutrik adalah produsen utama konektor Speakon, yang terkenal karena standar kualitasnya yang tinggi dalam pembuatan konektor audio profesional.

Mengenal Konektor Speakon NL4

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa speakon NL4 memiliki 4 pin. Jenis speakon yang ada adalah NL2, NL4, dan NL 8, tapi aya hanya membahas untuk konektor speakon jenis NL4 saja karena yang sering digunakan. Mengapa demikian ? karena NL4 bisa diaplikasikan dalam berbagai mode, dan juga masih lebih simple daripada NL8. Tapi sebenarnya sama saja, yang dapat dipilih tergantung penggunaan dan preferensi masing-masing.

pengkabelan speakon

Baca juga : Jenis Jenis Jek Dan Konektor Audio Dan Sound System

Skema Dan  Pengkabelan Speakon

Mode Mono Tanpa Link-out

Ini adalah skema pengkabelan speakon mono tanpa jalur keluar/box speaker kedua. Jika menginginkan mode stereo dalam satu box maka untuk speaker yang kedua disambung ke 2- dan 2+ .

Baca Juga :  Ini Kegunaan SCR, Komponen Elektronika Daya Tinggi

Cara memasang kabel speakon 3

Mode Mono Dengan Link-out

Mode yang ini bisa diaplikasikan ketika ingin suatu saat dalam penggunaan untuk di hubungkan paralel dengan box speaker kedua dengan menghubungkan melalui speakon 2 Link-out. Speaker bisa menggunakan satu driver atau 2 driver dalam satu box, bisa diseri maupun diparalel sesuai dengan kebutuhan. Baca juga : Merangkai 2 Buah LoudSpeaker Atau Lebih Sebaiknya Seri Atau Pararel?

Cara memasang kabel speakon 1

Mode Stereo / 2 channel Dengan Link-out

Jika menginginkan sambungan stereo plus link-out dengan speakon NL4 bisa menggunakan skema dibawah ini.

Cara memasang kabel speakon 2

Mode  2 channel Bridge (BTL) Dengan Link-out

Ini adalah ketika kita menyeting speaker khusus untuk mode BTL dengan likn out jika ingin diparalel dengan speaker di box yang lain. Jika sudah paham jalur-jalur speakon, meskipun speaker di seting untuk BTL masih bisa di seting mode tidak BTL dengan cara mengubah sambungan jack yang terhubung ke amplifier.

Cara memasang kabel speakon bridge mide BTL

Tips Dan Cara Memasang Speakon

Kita fokus pada Speakon jenis NL4, yang memiliki 4 pin. Berikut adalah penjelasan dan tips-tips pemasangan:

Identifikasi Pin:

Speakon NL4 memiliki empat pin di dalamnya, biasanya dua pin di tengah adalah untuk sinyal positif (positif hot) dan dua pin di luar adalah untuk sinyal negatif (ground).

Warna Kabel:

Warna konduktor kabel bervariasi, tetapi umumnya merah digunakan untuk positif dan hitam untuk negatif.

Penyusunan Kabel:

Masukkan konduktor positif ke dalam dua pin di tengah konektor, dan  konduktor negatif ke dalam dua pin di luar.

Kencangkan Sekrup:

Setelah menyusun kabel dengan benar, kencangkan sekrup pada konektor supaya koneksinys kokoh.

Periksa Kembali:

Pastikan kembali bahwa speakon telah memasang sesuai kabel dengan standar warna dan penyusunan pin.
Ingat, petunjuk ini berlaku khusus untuk konektor Speakon NL4. Jika kamu menggunakan model lain, seperti NL2, pastikan untuk mengikuti petunjuk untuk pengkabelan speakon NL2.

Penutup

Pada intinya skema diatas hanyalah contoh saja karena kamu bisa mengkreasikan dalam bentuk rangkaian yang bagaimana sesuai dengan kebutuhan kamu. Yang perlu diingat adalah jangan sampai salah atau fase kebalik, apalagi konslet, jadi gunakan kabel dengan waran umum merah untuk positif dan hitam untuk negatif. Ikuti petunjuk atau tanda pada speakon mana yang negatif atau positif, dan mana yang jalur channel 1 dan 2.

Kuncinya adalah, memahami merangkai speaker untuk mendapatkan nilai impedansi tertentu, yang sesuai dengan spek power amplifier. Speakon hanyalah konektor yang sama fungsinya dengan semua konektor yaitu untuk menghubungkan antara satu perangkat dan perangkat yang lain. Speakon memiliki peruntukan yang berbeda yaitu khusus untuk penghubung antara PA dan speaker. Demikian skema cara pengkabelan speakon, memahaminya untuk terhindar dari kesalahan, semoga bermanfaat!

Tags:

Leave a Reply