Cara Merangkai Banyak Transistor Final Sanken untuk Driver OCL 150, SOCL

Power Class A B memiliki satu kelemahan yaitu Daya keluaran sangat tergantung pada Transistor final, Arus, dan tegangan. Nah untuk itu, merangkai banyak transistor final adalah satu-satunya jalan untuk meningkatkan dayanya; namun tentu saja harus dibarengi dengan trafo yang mumpuni sesuai dengan jumlah tr final yang dirangkai. Ngomong-ngomong pengen tahu apa saja class dalam power amplifier?, baca artikel ini.

Kembali ketopik kali ini. Dengan demikian Power class AB khususnya yang paling populer adalah power 150 OCL, bisa ditingkatkan daya outputnya hingga ratusan watt dengan cara menambah TR final beberapa pasang sesuai kebutuhan. Acuan kasar bisa melihat dari disipasi daya maksimal transistor finalnya; misalnya sepasang Transistor produk sanken sepasang bisa menciptakan daya hingga 200 watt, maka untuk mendapatkan daya hingga 1000 kita bisa mempararelnya hingga 5 set/pasang. Dan tentunya sekali lagi hal ini perlu dibarengi dengan sedikit modifikasi, setidaknya mengganti elco(asumsinya butuh tegangan lebih besar) sesuai dengan tegangan power supplynya; misalnya 70VDC tentunya elco harus berkapasitas tegangan 100v lebih. Selain itu juga perlu adanya penggantian beberapa resistor dengan watt yang lebih besar serta transistor driver yang sesuai dengan supply sebesar itu – danmungkin kita juga perlu untuk mengubah driver OCL 150 watt menjadi TEF atau 3 stage/tingkat.

Namun kamu mungkin merasa tidak perlu untuk memodifikasi power OCL 150 watt. Hal ini karena tersedia dipasaran driver power OCL yang sudah ditingkatkan untuk daya besar,Β  yaitu driver SOCL atau Namec. Jadi kamu hanya perlu untuk merakit tr final yang lebih dari 1 set sesuai dengan kebutuhan.

Berikut cara merangkai transistor final sanken yang banyak lebih dari 1 set yang baik dan aman

Kenapa saya katakan baik dan aman?… karena koslet sedikit saja seluruh tr final yang ada bisa short, maka kamu perlu cara antisipasi agar hal ini jangan sampai terjadi. Untuk itu kamu harus memakai PCB khusus untuk merangkai tr final, sehingga lebih teratur, rapi dan sedikit risiko koslet daripada tanpa PCB. Ingat, harga transistor final cukup mahal, jadi kehati-hatian amatlah diperlukan.

Cara membuat PCB rangkaian transistor final tanpa feri chlorit

Sebenarnya ada yang jualΒ  PCB khusus tr final, namun jika kamu kesulitan mendapatkannya maka kamu bisa membuatnya sendiri. Tak perlu cairan pelarut tembaga PCB, karena kamu bisa menggunakan pisao karter dengan mudah. Caranya gunakan penggaris besi untuk meluruskannya, kemudian tarik garis menggunakan ujung karter yang masih baru pada permukaan PCB kososng. Lalu kamu bisa mengelupas jalur yang sudah di garis dengan karter tersebut. Ada lima jalur listrik yang harus disediakan pada PCB, yaitu jalur untuk tegangan +,-, output, Basis +(NPN) dan Basis -(PNP). Sekedar perlu diketahui bahwa transistor 2SC2922 adalah jenis NPN yang membutuhkan supply jalurΒ  – dan 2SA1216 adalah jenis PNP yang membutuhkan supply jalur +.

Lihat Juga :  8 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Power Amplifier Audio Mobil

Berikut gambar jalur yang perlu buat pada PCB kosong :

Membuat jalur rangkaian transistor final ada pcb kosong

Tidak hanya transistor final sanken saja yang bisa dimasukkan. Beberapa transistor yang sesuai lainnya adalah termasuk Toshiba , MJL, NJW, asal bukan jengkolan, yang tentu sesuai dengan kebutuhan power amplifiernya. Jika belum banyak tahu transistor final, maka baca dulu yang ini

Merangkai transistor pada PCB dan heatsink

Sekarang saatnya kamu merangkai semua transistor final pada PCB kososng yang sudah kamu buat tadi. Oh ya, kamu bisa menggunakan rangkaian final ini termasuk untuk power safari atau yang lainnya yang masih serupa dalam keluarga class A B.

Sediakan masing-masing sebuah resistor 0,5 ohm 5 watt dan sebuah reisitor 10 ohm 1/2 watt. Jangan tanya apa kegunaan resistor ini, karena yang saya tahu hanya agar tegangan merata dan lebih aman karena meskipun satu pabrik setiap transistor belum tentu persis sama dengan yang lainnya dengan toleransi tertentu. Gak usah banyak tanya, pasang aja karena cara ini sudah terbukti dan sudah digunakan oleh sebagian besar perakit audio.

 RANGKAIAN TR FINAL SANKEN 5 SET

Pengkabelan sesuaikan dengan warna pada PCB driver berikut:

power ocl 150

 

PCB namec

Tips :

  • Untuk menghindari kesalahan fatal yang bisa berujung terhadap rusaknya semua transistor final, maka sebelum driver dipasang alangkah baiknya di test terlebih dahulu. Hidupkan driver dengan tegangan kecil dulu serta sambungkan dengan speaker kecil, test imputnya apakah ada reaksi dengan musik dari HP atau DVD. Jangan lama-lama, lakukan sebentar saja.
  • JIka driver bisa dipastikan bekerja, saatnya menyambungkan rangkaian tr finalnya dengan hati-hati dan tidak boleh ada kesalahan sambung. Gunakan tegangan dan arus/ampere kecil dulu sebelum yakin meningkatkan tegangan yang lebih besar.
  • Sudah barang tentu kamu memerlukan speaker protector atau DC protector pada output speaker untuk menghindari jebolnya speaker jika ada kesalahan pada rangkaian final.
  • Gunakan tegangan maksimal dan cobalah memutar musik barang satu lagu. Ingat, sesuaikan juga speakernya, gunakan speaker yang sesuai yaitu minimal 4 ohm jika 2 buah speaker 8ohm dirangkai pararel.
  • Gunakan heatsink yang bagus dan tebal serta kipas yang tepat, karena peningkatan suhu akan menurunkan daya transistor final.
  • JIka transistor panas berlebihan, dan atau ada suara yang cacat misalnya serak maka matikan power. Kamu mungki butuh untuk menyetel tegangan bias khusus bila menggunakan driver SOCL dan namec karena ada trimpot setting bias, sementara power OCL 150 tidak menggunakan seting bias.
  • Ingat, semakin banyak final maka kamu akan membutuhkan amper trafo yang lebih tinggi. Sebagai contoh kasar, final sanken 4 set akan cukup nendang jika menggunakan trafo 15 ampere 42V dengan 1 buah speaker sub 8ohm 15″ x1 dan 12″ x2 sebesar 200 watt.

Demikian cara merangkai transistor final dan membuat PCBnya, serta tips dan tambahan lainnya. Semoga bermanfaat dan sukses!

 

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

20 Pemikiran pada “Cara Merangkai Banyak Transistor Final Sanken untuk Driver OCL 150, SOCL

  1. Dera

    Mau nanya gan….apakah rangking driver namec dan komponen drivernya sudah benar2 udah solid untuk suply tegangan besar…kalo kita pakai 30A dan tegangan 65ct. Apakah tidak panas dan kuat drivernya…ohhh…iya gan…cara ukur Watt power dengan multi tester gimana yah….terus butuh elco brp gan buat suply tegangan nya..makasih

    Balas
    1. Supri Post author

      Speaker 2x800w = 1600W bang. Jika asumsi 1 set sanken = 200WOutput maka 200×4 = 800W.

      Jadi kurang 4 set final lagi agar bisa 1600Watt alias butuh 8set. Trafo sebaiknya tak kurang dari 30A jika ingin murni 1600W

      Balas
  2. Nasrul

    Rumus menentukan watt dari speker gmna mas ?? Kalo menentukan berapa ohm spiker sdah baca di pembhasan sblomnya .. Mksih mas

    Balas
    1. Supri Post author

      Tinggal dikalikan jumlah speaker, baik pararel / seri hasilnya sama saja.contoh 2 speaker 100watt akan menjadi 200 watt.

      Balas
  3. edi

    gan itu gak kebalik titik suply tegangannya untuk npn dan npnnya di atas tertulis untuk 2SC2922 adalah TR NPN yg butuh VCC jalur ( – ) kenapa itu dikasih +

    Balas
    1. Supri Post author

      Bener, 2SC2922 memang NPN, tapi jalur tegangannya plus alias positif gan,,,,kalau 2SC2922 dikasih (-) ya bubar Gan πŸ˜€ . Jadi gambar itu sudah bener..

      Balas
      1. Supri Post author

        Mungkin Gambar Skema ini yg bisa menjelaskan apakah C2922 (-) atau (+) πŸ˜€
        final power safari

        Dalam merakit Power amplifier jangan sampai salah, karena kesalahan sedikit bisa bikin tekor, hehe

        Balas
  4. Ramli wijaya

    Bos mau tanya. Kalo masang tr final toshiba basis harus ketemu dgn basis kolektor hrus degn kolekto ta bos. Di pcb saya tertulis di pcb nya
    (B C E dan pasangan nya tertulis E C B) KALO IKUT cara yg sampean posting takut salah so basis nya ada di sebelah kiri dan kanan. Bukan di kiri semua. Trims dibtunggu pencerahannya boss.

    Balas
    1. Supri Post author

      Nggak lah, Toshiba c5200 dan pasangannya c1945 urutan Pin sama dg sanken, dari kiri kekakanan => B-C-E.

      Jika ragu silakan pakai multitester πŸ˜€

      Balas
  5. Ramli wijaya

    Bos mau tanya itu resistornya setengah watt apa satu atau 2 watt. Tolongbpenjelasannya. Maklum saya gak ngerti ukuran resistor.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *