Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar ada beberapa faktor penyebab. Jadi sebelum menyimpulkan apa kerusakannya kita wajib untuk memeriksa beberapa komponen terkait bagian pengering, termasuk saklar timer, kabel penghubung, bearing motor, kumparan motor, dan sistem pengerem. Sistem Pengerem? memangnya sepeda motor? ya, bukan sepeda motor aja yang dilengkapi dengan rem tetapi bagian pengering mesin cuci juga. Yuk kita bahas!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Sistem pengereman spin pengering mesin cuci

rem pengering mesin cuci

Gejala : Pengering tidak berputar dan ada suara dengung, langkah awal pastikan sistem remnya berfungsi dengan baik.

Pertama buka dulu cover mesin cuci bagian belakang, temukan dimana letak remnya. Sistem rem pengering mesin cuci tentunya berada dibawah tabung pengering, disana ada kawat rem yang mirip kawat rem pada sepeda motor yang terhubung dengan tutup tabung pengering. Jika sudah menemukan sistem rem, lihat kabel rem.

Selanjutnya bukalah tutup pengering atas yang biasa kita buka tutup untuk memasukkan cucian. Harusnya kawat rem akan tertarik keatas ketika kita membuka tutup tabung pengering, jika kawat rem tidak tertarik keatas maka kanvas rem akan mencengkeram motor sehingga tidak bisa berutar dan kita tidak bisa menggunakan pengering. Maka permasalahan ada di kanvas rem.

Solusinya, buka tutup tabung pengering. Maka kawat rem tersebut akan mengendor, kemudian pindahkan ujung kawat setelan ke lubang bagian bawah yang dimaksudkan supaya kawat rem tadi mengencang kembali. Kemudian buka tutup tabung pengering, jika kawat tertarik keatas maka rem sudah bisa bekerja lagi.

pengering mesin cuci tidak berputar

Periksa timer

Gejala : dinamo pengering tidak berdengung alias mati total

Jika gejalanya demikian maka bisa dimungkinkan listrik tidak mengalir ke motor sehingga motor tidak berputar dan pengering tidak bisa digunakan. Pertama periksa apakah timer pengering tidak rusak? caranya menggunakan multimeter pada skala buzzer untuk memeriksa 2 kabel yang menuju saklar timer, dalam keadaan timer diputar seperti ketika menghidupkan pengering dengan catatan lisrik di cabut dulu.

JIka buzzr multimeter berbunyi maka bisa dipastikan timer berfungsi dengan baik. Lanjut ke langkah berikutnya.

Periksa Kapasitor motor

kapasitor pengering mesin cuci

Gejala : Pengering tidak berdengung dan tidak berputar

Jika timer sudah bisa dipastikan tidak bermasalah, maka saat ini kita perlu memeriksa kapasitor dinamo motor spin pengering. Kapasitor pengering berfungsi sebagai starter motor supaya bisa berputar, jadi ketika capasitor rusak maka motor tidak bisa start dan akhirnya tidak berputar.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Siaran TV digital Dengan Antena Biasa

Ccara cek kapasitor mudah saja. Lepas capasitor, kedua ujung kapasitor di msukkan ke colokan listrik 220V PLN sebentar saja tetapi harus hati-hati, kemudian lepas kembali lalu kosletkan kedua ujung kabel kapasitor, jika kapasitor masih bagus akan memercikan bunga api besar dan berbunyi pletek. Jika api kecil dan tidak bunyi pletek yang keras maka bisa dipastikan kapasitor lemah. Ganti kapasitor dengan nilai yang sama misalnya 5uf/400V.

Jika percikan apa kapasitor cukup besar dan berbunyi pletek cukup keras tetapi motor masih tidak berputar, maka bisa dipastikan ada masalah dengan motor pengering mesin cuci. Jika masih ragu, sebaiknya ganti kapasitornya dulu untuk memastikan bahwa motorlah yang bermasalah.

Bearing rusak :

Gejala : Mesin pengering mesin cuci berdengung berputar atau tidak berputar

Syaratya kita sudah memeriksa kerusakan dengan langkah-langah sebelumnya diatas. Jika motor ada getaran dan motor spin bisa berputar, tapi putarannya lemah bahkan tidak berputar maka kemungkinan ada kerusakan pada bearing motor. Cirinya : putar poros motor kita putar dengan tangan dalam kondisi tutup tabung pengering, jika tidak berputar bebas (berat) maka bisa di pastikan bearing motor rusak. Tetapi bearing motor susah dilepas, kita harus tahu cara melepasnya dan punya alatnya. Namun kita bisa saja menggunakan jasa tukang dinamo. Jika anda merasa kesulitan mengganti bearing, bisa saja membeli motor pengeringnya di toko sparepart elektronika dan menggantinya saja dngan yang baru.

Kumparan Motor Spin pengering putus/terbakar

Gejala : Spin pengering mesin cuci tidak berdengung tidak berputar

Sebelum memeriksa motor, pastikan sudah memeriksa kapasitor karena gejalanya kadang sama. Kerusakan motor spin bisa diasumsikan gulungan/kumparan motor spin pengering putus sehingga motor tidak bereaksi apapun, tidak berdengung tidak berputar. Untuk memastikan bahwa kumparan putus bisa menggunakan multimeter posisi ohmeter, jika tidak ada resistansi antar ujung kabel dari motor (ada 3 ujung) salah satu saja maka gulungan putus.

Solusi gulungan motor putus hanya ada 2 : di gulung ulang atau diganti motornya keseluruhan. Sebaiknya diganti baru saja.

Demikian Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar, gejala , penyebab dan cara menanganinnya. Jika anda awam tentang elektronika sebaiknya menyerahkan ini kepada ahlinya sebab mesin cuci menggunakan listrik yang bia saja membahayakan jika tidak berhati-hati.

Leave a Reply