Cara Menambahkan Final THOSIBA Driver Balap SOCL504 Untuk Pemula

Bagaimana cara menambahkan banyak set final thosiba untuk driver SOCL504? Driver SOCL504 sepertinya sudah pada tak asing lagi bagi para penggemar audio rakitan. Driver ini adalah peningkatan dari Driver OCL seperti OCL150 yang mampu diberikan tegangan 80VDC sehingga memungkinkan untuk mendorong banyak transistor final dengan ouput yang maksimal. Bagi pemula yang pengen mencoba merakit driver balap kecil-kecilan, bisa mencoba driver SOCL 504 dimana merupakan driver yang simpel, mudah di setting yang hasilnyapun lumayan menggelegar.

Menambahkan Banyak Set Transistor Final Driver SOCL 504 Untuk Balap

Sebelum mencicipi driver kelas Balap SOCL 504, ada baiknya kamu memahami dulu sehingga mengenal dan bisa melakukan sesuatu yang seharusnya. Setiap driver amplifier itu berbeda, bisa karakter, kemampuan arus, dst sesuai spesifikasinya.

Karakter Sound Driver SOCL 504

Driver SOCL 504 ini sekarang sudah tergolong jenis driver sejuta umat karena ya memang mudah diaplikasikan oleh pemula sekalipun, dan hasilnya dijamin tidak mengecewakan. Driver ini memiliki karakter mid-ke hi dengan suara jernih, low noise sehingga banyak diaplikasikan sebagai driver amplifier untuk mendorong speaker Mid-hi.

Karena SOCL 504 dikatakan memiliki karakter yang cocok untuk mid-hi, namun ini bukan berarti tidak cocok untuk amplifier rumahan dengan speaker 3-way. SOCL504 sama halnya dengan OCL50W juga bagus dan jernih untuk speaker rumahan tergantung asesoris yang dipakai. Jika untuk audio rumahan, asesoris yang cocok adalah parametrik equalier atau kalau pakai tone control biasa juga bisa tapi akan lebih baik ditambahkan equalizer juga. Jika menggunakan speaker 3-way, disarankan menggunakan crossover pasif sebagai distribusinya supaya speaker awet.

Sebenarnya semua driver bisa diberi input semua frekwensi audio, hanya saja karakter karakter tertentu ada yang memang lebih cocok untuk subwoofer karena ketika di beri input Mid-hi suara yang dihasilkan mendem/mbebeng kurang keluar mid/hi-nya. Tapi SOCL 504 ini meskipun cocok sebagai Mid-Hi tapi bagus juga ketika menerima frekwensi sub/rendah.

Jumlah set transistor final yang sesuai

Kamu bisa menambahkan banyak transistor final untuk SOCL 504 ini. Berapa set jumlahnya itu tergantung dari kebutuhan dan kemampuan.

Jika kamu hanya ingin menambahkan 2 set final saja maka tegangan 25V sudah cukup, 3 set final bisa diberi tegangan 45V atau 5 set final bisa diberi tegangan 70V. Transistor final apa yang cocok? Transistor final yang cocok tentu harus sesuai dengan tegangan supplynya. Transistor final THOSIBA C5200/A1945 umumnya sering dipakai untuk driver balap karena kemampuan arus dan disipasi dayanya yang tinggi. Kalau mau pakai final Sanken, MJL, NJW juga boleh dimana jenis transistor itu adalah jenis transistor daya tinggi.

Baca Juga :  Cara Membuat Trafo biasa non CT Menjadi CT untuk sirkit simetris

Cara merangkai transistor final THOSIBA untuk SOCL504

Driver SOCL 504 banyak dijual ditoko, tapi pada umumnya tanpa dilengkapi transistor final. Hal ini memang driver SOCL 504 termasuk jenis driver balap/daya besar dimana umumnya tr final yang ditambahkan sudah diatas 3set dan bisa dicustom sesuai kebutuhan.

Untuk merangkai banyak set transistor final bisa saja tanpa PCB STRIP tapi cara ini hasilnya biasanya kurang rapi dan tak cocok untuk pemula bahkan profesional. Jadi sebaiknya persiapkan PCB strip, banyak dijual dipasaran atau bisa juga membuat sendiri dengan bermodal PCB polos dan pisau cutter.

cara memasang banyak tr final thosiba socl4

Tips merakit driver SOCL banyak final untuk balap

  • Sebaiknya Resistor kapur/keramik di PCB dilepas.
  • Pastikan semua transistor final sudah dicek dan dalam keadaan normal
  • Pastikan Tegangan/ arus BIAS sudah di setting dengan betul sebelum cek sound maksimal dimulai
  • Untuk hasil maksimal, disarankan menggunakan trafo 10A murni untuk 4 set final – 6set final
  • Tambahkan speaker protector supaya aman kalau terjadi apa-apa dengan driver
  • Tambahkan sekring 3-5A di jalur tegangan /VCC (-) dan (+) ke trasistor final supaya aman kalau final ada yang short.
  • Pastikan speaker yang dipergunakan adalah 4-8 ohm
  • Gunakan minimal parametik equalizer sebagai asesoris jika ingin hasil sound yang nendang dan jernih

Jika belum mengerti tegangan BIAS, Cara setting arus BIAS klik disini

Contoh driver SOCL 504 plus power supply

Gambar dibawah contoh driver SOCL504 yang sudah lengkap dengan transistor final thosiba dan bagaimana rangkaian power supplynya. Jika malas merakit sendiri bisa hubungi saya di facebook, bisa pesan mau yang 3set atau 5 set final siap pakai. Tapi sebaiknya mencobalah karena dengan mencoba maka kamu akan mendapat nilai lebih daripada hanya sekedar beli yang sudah siap pakai.

merakit SOCL504 dengan final thosiba

Demikian artikel tentang bagaiman Cara Menambahkan Final THOSIBA Driver Balap SOCL504 yang baik dan benar Untuk Pemula. Berani mencoba hal baru adalah apa yang menentukan seperti apa diri kamu setahun kemudian kata orang bijak. Nah jika dirasa artikel ini adalah ilmu yang bermanfaat, maka jangan disimpan sendiri bagikan kepada yang lain karena berbagi ilmu itu tidak akan mengurangi ilmu kamu malah justru akan menambah ilmu-ilmu baru. 😀

Leave a Reply