Urutan Jalur Distribusi Speaker Untuk Sound-System Lapangan 4-Way

Dalam sistem audio mengenal jalur distribusi speaker(way) , umumnya 2-way, 3-way, 4-way dan 5-way. Pembagian jalur ini dikarenakan range frekwensi audio tidak bisa terdengar cukup baik hanya dengan 1 buah driver speaker saja. Fullrange adalah jenis driver/speaker yang dibuat untuk dapat mereproduksi seluruh range frekwensi audio, namun ini masih dianggap kurang mencukupi ketika berbicara tentang audio sound system profesional karena masih kurang detail atau tidak seimbang.

Nah untuk itu maka audio profesional haruslah mampu menghadirkan kualitas audio yang mumpuni(terutama jika untuk acara seperti live music), dan jalan yang ditempuh adalah membuat sistem speaker yang memadai. Sistem speaker ini bertujuan untuk membagi/mendistribusikan signal audio berdasarkan range frekwensi yang sesuai kepada jenis-jenis speaker yang dipakai, sehingga audio terdengar detail tanpa distorsi meskipun diputar dalam gain yang tinggi pada tiap frekwensi. Secara umum audio profesional membagi speaker kedalam 3 range frekwensi, yaitu low, mid, dan high.

Untuk mendukung 3 range frekwensi ini biasanya kemudian diaplikasikan kedalam 3 jenis speaker yaitu sub-bass, low-mid, dan mid-hi ;

  • Speaker jenis sub-bass, yang dibuat bagus untuk mereproduksi frekwensi nada rendah yaitu antara  30-80Hz. Contoh suara yang masuk dalam jalur low adalah Bass guitar, suara explotion, cello, dan bass drum
  • Speaker jenis low-mid, yang dibuat bagus untuk mereproduksi frekwensi suara nada menengah dan rendah yaitu antara 80Hz – 3kHz, Contoh suara yang masuk dalam jalur mid adalah suara vokal manusia, kendang, ketipung, suara gitar melodi/organ, hingga bass-drum bisa masuk jalur mid-low.
  • Speaker jenis mid-high, yang dibuat bagus untuk mereproduksi suara nada menengah hingga nada tinggi yaitu antara 160kHz-20kHz. Contoh suara yang masuk dalam jalur ini adalah suara vokal yang nadanya lebih tinggi hingga mendesis, suara gitar atau organ/piano yang lebih tinggi hingga suara simbal, hi-hat, tamburin, dll. Speaker jenis mid-hi ini umumnya 2-way yaitu jalur mid dan hi.
Lihat Juga :  Ukuran Dan Skema Box Speaker Monitor 2-way 2x15 inch Dan 1 Tweeter

Urutan jalur distribusi speaker pada sound sistem lapangan

Sebelum saya berikan contoh urutan jalur distribusi sound lapangan yang benar, alangkah baiknya jika mengetahui dulu sekilas tentang beberapa jenis speaker yang biasa dipakai untuk mencapai tujuan itu.

Speaker sub-bass

Speaker sub-bass untuk menghasilkan nada rendah 30Hz-90Hz. Speaker sub-bass masih terdiri dari beberapa jenis lagi yaitu seperti bandpass/bass refleks, front/rear loaded horn dan folded horn. Pokoknya yang ada embel-embel “horn” adalah jenis bass jauh. Contoh model speaker Front loaded horn : Box CLA

Desain box speaker CLA 18 Double
Contoh speaker model Rear folded horn adalah Superscoope

Desain Box rumah keong

Speaker Low-mid

Speaker low-mid untuk menghasilkan nada rendah dan menegah 90Hz-180Hz. Speaker low-mid biasanya menggunakan driver jenis fullrage, dan model box macam-macam juga ada yang jenis jauh (horn) ==> Box Speaker 2x  15 Inch Horn, Atau Box Speaker Midlow, Cubo Kick 15 Inch Untuk Lapangan  seperti gambar dibawah ini :

Schema design Mid-bass 18 inch cubokick
Speaker mid-hi

Speaker mid-hi untuk menghasilkan nada menegah dan tinggi 180Hz – 5kHz. Speaker mid-hi umumnya 2-way, yang terdiri dari driver jenis midrange (mid) dan tweeter(high) yang dibagi menggunakan crossover passif. Contoh box speaker mid-hi adalah Box Speaker Mid-hi Double 12 (2×12) Simple Untuk Lapangan

ukuran box mid-hi double 12 inch

Contoh Susunan Speaker 4-way Untuk Sound sistem Lapangan

Susunan speaker sound system lapangan
Sebagai contoh diatas saya mengambil 3 jenis speaker untuk sound system lapangan yaitu :

Demikian Urutan Speaker Untuk Sound-System Lapangan Yang Benar, sehingga audio lapangan kita mampu menghasilkan kualitas audio yang detail dan berkualitas khususnya untuk live music.

Tags:

Leave a Reply