Cara Mudah Menggunakan Power Amplifier Audio Mobil Di Rumah

Power Audio Mobil adalah perangkat penguat audio atau amplifier dengan daya yang tinggi, dan yang tersedia dipasaran bermacam-macam tingkat daya, jenis dan merk. Daya amplifier mobil ini ada 2 jenis yaitu monoblok (1 channel khusus untuk subwoofer), serta ada stereo(2-channel) dan yang lengkap 4-channel output yang bisa dipakai untuk subwoofer sekaligus jenis speaker lainnya misalnya speaker 3-way atau 2-way. Mengenai daya juga bervariasi, dari 100w hingga ratusan watt.

Nah untuk digunakan dirumah berapapun daya dan jumlah channel oke-oke saja tergantung kebutuhan, cuma yang paling lengkap tentu lebih praktis yaitu 4-channel jika menggunakan subwoofer. Yang 2-channel juga boleh, jangan monoblok kecuali hanya jika untuk subwoofer saja. Simak terus artikel ini, disertai diagram rangkaian dan skema yang dibutuhkan cara instalasi power mobil dirumah!

Cara mudah untuk dapat memutar power amplifier audio mobil dirumah

Power amplifier audio mobil memang terlihat praktis, dengan bentuknya yang tidak besar tapi terlihat kokoh. Dengan demikian tak heran banyak yang berminat untuk menggunakannya sebagai pelengkap audio di rumah. Kecil-kecil cabe rawit adalah julukannya yang pas buat sikecil namun berdaya keluaran yang besar ini. Namun untuk mengaplikasikannya dirumah pada intinya kamu perlu mempersiapkan power supplynya karena memang dimobil cukup menggunakan Aki tanpa power supply – dan juga perangkat tambahan seperti parametrik equalizer.

Power Supply

Power audio mobil tentu saja menggunakan tegangan 12VDC sesuai dengan tegangan aki yang ada pada mobil, sedangkan tegangan dirumah tangga ADALAH tegangan listrik PLN 220VAC. Untuk itu kita perlu mempersiapkan sebuah power supplynya, yaitu rangkaian untuk mengubah tegangan PLN 220VAC menjadi 12VDC yang sesuai ya?

Persiapkan bahan-bahan yaitu beberapa komponen untuk merakit power supply power audio mobil kita dirumah:

  1. Trafo 10A dengan pin tegangan tersedia 9V CT: Kenapa 10A? 10A adalah minimal, kamu bisa menggunakan yang lebih besar lagi misalnya 20A dst akan lebih baik. Tidak harus CT, akan tetapi CT menurut saya lebih kuat arusnya serta lebih sederhana merakitnya. Kalau kamu tertarik menggunakan trafo tegangan non-ct boleh-boleh saja yang penting ada tegangan 9 V yang kita butuhkan. Kok trafo dari tegangan 9V? Begini, tegangan dari trafo 9V jika sudah disearahkan menjadi DC akan terukur sekitar 12-13VDC dan itu adalah tegangan yang dibutuhkan power ampli mobil. Jika dari trafo 12VAC maka ketika sudah menjadi DC akan terukur sekitar 18VDC. Sebenarnya tidak begitu masalah, tapi untuk lebih amannya kita pakai yang pin 9V dari trafo. Untuk itu kamu perlu membeli trafo yang ada pin 9Vnya.
  2. 2 buah Dioda 20A : Dioda sebagai penyearah, kita pilih 20A supaya lebih kuat saja. Karena asumsinya pakai trafo CT maka cukup pakai 2 buah dioda saja. Jika non-ct trafonya, bisa pakai kiprok lebih praktisnya
  3. 1 buah ELCO 10.000uf / 25V: Elco minimal 10.000uf karena ini power memiliki daya yang besar supaya anteng, 2 buah elco yang sama nilainya dipararel malah lebih bagus. Tegangan elco 25V sudah sangat cukup karena tegangan yang dibutuhkan adalah 12VDC saja.
  4. Sekring dan Rumahnya: Sebagai pengaman saja, sebaiknya ada karena ini trafo amperenya cukup lumayan yaitu 10A.
  5. Kabel SWG 18 : Ini adalah kabel tunggal dengan ukuran yang cukup besar, karena kita akan memakainya untuk arus yang cukup besar juga. Pilih 2 warna yaitu warna hitam sebagai kabel tegangan negatif, dan merah sebagai kabel tegangan positif. Warna hitam dan merah pada kabel sudah menjadi seperti ikon tegangan, supaya langsung tahu dan tidak terbalik saat memasangnya. Panjang sesuai kebutuhan, tapi menurut saya jangan terlalu panjang dari powernya. Masing-masing 1/2 meter sudah cukup panjang atau mau 1 meter juga silahkan.
  6. Kabel RCA untuk input output audio: Umumnya pakai kabel RCA yaitu kabel yang sudah lengkap dengan jek RCA audio, sesuaikan kebutuhan misalnya kabel audio untuk ke HP/Laptop dan dari parametric ke power itu jeknya beda.
  7. Saklar On/Off untuk AC 220V : Silakan pilih saklar yang suka, bisa pilih saklar On/Off  AC220 dan lampu indikator
  8. Kabel daya AC 220V lengkap dengan stop kontak dan soketnya: Bisa pakai kabel daya komputer Plus soketnya.
  9. Box Adaptor : Tentu harus ada wadahnya supaya aman, dapatkan box power supply/adaptor untuk trafo 10A. Atau bisa membuat sendiri dari papan/triplek atau apapun yang cocok
Lihat Juga :  Karakter Speaker ACR 15600 Black 15 Inch Dan Box Speaker Yang Cocok

Skema Power supply untuk audio Mobil dirumah

Parametric/Equalizer

Power amplifier mobil umumnya hanya dilengkapi filter frekwensi audio saja yaitu high dan low, jadi masih belum cukup baik kualitas audionya jika untuk didengarkan dirumah karena masih flat. Untuk itu kita masih membutuhkan perangkat untuk mengatur audionya agar supaya lebih baik dan seimbang didengarkan melalui speaker. Kamu bisa menggunakan tone control, atau saran saya sebaiknya equalizer supaya lebih detail. Parametric equalizer juga bagus terutama yang dilengkapi dengan USB MP3/4 Player, daripada menggunakan sekedar tone control.

Jadi disini kamu membutuhkan kabel RCA atau kabel input output yang umum dipakai pada audio, 2 pasang yaitu : satu kabel RCA untuk digunakan dari equalizer/parametric equalizer ke power amplifier audio mobil, dan satu lagi kabel RCA digunakan dari pemutar audio baik dari DVD/ SmartTV, Laptop, SmartPhone atau dari line out perangkat pemutar audio lainnya yang ada.

Head Unit atau tape mobil juga bisa, dan kebetulan untuk tegangannya kamu bisa menggabungnya dengan tegangan dari power supply AC220V to DC12V  yang sama diatas.

Unit Speaker

Speaker disini tergantung bagaimana jenis power yang dipakai yaitu 2-channel atau 4-channel. Jika kamu memiliki power mobil 2-channel , artinya hanya memiliki 2 output yang bisa dipakai untuk audio stereo L/R, maka cukup ditambahkan 2 unit speaker 2-way atau 3-way tergantung kebutuhan untuk membangun audio stereo berkualitas.  Jika kamu menggunakan power 4-channel maka bisa lebih lengkap lagi yaitu bisa membangun audio 2.1 yang biasa disebut audio multimedia:

Power amplifier 4 Channel atau memiliki output 4 saluran, yang ide speakernya bisa mengikuti saran saya berikut :

Yang 2 saluran output bisa dibridge untuk men-drive speaker subwoofer berdaya besar sesuai kemampuan power misalnya bridge 300W. Sedangkan yang 2 saluran ouput lagi bisa dipakai untuk men-drive 2 unit speaker 2-way atau 3-way , untuk membangun audio 2.1 yang spektakuler.

Diagram Instalasi

Power audio mobil di gunakan dirumah

Diatas adalah diagram instalasinya, berikut sedikit penjelasan:

  • Kabel input ouput dari HP => Parametrix => Power Amplifier bisa menggunakan kabel audio atau RCA yang sesuai.
  • Jika power amplifier mendukung Bridge , sebaiknya di bridge untuk men-drive subwoofer yang memiliki kemampuan daya yang sesuai. Misalnya ouput power setelah dibridge adalah 100W dan impedansi yang didukung 8Ω, maka subwoofer tidak boleh kurang dari 100W dan tidak boleh kurang dari 8Ω
  • Dalam diagram menggunakan speaker 2-way, kamu bisa saja menggunakan speaker 3-way atau speaker mobil juga bisa misalnya speaker coaxial.
  • Kabel merah hitam ke power supply yang sudah dijelaskan diatas.
  • REM pada terminal power amplifier artinye remot yang seharusnya dihubungkan ke HU atau tape mobil pada kabel warna biru, gunanya jika HU dimatikan maka power ikut mati. Akan tetapi jika dirumah tidak menggunakan HU maka jalur REM digabung dengan kabel merah(+) yang ke power supply.

Baca juga : Panduan Dasar Audio Mobil Untuk Pemula, Tips, dan Cara Instalasinya

Demikian cara mudah untuk menggunakan power amplifer mobil sebagai audio dirumah, dengan segala kelebihan kekurangannya. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan dikomentar, tapi semoga saja bisa dimengerti dengan baik.

3 Comments

  1. Dwi Maret 19, 2021
    • Dwi Maret 19, 2021
    • Supri April 6, 2021

Leave a Reply