Rekomendasi Merek/Type Wireless Microphone Untuk Karaoke dan Panggung

Banyak sekali jenis wireless michrophone sesuai dengan peruntukannya, salah satunya adalah yang umum dipakai untuk karaoke dan nyanyi panggung. Secara umum memang wireless microphone bisa dipakai untuk keperluan pengeras suara apapun, seperti pidato, bernyanyi, recording live video indoor atau outdoor tapi memilih yang memang didesain untuk keperluan spesifik bisa lebih menghemat atau lebih maksimal dan nyaman.

Kelebihan wireless microphone daripada jenis konvensional yang pakai kabel adalah tingkat fleksibilitasnya yang lebih luas. Bagi penyanyi panggung, jenis mic ini tentu sangat menguntungkan karena bebas risiko kesrimpet kabel saat aksi panggung, risiko suara matin, kabel kurang panjang, lokasi sulit, jek rusak sehingga putus nyambung dan gangguan suara, hingga kabel putus tanpa sengaja.

Dan bagi penggunaan rumahan misalnya karaoke atau acara-acara lain, mic wireless lebih hemat kabel dan jek karena menghilangkan masalah-masalah umum terkait kerusakan jek dan kabel karena sering ditekung, ditarik dsb. Jangkauan mic wireless juga lebih luas 360º tanpa direpotkan dengan loloran kabel. Kelemahan wireless microphone adalah masalah gangguan signal terutama UHF dan pakai baterai.

Menurut saya investasi terbaik adalah wireless microphone, lebih aman dari gangguan teknis meskipun secara harga memang jauh lebih mahal daripada microphone konvensional. Sebelum membeli microphone terbaik untuk karaoke atau nyanyi, tak ada salahnya untuk mengenal beberapa jenis microphone terutama wireless berikut dibawah!

Jenis-jenis wireless microphone

1. Wireless Handled Microphone

Adalah jenis wireless microphone dimana transmitternya menyatu didalam microphone itu sendiri. Bentuknya seperti michrophone konvensional hanya saja dilengkapi dengan pemancar radio UHF atau signal digital untuk mentransmisikan signal dari membran mic ke penerima yang akan diteruskan ke sound-system.

Sesuai dengan sebutannya Handled microphone, jadi perlu dipegang tangan atau stadard, jenis microphone yang paling disukai untuk karaoke atau nyanyi panggung karena mungkin alasan estetika atau sensasi bernyanyi dengan memegang mic.

Secara teknik, suara yang dihasilkan dari membran coil pada jenis mic ini memiliki karakter yang sesuai yang mencakup frekwensi suara manusia yang diperlukan yaitu ngebass, midle atau hi. Ini berbeda pada jenis mic yang berupa mic condensor yang tidak cocok untuk mengakomodasi keindahan suara vokal.

Tersedia 1 handled microphone, 2 hingga 4 handled dalam satu receiver, atau ada juga handled plus clip on mic/jepit dalam 1 receiver, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tapi jika untuk karaoke atau bernyanyi saja umumnya 2 handled  1 receiver sudah cukup.

Baca juga : Syarat Sound System Performance Lapangan/ Audio-pro Yang Baik

2. Wireless Headset Microphone

headset microphone

Ini jenis wireless microphone yang sangat cocok bagi yang membutuhkan fleksibilitas tingkat tinggi. Dengan jenis ini pengguna tidak perlu memegang microphone ditangannya karena sudah menempel dengan headphone.

Contoh penggunaan paling sering dan sesuai adalah untuk presentasi, pembawa acara live, pidato hingga operator yang membutuhkan banyak komunikasi termasuk pilot pesawat udara – dimana selain berbicara juga perlu untuk mendengar.

Namun ada juga jenis microphone headset yang memang didesain untuk menyanyi dipanggung, biasanya untuk penyanyi yang sekaligus menari atau sambil memainkan instrumen musik sehingga lebih nyaman.

3. Lavailer(Clip On Mic)

clip on mic wireless

Atau juga disebut dengan Clip-On-Mic, lavailer adalah microphone kecil yang dilengkapi penjepit supaya bisa dijepitkan dikrah baju dimana yang dekat dengan mulut pembicara. Ini adalah pilihan bagi yang risih menggunakan headset mic, dan tidak membutuhkan untuk mendengarkan secara personal melalui headphone.

Penangkap suara yang digunakan adalah jenis mic condensor yang peka namun kurang cocok untuk menyanyi karena karakter suara yang direproduksinya. Jadi penggunaan yang cocok adalah untuk wawancara, membawakan acara yang bisa langsung direkam melalui perekam video.

Namun saat ini biasanya sudah lengkap satu paket yaitu Clipt On Mic + Headset mic dengan 1 receiver, seperti gambar diatas.

4. Mic rekaman studio

mic recording

Ini tak perlu kita bahas karena jenis mic untuk rekaman sering pakai kabel, atau jenis wireless digital karena suara melalui frekwensi UHF umumnya masih bisa interupt signal luar. Lagipula rekaman tidak membuat penyanyi bergerak seperti dipanggung dan mic tidak dipegang tangan jadi risiko kabel bisa dihindari.

Lihat Juga :  8 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Power Amplifier Audio Mobil

Secara teknologi transmisi ada 2 jenis wireless microphone, yaitu sistem analog dan digital.

Analog adalah wireless microphone yang menggunakan frekwensi radio sebagai transmisi dan digital wireless microphone menggunakan signal digital. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tentu ada dikeduanya.

Kelebihan analog lebih terjangkau dan digital lebih mahal namun digital dijamin signal suara aman tanpa gangguan signal radio lain seperti radio, wifi, BTS dll. Semua tergantung kebutuhan masing-masing pengguna, jadi jika untuk acara-acara nyanyi karaoke, panggung atau yang lainnya yang bersifat biasa yang tidak menuntut kesempurnaan suara yang analog sudah cukup.

Merek microphone wireless rekomendasi untuk karaoke atau bernyanyi panggung

Untuk keperluan acara karaoke, nyanyi panggung, lounge atau yang lainnya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan Anda. Lebih lengkap fitur atau keunggulan misalnya daya tahan dan jangkauan jumlah handled dll akan mempengaruhi harganya.

Untuk investasi jangka panjang sebaiknya memilih yang kualitas tentunya, jika untuk karaoke atau nyanyi panggung acara-acara biasa 2 handled sudah cukup atau jangkauan dibawah 100m juga sudah cukup. Berikut rekomendasi wireless microphone untuk panggung atau karaoke dirumah dengan suara yang empuk dan seimbang:

Wireless Microphone Sony SN87

wireless mic sony SN-87
1 receiver 2 handled, bekerja pada frekwensi UHF namun menggunakan teknologi Mid Narrowband Frekuensi Filter, Sehingga bisa menghilangkan gangguan sinyal luar. Ada indikator baterai yang memberitahu Anda kapan Untuk Mengganti Baterai. Cocok untuk karaoke, nyanyi, atau acara lain indoor atau outdoor. Jangkauan hingga 30m. Harga Sony SN 87 sekitar Rp 300.000,- di toko online.

Wireless Microphone SHURE ULX-8

wireless mic shure ULX-8
Dilengkapi dengan 2 handled(mic1 dan mic2) berbahan metal yang menggunakan baterai AA. Yang bekerja pada frekwensi UHF, dan dilengkapi dengan led indikator dan display digital. Jarak jangkau ke receiver optimal sekitar 15m.

SHURE ULX-8 ini dibanderol sekitar RP 900.000 ditoko online. Ini adalah microphone handled kualitas yang sangat cocok untuk keperluan terutama karaoke dan panggung yang hanya membutuhkan 2 handled microphone dalm 1 receiver.

Wireless Microphone Sennheiser SKM 9000/9045

wireless mic senheizer SKM 9000

Dilengkapi dengan 2 handled(mic1 dan mic2) 1 receiver berbahan metal baterai AA. Frequency UHF yang bisa diganti-ganti sesuai selera  Jarak jangkau bisa sampai 90m, yang cocok buat karaoke, MC, pidato, Seminar dll. Mic wireless senheiser SKM 9000 ini dibanderol sekitar RP 1.200.000 ditoko online.

Wireless Microphone Ashley Perfection

wireless mic ashley perfection

Dilengkapi dengan 2 handled(mic1 dan mic2) 1 receiver berbahan metal baterai AA. Frequency UHF yang bisa diganti-ganti sesuai selera  Jarak jangkau bisa sampai 50m, yang cocok buat karaoke, MC, pidato, Seminar indoor outdoor dll. Mic Wireless Ashley Perfection ini berbahan kuat dan tebal yang belum dideskripsikan, ini dibanderol sekitar RP 700.000 ditoko online.

Wireless Microphone YAMAHA YM M-9

wireless microphone yamaha YM-M9

Dilengkapi dengan 2 handled(mic1 dan mic2) 1 receiver berbahan pelat metal baterai AA dan digital display. Menggunakan jalur Frequency UHF . Jarak jangkau bisa sampai 45m, yang cocok buat karaoke, MC, pidato, Seminar, indoor outdoor dll. Mic Wireless YAMAHA YM M9 ini dibanderol sekitar RP 500.000 ditoko online.

Wireless Microphone Kenwood KW99 Pro KW 99 Pro

microphone kenwood terbaik

Dilengkapi dengan 2 handled(mic1 dan mic2) 1 receiver berbahan pelat metal baterai AA dan digital display. Menggunakan jalur Frequency UHF . Jarak jangkau bisa sampai 40m, yang cocok buat karaoke, MC, pidato, Seminar, indoor outdoor dll. Mic Wireless Ashley Perfection berbahan kuat dan tebal yang belum dideskripsikan, ini dibanderol sekitar RP 500.000 ditoko online.

Demikian tentang microphone, jenis microphone dan beberapa rekomendasi merk dan type microphone handled atau yang cocok untuk karaoke nyanyi panggung, pidato, seminar indoor maupun outdoor yang sudah banyak diakui kualitasnya oleh banyak konsumen. Ada harga ada rupa, begitu kata orang jadi untuk perburuan microphone Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sebab masih banyak lagi merek/type  wireless mic dengan berbagai fitur/spesifikasi keunggulan kelebihan yang tidak mungkin saya sebut semua yang dengan harga yang lebih murah atau mahal. Silakan lanjut perburuan ke toko online terdekat.

Tags:

Leave a Reply