Cara Pasang Set Top Box Ke TV LED Dengan Mudah

Cara memasang set top box ke TV LED sebenarnya sama saja dengan memasang set top box ke TV tabung. Tetapi pada TV LeD biasanya ada jalur input atau source yang lain misalnya menggunakan soket VGA selain soket jek RCA. Sedangkan pada TV tabung hanya ada soket RCA. Soket RCA ini lebih sederhana daripada soket jenis lain dan lebih murah. Nah untuk menghubungkan set top box ke TV LED, sebaiknya kita menggunakan soket RCA saja yang umum dan lebih umum walau sebenarnya sama saja.

Cara Mudaj memasang SET TOP BOX ke TV LED lewat jalur AV

TV LED yang model jadul belum ada jalur TV digitalnya jadi untuk menerima siaran digital ini tentu harus menggunakan alat bantu yang disebut dengan set top box. Sebelum membeli set top box, pastikan dulu apakah TV LED anda memang tidak dilengkapi dengan penerimaan TV siaran digital. Anda bisa memeriksa fitur ini melalui petunjuk yang disertakan di buku manualnya. Tetapi jika buku manual sudah hilang, coba periksa pada menu TV LED anda menggunakan remot untuk mengetahui apa fitur digital TV ini sudah ada atau belum, caranya pilih menu, lalu program, jika ada fitur TV digital biasanya ada 2 pilihan  yaitu ATV dan DTV. Jika tidak ada tulisan ATV dan DTV maka sudah pasti TV LED anda belum ada fitur menerima siaran TV digital.

ATV artinya Analog TV dan DTV artinya Digital TV, jika ada maka langsung saja pilih DTV dan scan gelombangnya secara otomatis – maka TV anda sudah dilengkapi dengan fitur Digital. Jika belum ada maka TV anda memang harus menggunakan Set Top Box untuk menerima siaran digital.

Memilih set top box

Set Top Box yang dijual dipasaran ada berbagai merk dan fitur. Set top box yang paling standar hanya dilengkapi dengan fitur menerima TV digital saja Dan yang lebih canggih biasanya bisa dihubungkan dengan Wi-fi dan dapat digunakan untuk menonton youtube dll, dengan operating sistem android mirip seperti HP. Terserah mau pakai yang mana, tergantung kebutuhan saja. Btw, cara menghubungkan dengan TV semuanya sama saja.

Mengenal jalur penghubung antara set top box dan TV

Untuk emnghubungkan set top box dengan TV tentu membutuhkan kabel khusus yang sudah dilengkapi dengan kepala jek jenis tertentu yang dibutuhkan , yang umum adalah jek RCA. Jek RCA sebagai kelengkapan standar sudah di ikutkan satu pembelian set top box. Jadi jika anda membeli set top box, jek RCA ini sudah pasti diikutkan termasuk remotenya.

Baca Juga :  Mengenal Secara Sederhana Perbedaan Transistor NPN dan PNP

Jek RCA terdiri dari 3 kabel dan 6 kepala jek bolak balik dari ujung-keujungnya. 3 kepala jek ini memiliki warna yang berbeda, yaitu kepala jek dengan warna merah, putih, dan kuning. Warna-warna dari kepala jek ini adalah warna yang harus dicocokkan dengan warna-warna soket RCA yang ada pada set top box maupun pada peswat televisinya. Soket jek RCA pada TV maupun set top box juga ada 3 buah dengan warna yang sama dengan warna dari jek RCA yaitu merah, putih, dan kuning.
cara pasang RCA set top box k e TV

 

Urutan cara menghubungkan set top box ke TV LED

Tancapkan jek RCA ke STB dan TV: Tancapkan ke-3 jek RCA yang sudah disediakan tadi ujung yang satu ke set top box dan ujung yang lain ke soket jek RCA yang ada di panel belakang dari TV LED. Yang merah masuk ke merah, yang putih masuk ke yang putih dan yang kuning masuk ke yang kuning.

cara menghubungkan set top box ke Tv LED cara mmemasang set top box ke tv led

Memasang antena ke STB: Kemudian cabut antena yang ada di TVnya lalu pindahkan ke soket antena yang ada pada bodi/panel belakang dari set top box.

PASANG SET TOP BOX KE tv LED

Hidupkan set top box, lalu tunggu beberapa saat untuk booting atau loading. Kemudian hidupkan juga pesawat TVnya.

Menghubungkan ke jalur Source RCA di pesawat TV LED

Ambil remote TVnya, pilih SOURCE pada remote, disitu ada beberapa pilihan yaitu TV, AV dll. Kemudian gulir tanda panah bawah atau atas dan pilih AV.

Jika sudah, maka harusnya gambar TV anda sudah berubah tampilan biasanya merk set top boxnya akan tampil dilayar TV misalnya MATRIX.

Jika sudah tampil dilayar TV, langkah berikutnya adalah menyeting hal yang diperlukan pada set top box-nya. Kemudian tinggal men-scan siaran TV digital melalui set top box secara otomatis. Tapi sebelum scan siaran TV digital anda harus memasukkan parameter-parameter yang diperlukan, misalnya power antena, dll. Lihat buku panduan dari set top box, tapi alngkah baiknya saat membeli set top box minta tolong kepada penjualnya untuk menyetel programnya(jika penjual berada dalam satu kota). Jika toko online tentu tidak bisa.

Demikian cara pasang set top box ke TV LED. Pada prinsipnya kita hanya perlu menghubungkan sumber/source ke TV dengan cara menggunakan jalur yang sudah disediakan yaitu AV alias Audio Video pada kedua alat yaitu TV dan set top box. Jadi tidaklah sulit karena memang jalur tesebut sudah disediakan. Jalur AV ini sama seperti yang digunakan untuk menghubungkan DVD player dengan pesawat TV, tak ada bedanya.

Leave a Reply