Fungsi Dan Cara Menggunakan INSERT Pada MIXER Audio

Pada Perangkat MIXER audio yang lengkap biasanya terdapat colokan jack yang bertuliskan INSERT. Nah apa fungsi insert yang terdapat pada perangkat Mixer audio? bagaimana cara menggunakannya? mari kita bahas disini!

Tentang fungsi Insert audio Mixer, Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Fungsi INSERT audio mixer

Pengenalan Fungsi Insert Pada Audio Mixer

Fungsi “insert” pada audio Mixer merujuk pada penggunaan loop efek atau perangkat pemrosesan sinyal tambahan pada saluran/channel audio tertentu. Ini memungkinkan bagi Anda untuk memasukkan efek atau perangkat tambahan hanya pada channel tertentu, tidak pada keseluruhan sinyal yang terbagi dalam beberapa channel yang ada.

Misalnya, jika Anda memiliki sebuah perangkat pengolah efek seperti equalizer, compressor, atau reverb, Anda dapat menggunakan fungsi insert untuk menyisipkannya ke dalam channel tertentu pada mixer. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol dan memanipulasi suara pada channel tersebut secara terpisah dari channel lain.

Cara kerjanya adalah dengan menyambungkan kabel audio dari output saluran yang akan diolah ke input efek, dan kemudian menghubungkan output efek ke input saluran yang sama pada mixer. Ini menciptakan “loop” di mana sinyal audio melewati perangkat efek sebelum kembali ke mixer.

Baca Juga :  Cara Membaca Spesifikasi Speaker Agar Tak Salah Pilih

Cara Menggunakan Insert

Untuk dapat menggunakan fungsi insert pada mixer audio anda akan membutuhkan sebuah loop jack  yang terdiri dari 1 buah jack stereo/TRS jack dan 2 buah jack mono/TS jack. Hal ini perlu dirangkai sedemikian rupa mengikuti alur dari fungsi insert yang terdapat pada mixer. Jadi jack TRS yang di colokkan ke lubang Insert, dan 2 pencabangan yang terdiri dari 2 jack TS/mono. Masing-masing menuju ke input dan ouput dari Efex atau perangkat yang akan disisipkan ke channel tertentu yang dikehendaki.

Baca juga : Jenis Jenis Jek Dan Konektor Audio Dan Sound System

Jadi dengan demikian anda akan bisa dengan mudah menambahkan efek/fungsi khusus untuk channel tertentu yang dimaksud. Kabel Insert tentu tersedia dipasaran tapi anda bisa merakitnya sendiri menggunakan 1 jack TRS, 2 jack TS dan kabel skerem dengan mudah jika tahu alurnya. Tetapi jangan khawatir karena saya menyertakan skemanya berikut dibawah!

Skema Jack Untuk menggunakan Fungsi Insert Audio Mixer

Skema Jack Insert untuk Mixer

 

Penutup

Dengan menggunakan fungsi insert, Anda dapat mencapai pengolahan audio yang lebih kreatif dan spesifik untuk channel tertentu tanpa memengaruhi channel lainnya. Semoga artikel kali ini tentang Fungsi Dan Cara Menggunakan INSERT Pada MIXER bisa bermanfaat!

Tags:

Leave a Reply