Dua Cara BTL Power Safari 400W Untuk Meningkatkan Daya(Watt)

BTL adalah kependekan dari Bridge Tie-Load, merupakan teknik amplifier yang menggunakan sistem jembatan dimana yang menggabungkan 2 power-amplifier (po-amp) yang berkarakteristik sama untuk meningkatkan daya ouput ke speaker. Jenis amplifier yang bisa di-BTL dalah topologi OTL dan OCL, syaratnya harus sama 100% karakteristiknya supaya tidak pincang atau cacat distorsi yang besar. Power Safari 400W adalah salah-satu po-amp yang juga umum untuk di BTL dikalangan penghobi audio rakitan.

Prinsip BTL

Dua buah power amplifier(po-amp) mono yang di -BTL mampu meningkatkan daya hingga 3,5 kali-lipat, karena ke-2 tegangan AC pada ouput masing-masing 2 po-amp yang mengayun berlawanan fasa 180º(bertolak belakang) ini akan meningkatkan tegangan menjadi 2 kalilipat. Dengan demikian daya yang dihasilkan akan berlipat ganda sesuai dengan rumus daya yang dihasilkan mengalikan tegangan dan arus.

Tadi disinggung mengenai fasa yang berlawanan 180º, apakah itu?

Jadi maksudnya, kedua output dari masing-masing power amplifier mono yang akan di BTL harus dibalik, supaya tegangan AC ouput dari po-amp 1 mengayun kearah positif dan tegangan AC output dari po-amp 2 mengayun kearah negatif. Pendek kata, kita harus merubah ouput dari ke-2  po-amp menjadi negatif dan positif supaya bisa diumpankan ke input speaker dan meningkatkan daya ouput menjadi berkali-lipat.

Cara mengonfigurasi 2 power untuk dijadikan BTL  yaitu dengan cara membalik fasa sinyal input po-amp yang satu kemudian diberikan kepada po-amp yang satunya.

Pada po-amp 1 sinyal input dimasukkan ke jalur input non-inverting (tidak dibalik) sehingga sinyal ouput masih sefasa dengan sinyal input.

Pada po-amp 2 sinyal input dimasukkan ke jalur input inverting (yang membalikkan) sehingga sinyal ouput akan berlawanan fasa (terbalik) dengan sinyal input. Maka hasilnya ouput kedua po-amp menghasilkan sinyal ouput yang saling berlawanan fasa.

Jadi sekarang bagaimana cara kita akan mengkonfigurasi 2 power safari 400W menjadi BTL sesuai prinsip BTL yang dijelaskan diatas?.

Ada 2 cara konfigurasi BTL yang bisa kita lakukan dengan power safari. 

1. Membalik fasa menggunakan resistor sebagai jumper

Cara BTL Power safari 400W

Cara menggunakan tahanan sebagai jumper dari jalur speaker po-amp 1 ke jalur input inverting po-amp 2. Signal audio (dari tone control) masuk melalui input non-inverting po-amp 1, sementara itu input non-inverting dari po-amp 2 di tutup dengan cara diground. Ouput jalur (+)  yang menuju ke speaker diambil dari po-amp 1 dan negatif (-) diambil dari jalur ouput po-amp 2. Berapa nilai tahanan R jumper? Tentu harus sesuai dengan R jalur inverting, kebetulan pada skema power safari disini adalah 39K, maka R jumper yang kita gunakan juga 39K.

Baca juga : Cara Menggunakan Power Ampli BTL dengan baik agar Aman dan Maksimal

2. Membalik fasa dengan rangkaian pembalik fasa/filter BTL

Cara ini yang paling mudah yaitu menggunakan kit khusus pembalik fasa atau disebut juga filter BTL, jadi kita tidak perlu lagi untuk menambahkan jumper seperti pada cara pertama. Lalu apakah kelebihan dan kekurangannya? Yang jelas fasa ouput dari kedua po-amp safari yang di BTL sama-sama bisa dibalik 180º. Kelebihan dan kekurangan relatif hanya pada gain input yang mungkin berbeda, lebih besar yang menggunakan pembalik fasa karena ada penguatan signal tambahan.  Kekurangannya kita harus membuat catudaya sendiri untuk rangkaian pembalik fasa dan tentu saja anggaran tambahan untuk membeli rangkaian pembalik fasa ini.

Lihat Juga :  Cara Membuat PCB Mudah Menggunakan Autan Dan Print Laser

Cara BTL power dengan kit filter BTL

Jika kita menggunakan rangkaian pembvalik fasa/filter BTL maka kita mungkin perlu membuat power supply tersendiri karena umumnya rangkaian filter BTL ini hanya membutuhkan tegangan CT 15V, sedangkan power antara 25V-30V. Caranya bisa dengan menambahkan IC stabilisator 7815 dan 7915, atau lebih aman menggunakan trafo sendiri atau tegangan ekstra 1 ampere. Dalam gambar diatas, ouput po-amp 2 adalah (+) dan po-amp 1 (-), ini melihat dari sisi tegangan ouput L/R dari filter BTL.

Baca juga : Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

WARNING!

Jika ada kebakaran atau kerusakan komponen bisa dipastikan bukan kesalahan tutorial ini, karena diatas hanya cara bagaimana membalik fasa input supaya power safari yang di BTL bisa bekerja. BTL akan melipat gandakan tegangan output dengan cara menggabungkan 2 po-amp menjadi satu. Jika salah dalam memaknai rangkaian BTL ini, maka speaker dan TR final rentan terbakar. Perhatikan beberapa hal berikut supaya aman!

  1. Gunakan tegangan power tak lebih dari 25VDC. Untuk ujicoba pakai tegangan 18-20V dulu.
  2. Gunakan speaker minimal impedansi 8 ohm, jangan lebih rendah 4 ohm apalagi 2 ohm, 16 ohm tidak apa-apa. Karena speaker 8 ohm akan terbaca 4 ohm dalam amplifier BTL. Jika menggunakan Speaker lebih dari 1, supaya tidak ada kesalahan impedansi baca artikel ini ==> Cara Menyambung Banyak Speaker yang Benar pada Audio Sound System .
  3. Gunakan pendinginan yang memadai karena TR final akan lebih panas daripada sistem OCL biasa.
  4. Pastikan DC Offset dan tegangan bias kedua power aman, cek cara melihatnya ==>  Cara Menyetel Bias Dan DC Offset Pada Driver Amplifier Class A/B
  5. Karena BTL bisa meningkatkan ouput hingga 3 kalilipat, maka pastikan speaker memiliki power handling yang mencukupi. Misalnya power safari yang di BTL adalah 400W(misal: final 2 set sanken + trafo 10A) maka power handling speaker yang aman adalah 800 – 1000W.

Demikian cara BTL power safari 400W, prinsip BTL dan hal yang perlu diketahui dalam mengonfigurasi BTL yang aman. Dengan cara ini Anda bisa memiliki power amplifier berdaya tinggi dengan biaya murah dan cara yang sederhana. Namun tetap perhatikan cara-cara yang aman dalam mem-BTL.

Tags:

Leave a Reply