Cara Menghubungkan HP ke TV Smart-TV Dan Lain-lain

Cara Menghubungkan HP ke semua jenis TV , TV tabung, TV LED jadul, bahkan TV tabung semua bisa dilakukan. Tetapi caranya bisa berbeda-beda tergantung dari ketersediaan fitur yang ada pada TV maupun HPnya. Menghubungkan TV dengan HP bisa dengan jalan menggunakan Wi-fi, dengan atau tanpa aplikasi maupun alat tambahan. Alat yang dibutuhkan untuk jenis TV tertentu adalah Dongle HDMI untuk TV led jadul(bukan smarTV) dan ada alat tambahan lagi untuk TV tabung yaitu converter HDMI ke RCA karena TV tabung hanya mendukung RCA untuk input audio videonya. Intinya secara umum menyambungkan HP ke TV model apapun bisa saja tetapi bisa berbeda cara dan alat khusus yang mungkin diperlukan.

Cara Menghubungkan HP Ke TV smart, LED/LCD dan TV Tabung

Cara menghubungkan HP ke TV smart

Menyambungkah HP ke SmartTV

Untuk menyambungkan HP ke smarTV tak butuh alat tambahan, kita hanya perlu mengoneksikan HP ke smarTV dengan seting-seting saja.

Persiapkan HP,=> pengaturan => cari menu proyeksi layar atau miracast tergantung dari merk HPnya. Jika HP android kalian tidak menyediakan fitur proyeksi layar atau miracast, kalian cuma perlu download aplikasi proyeksi layar, miracast atau screen mirror dll.

Nyalakan smarTV terlebih dahulu, setelah itu buka menu proyeksi layar pada HP. Didalam menu proyeksi layar/aplikasi miracast dari HP yang sudah terbuka selanjutnya akan otomatis mendeteksi perangkat TV kalian. Biasanya Nama TV dan serinya akan muncul di menu/aplikasi proyeksi layar, nah langsung saja klik/tap nama TV tersebut maka otomatis layar HP akan terdeteksi atau tampil dilayar TV. Sampai disini artinya HP sudah tersambung ke smartTV dan siap digunakan.

Cara kedua jika memiliki Wi-fi dirumah. Buka menu jaringan/network pada menu setting di smarTV. Kemudian kalian akan melihat Jaringan Wi-fi dirumah Anda. Sambungkan smarTV ke Wi-fi seperti biasanya.

Pada HP juga dilakukan cara yang sama yaitu menyambungkannya ke jaringan Wi-fi yang sama dirumah anda. Setelah itu, buka menu setting/setelan di HP cari fitur Wireless display dengan Wifi, lalu tap pengaturan itu dan aktifkan wireless display. Setelah itu lihat ke layar TV, kemudian buka menu seting di smarTVnya cari aplikasi Miracast atau screen mirroring. Kemudian buka aplikasi tersebut maka secara otomatis smarTV mencari perangkat HP anda, setelah itu lihat HP anda pada menu wireless display dan tunggu sampai muncul nama SmarTV anda. Jika nama TV anda sudah muncul, tinggal diklik saja maka otomatis HP akan terhubung dengan SmarTV anda dan siap digunakan.

Menyambungkan HP ke TV LED / LCD jadul

Cara menghubungkan HP ke TV

TV LED atau LCD jadul tidak dilengkapi dengan aplikasi selayaknya smarTV, hanya umumnya sudah mendukung koneksi HDMI selain VGA, RCA, USB dll. Yang kalian butuhkan cuma Dongle Wifi display untuk membantu supaya HP bisa terkoneksi dengan Layar TV LED jadul secara wireless. Jadi pastikan TV LED anda mendukung source dari HDMI karena alat ini menggunakan HDMI supaya bisa dihubungkan ke TV. Banyak merk dongle wifi display seperti ini, namun dalam hal ini saya ambil contoh merk AnyCast yang memang khusus untuk keperluan seperti ini. Anycast mendukung untuk Iphone maupun android supaya bisa terhubung dengan TV secara wireless menggunakan koneksi berbasis wifi. W-fi dalam hal ini bukan wi-fi jaringan internet diruah anda tetapi wi-fi sendiri dari alat tersebut.

Langkah menyambungkan : Tancapkan HDMI dari Anycast ke TV anda, caranya source TV tentunya pilih dari HDMI. Kemudian dilayar anda akan tampil interface dari Anycast, setelah itu pergi ke HP anda. Pada HP, masuk ke setelan menu Wi-fi dan lihat apakah Wi-fi dari dongle anycast dengan nama Anycast (dengan huruf dan angka acak) misalnya AnyCast BF456eD sudah terdeteksi di menu wi-fi HP anda? Setelah terdeteksi langkah selanjutnya tinggal hubungkan, password yang diminta Wfi AnyCast akan tertera di interface anycast di TV Anda di bagian layar sebelah atas kanan yaitu 12345678. Setelah berhasil terhubung apakah sudah selesai? Belum, hanya tinggal sedikit lagi.

Baca Juga :  Merangkai Seri Dan Paralel Baterai 18650

Baca juga : Ciri-ciri dan Apakah Televisi yang Rusak Terkena petir bisa Diperbaiki?

Sekarang anda harus memiliki interface untuk kebutuhan ini, yaitu Wifi Display atau aplikasi proyeksi layar. Ada banyak aplikasi proyeksi layar di PlayStore Android, anda hanya perlu memilih satu saja misalnya sebagai contoh aplikasi miracast. Dowload dan install aplikasi tersebut.

Sebelum itu kalian harus memahami AnyCast terlebih dulu, pada tampilan interface di TV akan ada 2 mode yaitu airplay mode dan Miracast mode tetapi secara default dalam mode airplay. Mode airplay adalah jika mengunakan Iphone, tetapi jika anda menggunakan android maka harus memilih Miracast mode bukan airplay. Caranya pencet tombol yang ada pada body dongle AnyCast sekali saja maka interface akan berpindah ke miracast mode.

Langkah terakhir, buka aplikasi Miracast yang sudah anda insall dari PlayStor tadi. Setelah itu akan terdeteksi nama sambungan dari AnyCast seperti sebelumnya, kemudian anda hanya tinggal klik/tap nama wifi dari AnyCast tersebut dan HP secara otomatis terhubung dengan TV dan siap digunakan.

Baca juga : Cara Mendapatkan Siaran TV digital Dengan Antena Biasa

Menyambungkan HP ke TV Tabung

TV tabung jangan mau ketinggalan, bisa kok di hubungkan dengan HP  seperti jenis TV-TV diatas. TV tabung biasanya dilengkapi dengan koneksi audio video yang disebut dengan koneksi RCA.

Caranya sama saja dengan cara menghubungkan HP dengan TV LED jadul diatas, hanya saja anda perlu menambahkan satu jenis alat lagi yang namanya konverter HDMI selain Dongle Wifi display wireless seperti AnyCast yang harus ada. Konverter HDMI ini adalah produk yang sudah banyak yang menjual di online shop, harganya hanya beberapa puluh ribu saja .

Karena caranya sama dengan TV LED/LCD  jadul diatas maka disini saya akan menjelaskan cara menginstal peralatan yang dibutuhkan. Untuk Wifi dongle misalnya anda memiliki Anycast, dan HDMI konverternya anda memiliki MINI HDMI(merk). Selain itu anda perlu menyediakan adaptornya juga sebagai sumber daya dari alat-alat tersebut. Selain itu anda harus mempersiapkan Jek RCA yang biasanya untuk menghubungkan TV dengan DVD atau set top box,

Urut-urutannya :  Dari AnyCast jek HDMInya di colokkan ke port HDMI yang ada di casing MINI HDMInya. Dari MINI HDMI hubungkan jek RCAnya menuju => ke konektor RCA yang ada di TV tabung. Jangan lupa koneksi RCA pada TV tabung disebut juga dengan koneksi AV. Buatlah TV anda kedalam mode AV.

CATATAN: Semua informasi cara menghubungkan alat-alat Dongle wireless dan HDMI Konverter biasanya disertakan dalam buku petunjuk masing-masing produsen jadi jangan takut tidak bisa.

Sekian penjelasan cara menghubungkan HP dan TV baik itu smartTV, TV LED jadul, Dan TV tabung. Hal ini disebut juga dengan screen mirroring HP ke TV, yang sering digunakan untuk presentasi atau menonton Youtube dari HP yang bisa dilihat ke layar lebarnya TV biasanya untuk anak-anak.

Leave a Reply