Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

Cara Memasang TR Final pada driver power safari 400 watt, biasanya sanken tidaklah begitu sulit karena driver ini sebenarnya masih dalam satu Class Driver power amplifier seperti power 150 ocl. Terkenal dengan power safari karena PCB safari adalah yang paling banyak beredar disebagian besar Indonesia, walaupun sebenarnya PCB dengan desain semacam ini banyak dibuat oleh industri lain. Ada PCB driver model safari yang sudah dilengkapi tempat untuk memasang kaki-kaki transistor final, namun banyak juga yang hanya di beri ubang untuk kabel dengan kode A,B,C,D,0,=, dan + . Nah, PCB yang hanya di beri lubang dan kode huruf ini terkadang membuat bingung pemula karena belum memahami konsep dan skema yang biasanya sudah disertakan. Kalau bagi yang ahli dengan elektronik khususnya driver class AB semacam power safari ini mungkin bukan kendala berarti, dan jika ini jadi masalah bagi kamu maka berikut caranya :

Cara memasang TR final pada PCB Driver OCL Safari 400 watt sanken

Komponen tambahan yang perlu kamu sediakan adalah  resistor kapur 0,5ohm 5watt dan resistor  10 ohm 1/2watt yang masing-masing sebanyak 2 biji.

Cara memasang final sanken pada PCB driver safari

Perhatikan secara seksama pengkabelan diatas, periksa sekali lagi untuk memastikan jangan sampai ada yang keliru; sebab kalau sampai keliru seringkali tidak bisa diulang lagi karena tr final bisa langsung short.

Menambahkan TR final untuk menambah Daya/watt power amplifier

Nah, apabila kamu sudah berhasil memasang TR final sanken seperti pada gambar diatas, mungkin kamu akan berfikir bagaimana caranya menambah daya. Ya, gambar diatas adalah menggunakan TR final sanken hanya sepasang alias 1 set, sehingga secara teori daya maksimal masih bisa 200 watt saja. Nah untuk dapat mencapai 400 watt, maka setidaknya kamu perlu untuk menambah 1 set final sanken lagi ; dengan asumsi bahwa 1 set final sanken menurut datasheet memiliki daya 200wat, maka jika kamu pasang 2 set berarti 200watt plus 200watt = 400 watt. Dengan catatan bahwa daya output power amplifier bergantung dengan faktor lain yaitu arus dan beban, artinya berapa ampere trafo power supply dan impedansi speaker juga diperhitungkan.

Lihat Juga :  Cara menghilangkan suara dengung-an power audio saat mesin mobil hidup

Berikut gambar cara menambahkan 1 set final sanken pada power safari 400watt :

 

memasang tr final pada PCB driver safari

Caranya gampang, kamu cukup menambahkan satu tingkat lagi, artinya kamu juga perlu menyediakan R 10 ohm dan r kapur 0,5ohm 5watt masing-masing 2 biji. Kamu bebas menambahkan TR final hingga 10 set, tergantung dari speaker dan tentunya arus/amper trafo yang sesuai.

Keunggulan power safari 400 watt

Driver ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan power 150 watt hanya saja lebih sedikit komponen yang dipakai. Banyak yang berpendapat bahwa power safari ini memiliki karakter suara bass yang lebih ulem atau empuk, serta umumnya mampu disupply hingga 32volt trafo. Pendapat lain juga mengatakan jika driver ini baik untuk sub dan power amplifier rumahan dan sound lapangan kelas daya menengah.

Demikian cara memasang TR final pada driver power amplifier safari 400 watt. Tetap lakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang bisa langsung merusak TR final.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

23 Pemikiran pada “Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

  1. Borneo

    Permisi mau tanya mas kalau untuk transistor final toshiba 5200 gimana buat 3 set atau 4 set, kalau ada minta layout skema nya dong mas masih pemula msh pemula soalnya tks?

    Balas
    1. Supri Post author

      sama saja skemanya, hanya tinggal ganti sanken dengan toshiba. Kalau mau nambah 4 set dan seterusnya, ya tinggal nyontoh jalur yg sudah ada. Hanya tambahkan perset set TR final, yaitu 1 set resistor 10Ohm dan 1 set resistor kapur

      Balas
    2. Supri Post author

      Berapa setpun bisa, asal supplynya sesuai dengan kebutuhan rangkaian final yang ada. Toshiba 5200 sejoli bisa menghasilkan daya 150 watt perset, kalau sanken 2sc2922 sejoli. jadi masih lebih besar sanken,,

      Balas
  2. LucKy

    Mau tanya mas,…
    PA saya transistornya 4 buah sama semua tuliasan di body komponennya.
    Kalau mau ganti pake Sanken bisa ga ya, soalnya Sanken kan jenisnya set A… dan C…
    Mohon pencerahannya,…

    Balas
    1. Supri Post author

      Kalau type SA1216 itu jenis PNP sama dengan tip3055/2n3055
      Kalau type SC2922 itu jenis NPN sama dengan tip2955/MJ2955

      Kalau keempatnya sama biasanya itu jenis NPN semua, kalau mau ganti ya tetep harus sejenis semua…

      jarang ada yang pakai…. saya tahunya cuma kit power 60 watt yang model begitu….

      Balas
  3. Ramli

    Boss mau tanya. Sya punya travo 1 troid 5amper yg 1 kotak. 5amper kecil. Kalo di gabung jadi 1 kira” gimana gan. Tolong jelaskan boss.

    Balas
    1. Supri Post author

      Iya. tapi yg lain juga harus mendukung seperti arus dan tegangan agar nggak drop saat TR ngangkat daya yg besar yg dikeluarkan ke loudspeaker.

      Balas
  4. widiyanto

    kalau driver safari pada final diganti type mj15003/04 berpengaruh di karakter suaranya gak mas? tetep low khas driver bawaan apa berubah ke flat khas jengkolan? terimakasih

    Balas
    1. Supri Post author

      Karakter suara bukankah tergantung rangkaian drivernya, tr final hanya sebagai pendorong/penguat signal akhir saja

      Balas
  5. sudaryanto

    iya om,aku dirumah power 400 watt,alu tambah tr final 2 set,tapi cuma pake trafo 10A( tidak murni) suara nya di speaker grek2 kalo di tambah volume,gimana itu om

    Balas
    1. Supri Post author

      Trafo kayaknya nggak masalah dengan final 2 set sehingga menyebabkan grek-grek. Mungkin potensionya, bisa juga kebesaran input, atau speakernya terlalu gedhe wattnya(karena trafo10A kecil, maka ouput nggak bisa maksimal 400watt.

      Coba input power dan input tonecontrolnya dikasih tahanan 47K, kalau masalah inpout over biasanya masalah beres.

      Balas
  6. danycupcap

    mas, sy pnya power socl 504, pke trafo era 20a. 45 volt, bisa di naikan supley travonya gk mas, trus maksimalnya mampu brpa ampere dan brpa volt

    Balas
    1. Supri Post author

      Voltase mengikuti kemampuan elco dan TR final serta TR yg lain. Misalnya yang bikin rangkaian mintanya 45v ya harusnya diberi 45v, jangan lebih kecuali dimodif rangkaian atau komponen. Naikin tegangan berisiko tinggi. Kalau masalah ampere, tergantung kebutuhan, misalnya pakai trafo 20 ampere, maka kira-kira masih mampu untuk power 1000watt

      Balas
  7. imron_arrozy

    mas mau tanya untuk trafo 20A 45V ct maksimal pemakaian sanken/toshiba berapa set dan elco berapa biji dan hitungan out putnya berapa watt

    Balas
  8. Karmin

    Di dalam pemasangan tf final Sanken klw memakai resistor atau tdk apakah berpengaruh?

    Tolong donk penjelasannya yg akurat

    Balas
    1. Supri Post author

      Pengaruhnya mungkin tak kentara gan secara kasat mata, meskipun tak pakai tahanan telinga kita tak akan bisa bedakan,,,,Tapi itu adalah suatu trik/cara untuk meratakan signal utk tiap2 TR(asumsi kita pakai lebih dari 2set), soalnya transistor itu kemungkinan tak sama persis Hfe, kecuali memang kualitasnya sangat bagus. Pertanyaannya adakah transistor yg kualitas bener-bener bagus saat ini?.. BTW, tujuannya agar rata sehingga panasnya pun diharapkan juga merata sehingga awet dan tahan lama. Kayak gitu lah teorinya…. hehe.

      Balas
  9. umam

    mz ganteng speadebeat mohon pengarahannya…saya punya warisan speaker prestige 8 inchi 4 ekor…kira2 klw pake trafo ampli yang cocok apa ya?
    klw inputnya dc dr batre li-ion 18650(v&A bisa disesuaikan)ampli yg cocok untuk 4 speaker itu apa mz?
    maaf sebelumnya,,saya rada kurang paham sama ampli…
    tks b4

    Balas
    1. Supri Post author

      Susah nih jawabnya.
      Kita bikin amplifier tergantung dari kebutuhan kita. Jadi speaker dan power supply harus menyesuaikan dg kebutuhan tersebut. Misalnya sbg contoh : kita mau bikin ampli berdaaya 50W, maka power supply dan speaker harus cocok sama power ampli yg akan dipakai.(power supply bisa pakai trafo atau baterai)

      Sekarang pertanyaannya, 4 speaker milik kamu itu masing-masing berapa Watt?… misalnya masing2 spiker adalah 10W, maka di kali 4 = 40W total speaker. Jadi power ampli dan power supply yang dipakai harus support untuk menghasilkan output 40W dari total speaker yg dipakai.

      Kalau pakai batterai, umumnya menggunakan power ampli yang tidak menggunakan supply simetris. Tapi bisa juga menggunakan supply simetris dengan cara menggunakan rangkaian inverter yg menghasilkan DC simetris seperti pada power amplifier untuk mobil.

      Jadi intinya power ampli, tegangan, dan beban harus seimbang sesuai kebutuhan.

      Untuk cara hitung-hitungan tegangan terhadap beban/speaker bisa baca artikel yang ini

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *