Cara Memperbaiki Kipas Angin Kenapa Berputar Lambat Segala Merk

Kipas angin yang rusak berputar lambat adalah masalah yang sering sekali terjadi pada semua merk kipas angin yang ada, dan kebanyakan orang merasa itu adalah akhir dari umur kipas angin tersebut. Padahal pada banyak kasus itu sangat mudah untuk diperbaiki bahkan oleh yang tak begitu mengerti banyak tentang listrik asal sedikit telaten saja dan paham cara bongkar pasangnya. Harga part-nya murah meriah sekitar Rp 3000,00 dan kipas angin normal kembali tak usah beli baru.

Motor kipas angin berputar lambat dan cara memperbaikinya

Ganti kapasitor kipas angin

Sebelum memperbaiki kipas angin, kayaknya perlu juga mengenal part atau bagian-bagian yang dipakai dalam kipas angin dan kegunaannya. Bagian-bagian tersebut meliputi kipas, rumah kipas, motor penggerak, rumah motor penggerak , saklar/saklar pemindah kecepatan, saklar timer, dan stand/dudukan.

Baca juga : Kerusakan Umum Pada Mesin Cuci Yang Perlu Anda Ketahui

Khusus untuk memperbaiki kipas angin yang lambat kita hanya perlu tahu kerja motor penggerak kipas angin mengapa bisa berputar?

Jenis Motor Listrik Kipas Angin dan Cara Kerja

Jenis motor listrik yang dipakai umumnya adalah jenis motor induksi fasa belah yaitu motor kapasitor. Motor ini mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu yang diseri dengan kapasitor. Terdapat has, rotor dan stator, dan rotornya jenis rotor sangkar .

Kumparan bantu yang terhubung dengan KAPASITOR yang berfungsi sebagai starter , umumnya memiliki nilai yaitu 1-1,5uf 300-450v umumnya.

Sedangkan kumparan utama tersambung dengan 4 kabel yang terhubung dengan saklar pengatur kecepatan, ke timer dan ke sumber tegangan rumah 220VAC. Ini nanti bisa diatur kecepatannya dari rendah hingga kecepatan tinggi melalui saklar kecepatan.

Tak hanya itu, motor kipas angin juga ditambahkan thermal fuse atau sekring pengaman 250V 2A 125º pada jalur yang menuju kumparan, yang apabila panas kumparan melebihi 125ºC atau arus melebihi 2A atau sesuai dengan spesifikasi sekring akan putus sehingga kipas angin berhenti berputar. Jadi jika kipas angin Anda mati tidak mau berputar samasekali dan tidak ada suara dengung maka kemungkinan sekring ini putus dan bisa diganti meskipun agak susah di lepas karena biasanya dibenamkan pada kumparan motor. Tapi bukan berarti tidak bisa diganti, ya tapi harus dengan hati-hati agar jangan merusak kawat kumparan.

kipas angin sekering thermal

Bush atau bos ini gunanya supaya antara rotor dan stator terhubung dan seimbang, ada juga motor kipas angin yang pakai laher . Nah jika bush atau laher motor kipas angin rusak, maka motor akan susah berputar bahkan tidak berputar tetapi ada suara dengung menandakan energi motor yang terhambat. Jika demikian masalahnya maka pertama bisa coba diberi pelumas  mesin jahit jika karena kotoran yang menempel pada bush/laher. Apabila rotor kocak karena aus pada bos/laher ini maka harus diganti dengan yang baru.

kipas angin berputar lambat

Cara kerja motor kapasitor fasa tunggal pada kipas angin

Prinsip kerja dari jenis motor kapasitor ini seperti motor induksi, yaitu ketika pada kumparan utama diberikan sumber arus maka akan terjadi fluks atau medan magnit yang ada dan besarnya sama dan tidak ada resultan gaya. Tetapi karena ada kumparan bantu dan sebuah kapasitor maka terjadi beda fasa diantara kedua kumparan, dan disinilah terjadi fluksi magnit dan resultan gaya yang berbeda maju atau mundur tergantung besarnya resultan gaya itu sendiri – yang pada umumnya terjadi resultan gaya searah jarum jam sehingga motor  akan berputar ke kanan.

Lihat Juga :  Cara Dan Langkah Benar Memperbaiki Alat Elektronika, Amplifier, Perangkat Audio dll

Setelah motor  dalam kondisi berputar 75% dari putaran nominal maka sakelar sentrifugal bekerja dan memutuskan rangkaian lilitan bantu dan motor jadi kemudian yang bekerja hanya lilitan utama.

Nah kapasitor ini juga disebut sebagai kapasitor starter motor, karena fungsinya untuk membantu start atau perputaran awal pada motor. Jadi tugas kapasitor dalam motor jenis ini sangatlah penting, sehingga jika ada perubahan nilai yang lumrah terjadi karena pemakaian maka motor akan mengalami masalah pada saat start.

Perubahan nilai pada kapasitor yaitu menurunnya kapasitas dari semula maka akan menyebabkan masalah seperti motor berputar lambat(karena tidak mampu berputar pada 75% putaran, atau motor baru mau berputar ketika digerakkan pertama dengan bantuan tangan. Jika kapasitor kehilangan kapasitas hingga 0/mati maka motor kipas angin tidak akan mau berputar sama sekali.

Cara memperbaiki kipas angin yang berputar lambat.

Nah dengan memahami jenis motor pada kipas angin, dan komponen utama pada motor maka sekarang kita sudah bisa dengan mudah mengidentifikasi apa kerusakan kipas angin yang berputar lambat.

Tahu apa penyebabnya? yup, kapasitor sudah menurun kapasitasnya dan harus diganti dengan yang normal dan memiliki kapasitas yang sama dengan yang diganti.

mengganti kapasitor kipas angin

Cara megganti kapasitor pada motor kipas angin

  • Pertama jangan lupa lepaskan listrik dari colokan
  • Bongkar kipas angin dan rumah motor kipas angin untuk menjangkau posisi kapasitor yang ada didalam rumah motor.
  • Lepaskan kapasitor lama dengan soderan
  • Ganti kapasitor dengan yang baru, karena ini motor listrik AC dan kapasitornya jenis non-polar maka tidak ada istilah kapasitor terpasang terbalik. Jadi suka-suka asalkan tersambung dengan benar dan kuat sekaligus aman.

Dimana beli kapasitor kipas angin? Tentunya ditoko part elektronika  atau di toko khusus part motor listrik dikota Anda. Ditoko online pun banyak yang menjual k0mponen ini, dan harganya MURAH SEKALI yaitu sekitar Rp 3000,00 -Rp 5000,00.

Apakah Kapasitor Kipas Angin Bisa diganti dengan nilai yang lebih besar atau kecil?

Catatan penting bahwa kapasitor harus sesuai dengan kapasitas aslinya misalnya aslinya tertulis 1.2uf/300V maka harus diganti dengan kapasitor yang serupa. Om, saya hanya ada 1.5uf/450V gimana om?

Ya kalau selisih 3 nano lebih besar(jangan lebih kecil) masih bisa ditoleransi. Voltagenya 450V atau 500V misalnya itu tak ada masalah samasekali asalkan jangan kurang dari 300V, karena tegangan sumber yaitu PLN adalah 220VAC.  Nah apabila kapasitor diganti dengan yang uf-nya terlalu besar misalnya 2 uf, bisa menyebabkan sekering thermal putus karena kumparan terlalu panas. Dan jika uf-nya terlalu kecil, bisa menyebabkan motor berputar lambat bahkan tidak mau berputar. Jadi usahakan sama persis dengan aslinya terutama uf-nya, voltagenya bisa 300V-450V tak ada masalah.

Nah mudah sekali bukan? jangan dibuang sayang. Akan tetapi jika ada tukang reparasi ditempat anda ada baiknya dibawa kesana apabila tidak mengerti samasekali kelistrikan.

Leave a Reply