Cara Agar Kit Power Amplifier OCL 150W Bisa Menggunakan Aki 12V

Power OCL 150W menurut saya adalah driver amplifier rakitan yang cukup ideal untuk digunakan berbagai keperluan pengerasan suara. Hal ini bisa dipakai untuk audio ruangan, untuk speaker corong TOA, untuk subwoofer audio mobil juga oke, bahkan bisa untuk power amplifier outdoor dengan beberapa modifikasi OCL 150W. Tak hanya ideal dalam hal kualitas audio, disisi lain harganya-pun cukup terjangkau. Nah pertanyaanya kali ini, apakah bisa power OCL 150 watt disuplay dengan aki 12V? Jawabannya sangat bisa! Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini untuk memperoleh jawabannya.

 Aki 12V Untuk Menyuplai Kit Power OCL 150W

Dalam banyak perangkat amplifier yang dijual dipasaran beberapa didesain untuk AC/DC(contoh amplifier corong) , atau memang sengaja didesain untuk catudaya DC 12V(power audio mobil). Tapi tentu saja buatan pabrik harganya lumayan, untuk itu banyak DIY-er memilih memanfaatkan amplifier rakitan untuk menyiasati harga yang mahal ini. Dengan merakit sendiri kita bisa memotong anggaran belanja amplifier tersebut, dan tergantung kepiawaian kita bahkan suaranya bisa menyamai amplifier DC buatan pabrik. Sing penting, yakin! 😀

Menggunakan Kit Inverter DC to DC simetris

Seperti kita ketahui bahwa power OCL 150W adalah driver amplifier yang bekerja pada kelas penguatan A/B yang membutuhkan supply tegangan simetris /CT yaitu – GND +. Dengan demikian tentu saja tidak akan bisa disupply menggunakan aki 12V begitu saja. Tapi jangan khawatir, ada caranya kok hehe. Agar tegangan aki yang 12VDC yang tidak CT tersebut bisa dipakai sebagai suplay tegangan untuk power OCL150W yang simetris(biasanya -25V GND +25V), maka kita hanya perlu menambahkan rangkaian inverter DC to DC simetris setelah dari aki. Rangkaian inverter ini disebut rangkaian inverter DC to DC simetris, dimana yang berfungsi untuk mengubah tegangan aki 12VDC menjadi tegangan simeteris dengan pilihan ouput yang tersedia antara 24VDC simetris, 32VDC simetris dan 42VDC simetris. Nah berapa Volt ouput dari inverter DC simetris ini bisa kita pilih sesuai dengan keperluan untuk menghidupkan kit power amplifier OCL150W kita.

Baca juga : Skema Power Supply Simetris Untuk Power OCL 150W

Apakah power amplifier pada audio mobil menggunakan inverter? Jawabanya iya. Hanya saja sudah sudah built-in(menjadi satu) dengan driver amplifiernya – rata-rata amplifier mobil menggunakan driver yang membutuhkan catudaya simetris. Jadi tak ada bedanya, hanya saja jika kita merakit sendiri harus membeli kit power amplifier dan inverter secara terpisah untuk membuat power audio mobil atau power subwoofer mobil.

Lihat Juga :  Skema Box Speaker 15 Inch 2 Way Horn, Cocok untuk Midbass atau Mid Hi

Iverter Yang Kita Butuhkan

Inverter DC simetris yang dijual dipasaran rata-rata tersedia 7 Ampere – dengan pilihan tengangan ouput 24V, 32Vdan 42V. Dengan demikian menurut saya sangat sesuai untuk menyuplai kit power OCL150W. Anda bisa memilih kit inverter yang mana saja, yang standard 24V, moderat 32V atau konservatif 42V boleh.

Terus pilihan inverter dengan output tegangan mana yang lebih baik? Tentu saja yang 42V akan menghasilkan daya keluaran driver amplifiernya lebih maksimal. Tapi saran saya jika Anda memilih inverter dengan ouput 42V, pastikan elco yang terdapat pada driver OCL150Wnya memiliki kapasitas  50V keatas – dan tr final perlu ditambah menjadi 2 set agar tidak terlalu panas. Semuanya kembali kepada kebutuhan, tapi jika tak ingin berisiko maka pilihan moderat 32V adalah pilihan yang bijak.

Diagram Rangkaian Aki to Kit Inverter DC to Kit Driver OCL150W

Cara memasang inverter untuk power OCL 150W

Jadi diagram rangkaiannya memang sangat sederhana seperti gambar diatas. Negatif aki ke tab 0 pada inverter, positif aki ke tab +12V pada inverter. Kemudian kabel warna biru adalah kabel REM(remote) biasanya dihubungkan dengan kabel REM pada Head Unit Tape Mobil yang berguna untuk mematikan inverter ketika Head Unit di matikan. Atau juga bisa di berikan SAKLAR untuk on/off inverter jika ingin mematikan power amplinya secara tersendiri dengan menggunakan saklar.

Sementara ouput inverter DC to DC simetris sama seperti pada output power supply simetris pakai trafo GND – Negatif(-) dan Positif(+), Anda hanya tinggal menyambungkan ke power amplifier OCL150W seperti biasanya. Sudah tidak perlu menambahkan dioda bridge dan elco lagi karena tegangan output inverter sudah DC. Namun jika ingin menambahkan ELCO yang lebih besar tidak masalah, misalnya agar bassnya lebih mantab silakan saja.

Aplikasi

Anda bisa merakit amplifier DC biasa, active subwoofer mobile, atau power amplifier mobil yang membutuhkan tegangan dari aki 12V. Untuk merakit subwoofer audio mobil, Anda bisa melihat artikel ini. Andapun bisa merakit speaker active jinjing yang bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu listrik 220 dari PLN, tapi menggunakan aki 12V. Selamat bereksperimen!!

10 Comments

  1. Broto Juli 21, 2019
    • Supri Juli 22, 2019
  2. Gines Wahyu A Juli 17, 2019
    • Supri Juli 17, 2019
  3. Yudha Juni 14, 2019
    • Supri Juni 14, 2019
  4. mora Mei 23, 2019
    • Supri Mei 26, 2019
  5. F GARCIA Mei 9, 2019
    • Supri Mei 13, 2019

Leave a Reply