Cara Modifikasi Driver Power Class AB Menjadi Class H

Cara Modifikasi Driver Power Amplifier Class AB Menjadi Class H itu bagaimana, apakah bisa? Class H adalah power class AB yang ditambahkan konfigurasi tegangan secara otomatis. Class H menggunakan doubel input tegangan yaitu Low-voltage dan High-voltage yang dikonfigurasikan sedemikan rupa dengan rangkaian khusus yang disebut Stepper agar bisa secara otomatis menaikkan level tegangan sesuai dengan amplitudo sinyal yang masuk. Dengan demikian class H akan menggunakan level tegangan tergantung volume input yang masuk sehingga lebih efisien daripada class AB konvensional.

Tips Dan Cara Mengubah/Modifikasi Driver Class AB menjadai Class H

Pengenalan Stepper Pada Class H

Rangkaian pengendali tegangan dalam power class H disebut dengan Stepper yang bisa menyesuaikan tegangan rendahnya (LV) dan tegangan Tingginya (HV) sesuai dengan amplitudo sinyal input yang ke power amplifier. Stepper yang dijual Ada yang mendukung LV 45V dan HVnya 90V (class H mini) atau LV  90V HVnya 130V, pemilihan tergantung kekuatan power amplifier yang didesain. Tanyakan itu sebelum order pada penjual steppernya atau baca deskripsi tentang cara penggunaannya.

Power Class AB Yang Bisa Di jadikan Class H

Nah jika kamu sudah memiliki power class AB yang didesain berkekuatan besar minimal 6 set final, misalnya SOCL, atau MCRD dan lain-lain diantara kit driver class AB yang populer dipasaran. Kamu bisa memodifikasinya menjadi class H dengan sangat mudah menggunakan kit Stepper yang sudah mulai banyak dijual.

Tapi yang perlu dicatat adalah class H adalah power amplifier yang dirancang berdaya besar sehingga tegangan yang digunakan terbilang tinggi. Untuk itu pastikan class AB yang akan di modif class H mendukung tegangan yang dibutuhkan, serta jumlah final mencukupi minimal 6 set untuk class H mini 45V-90V, dan satu lagi jangan sampai melupakan sistem proteksi mengingat tegangan tinggi dan daya yang besar. Usahakan menggunakan transistor final yang asli.

Pada intinya untuk mengubah atau memodifikasi kit driver class AB menjadi class H harus sesuai kebutuhan, pilih yang sesuai dengan hanya menambahkan rangkaian Stepper, bisa beli kit jadi atau merakit stepper dengan desain sendiri(jika bisa bikin).

Gambar Skema Diagram Power Class AB Menjadi Class H

CATATAN: Setiap modul/kit stepper yang dijual memiliki metodenya masing-masing, misalnya ada yang mendeteksi amplitudo sinyal dari output ke Speaker ada yang dari Basis Out dari driver cass AB yang akan dimodifikasi menjadi Class H. Jika kurang jelas tentang produk, tanyakan kepada penjual stepper.

Satu lagi, Trafo atau power supply harus menyediakan dual voltage yaitu LV dan HV, baca juga : Skema Rangkaian Supply Untuk Power Ampli Class H Menggunakan 1 dan 2 Trafo Biasa
Cara modifikasi driver power class AB menjadi Class H

Baca Juga :  Arti Bridge Pada Power Amplifier

Peringatan! :

  • Modifikasi ini mungkin dapat merusak amplifier jika tidak dilakukan dengan benar.
  • Pastikan untuk memahami risiko dan tanggung jawab Anda sebelum mencoba modifikasi ini.

Langkah-langkah Modifikasi:

  • Pertama-tama kamu mungkin perlu memahami prinsip amplifier kelas H. Ini mencakup bagaimana pengendalian tegangan suplai yang akan akan disesuaikan dengan amplitudo sinyal audio. Kamu mungkin juga perlu memeriksa spesifikasi amplifier kelas AB dan bagaimana rancangannya yang sesuai dengan daya tinggi.
  • Kamu perlu mengidentifikasi bagian-bagian mana yang harus diubah/ ditambahkan untuk mengubahnya menjadi kelas H. Ini biasanya termasuk menambahkan sirkuit tambahan pengendalian tegangan suplai(Stepper).
  • Salah satu perbedaan utama antara amplifier kelas AB dan kelas H adalah pengendalian tegangan suplai(Stepper). Kamu mungkin perlu memonitor sinyal input dan tegangan suplai yang sesuai dengan amplitudo sinyal.
  • Penting untuk memasukkan sirkuit proteksi yang efektif untuk mencegah kerusakan pada amplifier atau speaker akibat pengendalian tegangan suplai yang salah atau kondisi lainnya.
  • Setelah modifikasi selesai, kamu harus melakukan uji coba amplifier secara ekstensif dengan berbagai tingkat sinyal input dan beban untuk memastikan kinerjanya yang sesuai dengan harapan.
  • Beberapa amplifier kelas AB mungkin memerlukan penggantian menambahkan komponen tertentu, seperti transistor final, untuk mendukung operasional kelas H yang sesuai dan aman. Hal ini mungkin juga perlu untuk merubah sirkuit.
  • Pastikan power amplifier memiliki suplai yang cukup untuk mendukung operasi power amplifier kelas H. Ini termasuk kapasitas catu daya yang memadai. Jadi class H membutuhkan dual suplai tegangan yaitu LV dan HV sehingga output Trafo harus menyediakan tegangan dan arus yang sesuai yang dibutuhkan class H.

Penutup

Jika kamu tidak yakin tentang kemampuan untuk melakukan modifikasi ini, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang teknisi yang berpengalaman dengan power class H.

Bagaimanapun juga Modifikasi amplifier kelas AB menjadi kelas H adalah proyek yang rumit yang membutuhkan perubahan signifikan dalam desain power amplifier. Harus dilakukan dengan pemahaman yang cukup, mengerti prosedur yang aman terutama menangani amplifier berdaya besar.

Meskipun hanya menambahkan kit stepper yang banyak dijual, tetapi memodifikasi amplifier berdaya besar bukan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh siapa saja. Silakan belajar, tetapi jika masih sangat awam banget dengan power amplifier daya besar sebaiknya ada bimbingan dari senior ya.

Demikian tentang Cara Modifikasi Driver Power Class AB Menjadi Class H semoga menjadi inspirasi dan solusi bagi yang ingin merakit sendiri power amplifier Class H supaya daya output power amplifier bertambah berkali lipat.

Tags:

Leave a Reply